Yuk Jauhkan Anak dari TV dengan Melakukan 7 Aktivitas Seru di Dapur!

Yuk Jauhkan Anak dari TV dengan Melakukan 7 Aktivitas Seru di Dapur!7- Untuk menyibukkan si kecil tak jarang para ibu menyalakan TV dan memilihkan saluran yang menayangkan film kartun. Dengan demikian, sang ibu bisa melakukan pekerjaan rumah yang perlu dirampungkan. Seperti memasak, mencuci, atau lainnya. Sementara anak akan duduk dan melihat tayangan layar kaca.

Akvitas anak yang seru di dapur
img source: http://bakingwithgranny.co.uk

Hal yang dilakukan di atas, sekilas merupakan solusi ampuh. Tak heran banyak orang tua melakukannya. Namun, tahukah Anda bahwa terlalu banyak menonton TV dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak. Dimana kemampuan berpikir dan berimajinasi anak akan terbatasi. Karena itu, jauhkan anak dari TV di rumah. Anda bisa mengajak si kecil masuk dapur dan melakukan 7 aktivitas seru berikut ini:

1.             Mengeksplor Isi Dapur

Tentu ada cukup banyak barang di dapur Anda. Mulai dari peralatan memasak, bahan memasak, dan lainnya. Beberapa alat masak memang bisa berbahaya bagi anak, seperti pisau dapur, gunting, atau lainnya. Sebagai pengamanan Anda sebaiknya menyimpan benda benda tajam jauh dari jangkauan anak. Sehingga dapur bisa menjadi tempat yang aman untuk si kecil.

Kegiatan pertama ajak anak untuk mengekplor isi dapur. Hal ini ampuh merangsang kinerja otak. Kenalkan anak dengan berbagai peralatan dapur. Dengan demikian, anak bisa mengenali benda-benda apa yang ada di dapur. Untuk selanjutnya, Anda pun bisa melatih si kecil membantu mengambil piring, membersihkan sayuran, atau menata peralatan makan di rak.

2.             Mengelompokkan Benda

Agar anak senang di dapur, Anda bisa mengajak anak belajar sambil bermain. Seperti belajar mengelompokkan benda. Anda bisa menggunakan bahan makanan atau peralatan masak di dapur.

Minta anak untuk menyusunnya berdasar kelompok tertentu. Misalnya mengelompokkan berdasar warna atau ukuran. Hal ini akan merangsang konsentrasi anak jadi kreatif.

3.             Memasak Bersama

Tidak perlu repot-repot mengalihkan perhatian anak. Ajak saja si kecil untuk belajar memasak. Beri tugas ringan seperti mencuci sayuran, mengaduk, atau lainnya. Hal ini akan menumbuhkan rasa senang dan percaya diri. Dimana tugas yang Anda berikan membuat anak merasa dirinya dipercayai.

Baca Lainya: 

> 15+ Resep Membuat Aneka Kue yang Lengkap dan Tips Menjualnya!! Yuk Dicoba

4.             Mendongeng

Supaya kegiatan semakin seru, lakukan sembari mendongeng. Manfaatkan peralatan dapur untuk mendongeng. Dalam hal ini bebaskan imajinasi Anda dan buat si kecil juga aktif berimajinasi.

Saat membuat sup misanyal, Anda bisa bercerita ada kumpulan sayur yang ingin berenang. Karenanya sayuran pun berkumpul dan pergi ke dalam danau berupa panci berisi kuah sup untuk berenang. Libatkan si kecil untuk mengambil peran. Adapun bercerita diketahui bermanfaat membantu perkembangan kemampuan berbahasa anak karena ada banyak kosa kata baru yang bisa dipelajari.

5.             Bermain Peran Menjadi Koki

Selain mendongeng Anda juga bisa mengajak anak bermain peran. Biarkan anak berperan sebagai seorang koki restauran handal dan Anda sebagai pengunjung. Cara ini juga efektif merangsang imajinasi anak. Selain itu, bermain peran konon juga mampu membuat si kecil bahagia.

6.             Menghias Makanan

Apakah masakan Anda sudah matang? Bila ya, lakukan permainan selanjutnya. Saatnya Anda dan buah hati menghias makanan agar lebih menarik. Misalnya memberi potongan sledri di atas sup atau menaburi bawang goreng.

7.             Bermain Musik

Aktivitas seru terakhir yang ampuh untuk menjauhkan si kecil dari TV adalah bermain musik di dapur. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan gelas, mangkuk, atau peralatan dapur lainnya. Untuk menghasilkan nada berbeda, Anda bisa mengambil beberapa gelas lalu mengisinya degan air dalam tingkatan berbeda. Lalu ajak si kecil untuk memukul gelas-gelas tersebut perlahan menggunakan sendok guna menghasilkan irama.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.