17+ Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan, Yuk Coba!!

Ini Dia Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan- Menjadi ibu rumah tangga adalah sebuah pilihan. Bagi wanita yang sudah menikah, suami dan anak merupakan prioritas utama. Oleh sebab itu, tidak sedikit wanita yang tadinya bekerja di kantor memutuskan untuk fokus mengurus keluarga di rumah. 

Walaupun demikian menjadi ibu rumah tangga bukan berarti Anda tidak bisa menghasilkan uang. Bagi para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan uang tambahan untuk belanja atau untuk menabung, saat ini sudah ada banyak pilihan usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga. Usaha  sampingan ibu rumah tangga tersebut dapat dikerjakan dari rumah dan jika berhasil berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar.

Manfaat Bekerja di Rumah Bagi Ibu Rumah Tangga

Ada beberapa manfaat yang akan diperoleh ibu rumah tangga jika menjalankan usaha sampingan yaitu sebagai berikut:

1. Dapat Mengurus Keluarga Dengan Baik

Ketika menjalankan usaha sampingan di rumah, ibu rumah tangga tetap dapat melakukan tugas utamanya sebagai ibu rumah tangga seperti mengurus anak, suami, dan lain sebagainya. Jadi keluarga masih menjadi prioritas utama. Apalagi ini adalah bisnis sampingan.

2. Menambah Penghasilan Untuk Keluarga

Usaha sampingan dapat membantu menambah penghasilan untuk keluarga. Penghasilan dari usaha tersebut dapat membantu meringankan suami yang menjadi tulang punggung keluarga. Jadi walaupun berada di rumah, Anda tetap produktif.

3. Dapat Dipilih Sesuai Dengan Minat

Ada banyak sekali ide usaha sampingan yang cocok dikerjakan oleh ibu rumah tangga. Usaha sampingan tersebut dapat disesuaikan dengan minat, bakat, atau potensi yang ada di daerah tempat tinggal Anda. Jadi Anda tinggal memilih usaha yang paling sesuai dengan keinginan Anda.

4. Fleksibel

Usaha sampingan untuk ibu rumah tangga tergolong fleksibel. Yang dimaksud di sini usaha tersebut dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan waktu luang yang dimiliki ibu rumah tangga. Apalagi usaha ini juga tidak terikat dengan jam kerja. 

Ide Usaha Sampingan yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Bagi para ibu rumah tangga yang sedang mencari usaha  sampingan ibu rumah tangga yang cocok dilakukan, berikut ini adalah beberapa usaha yang mungkin dapat menjadi inspirasi dan referensi. Bahkan tidak menutup kemungkinan bagi ibu rumah tangga untuk melakukan modifikasi terhadap usaha tersebut.

1. Usaha Warung Makan

usaha warung makan

Jika lokasi rumah Anda berada di tempat strategis atau dekat dengan perkantoran dan kampus, usaha warung makan dapat menjadi ide usaha yang cukup menjanjikan. Usaha ini sangat cocok untuk Anda yang hobi memasak. Warung makan kecil-kecilan dapat menarik pengunjung, khususnya saat jam makan siang. 

2. Jasa katering

usaha sampingan ibu rumah tangga jasa catering

Selain membuka usaha warung makan, alternatif lainnya adalah membuka catering. Untuk usaha yang satu ini sifatnya lebih fleksibel karena proses produksi hanya dilakukan saat ada pesanan dari konsumen. Anda dapat mempromosikan untuk membuat jasa catering bekal anak sekolah, catering makan siang kantor, atau catering untuk acara – acara tertentu.  

Atau, Anda juga bisa menawarkan catering masakan untuk penderita diabetes, catering vegetarian, atau jasa catering lainnya secara spesifik. Pastikan untuk menyediakan menu yang inovatif, menarik, dan juga lezat. Jika ketiga poin ini sudah Anda miliki,usaha tersebut tentu akan terus berkembang.

3. Les Privat

usaha sampingan ibu rumah tangga les privat

Bagi Anda yang memiliki keterampilan atau keahlian di bidang akademik, membuka les privat untuk anak sekolah dapat menjadi peluang usaha yang menarik. Usaha ini selain dapat memberikan penghasilan tambahan juga dapat mengasah kemampuan diri dalam mendampingi anak-anak belajar. Anda dapat membuka les privat sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki misalnya les mata pelajaran untuk anak SD, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Bahasa Inggris, atau pelajaran lainnya. 

Para orangtua juga akan merasa lebih tenang ketika menitipkan anaknya di rumah Anda untuk belajar. Selain itu Anda juga dapat membantu anak-anak tersebut lebih memahami pelajaran di sekolah dengan suasana yang lebih santai.

4. Penerjemah

usaha sampingan ibu rumah tangga jasa penerjemah

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki keahlian dalam bahasa asing seperti Bahasa Inggris atau bahasa lain, kemampuan ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan di rumah dengan menjadi penerjemah. Ada banyak pekerjaan penerjemah yang dapat Anda temukan melalui internet dengan gaji yang cukup menggiurkan.

5. Penulis Lepas

usaha sampingan ibu rumah tangga jadi penulis lepas

Ini adalah usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga yang hobi menulis. Usaha ini dapat dilakukan di sela-sela waktu luang dan dapat dikerjakan dari rumah. Jadi Anda tidak perlu datang ke kantor untuk memenuhi deadline. Anda dapat menulis untuk media online yang keberadaannya saat ini sudah semakin banyak. 

6. Usaha Kerajinan Tangan

usaha sampingan ibu rumah tangga usaha kerajinan tangan

Bagi Anda yang senang membuat berbagai kreasi seperti kerajinan kain perca,kerajinan dari barang bekas, atau yang lainnya, tidak ada salahnya untuk mempromosikan produk – produk yang sudah dibuat. Jika Anda belum bisa membuatnya, sekarang ini juga sudah ada banyak kursus singkat yang diberikan untuk ibu rumah tangga. Menjual aneka produk kerajinan tangan dapat menjadi usaha yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga. Apalagi jika produk tersebut unik dan menarik perhatian.

7. Jasa Laundry

usaha sampingan ibu rumah tangga online shop

Dalam kehidupan siapapun tidak pernah lepas dari yang namanya kegiatan mencuci. Seiring dengan kesibukan masyarakat yang semakin meningkat, banyak yang memerlukan bantuan untuk menyelesaikan tugas yang satu ini. Untuk itu, Anda dapat membuka usaha laundry. Untuk memulai usaha ini, Anda cukup menyediakan mesin cuci dan timbangan.  Ketika usaha laundry tersebut sudah mulai berkembang, Anda  dapat mencari karyawan untuk membantu Anda menjalankan bisnis laundry tersebut.

Usaha laundry sangat cocok untuk daerah yang ramai dan kawasan perkantoran atau perguruan tinggi di mana terdapat banyak tempat kost. Pasalnya para karyawan atau mahasiswa yang sudah sibuk dengan kegiatan hariannya tidak sempat untuk mencuci pakaian mereka sendiri.

8. Indekos

usaha sampingan ibu rumah tangga kos kosan

Jika Anda mencari usaha  sampingan ibu rumah tangga yang menjanjikan dengan penghasilan relatif tetap dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, ini adalah bisnis yang paling menjanjikan. Memang, modal awal untuk memulai usaha ini cukup besar karena Anda harus membuat kamar kos. Jika lahan di rumah masih cukup luas atau ada beberapa kamar yang tidak ditempati, maka kamar tersebut dapat disewakan dengan sistem pembayaran bulanan atau tahunan.

Indekos sampai saat ini selalu dicari oleh mahasiswa atau karyawan dari luar kota yang mencari tempat tinggal di dekat tempat kerja atau kampusnya. Pastikan Anda menawarkan tarif yang kompetitif dan fasilitas yang memadai sehingga mereka tertarik untuk menyewanya.

9. Pulsa dan Token Listrik

usaha sampingan ibu rumah tangga jualan pulsa dan token listrik

Usaha yang satu ini juga masih cukup menjanjikan. Pasalnya pulsamenjadi kebutuhan pokok masyarakat modern agar dapat berkomunikasi melalui telepon seluler. Sementara itu listrik saat ini juga kebanyakan sudah menggunakan pulsa. Usaha jual pulsa saat ini biasanya sudah ditawarkan dengan paket yang lengkap sehingga Anda tidak hanya bisa menjual pulsa reguler tetapi juga paket data, isi saldo dompet virtual, pembayaran BPJS, dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya layanan yang dapat diberikan oleh penjualan pulsa tersebut, orang – orang di sekitar Anda tentu akan sangat terbantu untuk memenuhi kebutuhannya. Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi yang dilakukan.

10. Menjahit

usaha sampingan ibu rumah tangga menjahit

Ibu rumah tangga biasanya memiliki keahlian menjahit. Keahlian ini dapat menjadi modal yang berharga untuk memulai usaha sampingan.Cukup dengan bermodal 1 mesin jahit serbaguna dan kemampuan jahit, Anda dapat membuka layanan menjahit pakaian. Para tetangga biasanya akan memerlukan usaha ini ketika ingin membuat pakaian dengan bahan tertentu, untuk membuat seragam sekolah,dan lain sebagainya. Jika Anda dapat menjahit baju dengan desain yang menarik dan unik, Anda bahkan dapat membuka butik baju sendiri.

11. Jualan Kue Kering

usaha sampingan ibu rumah tangga jualan kue kering

Ini adalah usaha  sampingan ibu rumah tangga yang bersifat musiman atau mengalami peningkatan penjualan di momen – momen tertentu. Permintaan kue kering biasanya meningkat saat menjelang Lebaran, Natal, dan Imlek. Bagi Anda yang hobi membuat kue, bisnis ini tentu akan sangat menyenangkan untuk dilakukan karena hobi tersebut dapat menambah pundi-pundi penghasilan Anda. Kunci sukses dari bisnis ini adalah citarasa dan inovasi. Para pelanggan biasanya rela membayar mahal demi mendapatkan kue kering dengan citarasa yang lezat.

Baca Juga: –> 15+ Resep Membuat Aneka Kue yang Lengkap dan Tips Menjualnya!! Yuk Dicoba

12. Salon Rumahan

usaha sampingan ibu rumah tangga usaha salon rumahan

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang kecantikan, Anda dapat membuka usaha spa di rumah. Spa tersebut dapat memanfaatkan bahan-bahan alami atau tradisional yang lebih terjangkau dan aman. Selain itu jika Anda memiliki keahlian dalam penataan rambut juga dapat membuka layanan potong rambut dan hair styling. Konsumen yang potensial untuk bisnis ini adalah teman – teman dan tetangga di sekitar Anda. Jika mereka merasa puas, tentu bisnis ini akan semakin berkembang.

13. Jualan Jus Buah

jualan jus buah

Jus merupakan minuman yang menyehatkan. Walaupun sudah banyak orang yang membuka usaha ini,bisnis berjualan jus tetap menjanjikan untuk digeluti. Apalagi jika  Anda tinggal di pemukiman yang ramai.Selain itu Anda juga dapat tampil beda dengan inovasi berupa jus tanpa gula buatan atau jus yang terdiri dari campuran beberapa jenis buah. Masyarakat saat ini yang mulai menyadari pentingnya kesehatan tentu akan lebih memprioritaskan kualitas ketika hendak membeli jus buah. Jadi ketika mereka tahu kualitas jus yang Anda jual sehat dan higienis, mereka tentu akan menjadi pelanggan yang setia.

Sesuai dengan janji di awal, kita bakalan ngasih perhitungan kasar terkait berapa modal yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha jus buah, dan berapa kira-kira keuntungan yang didapat per harinya. 

14. Jadi Reseller

usaha sampingan ibu rumah tangga jadi reseller

Reseller adalah jenis bisnis yang sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang mencari bisnis menjanjikan dengan modalkecil. Cara kerja dari bisnis ini adalah reseller bertugas menjual kembali suatu barang dengan harga yang lebih tinggi. Jadi Anda membeli barang dari supplier secara grosir kemudian menjual kembali secara ecer. Usaha sampingan ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang memiliki pergaulan luas dan senang memanfaatkan media sosial.

Media sosial sampai saat ini menjadi cara yang ampuh untuk berjualan karena tidak perlu biaya dan mudah dilakukan. Selain itu, pilihan barang yang tersedia juga sangat beragam mulai dari aneka produk fashion seperti tas, baju, aksesoris, sepatu hingga aneka produk makanan. Jadi apapun produk yang Anda inginkan, ada banyak pilihan produk yang bisa dijual kembali dan memiliki pangsa pasar yang luas.

15. Butik Online Shop

usaha sampingan ibu rumah tangga online shop

Usaha  sampingan ibu rumah tangga berupa butik online sangat cocok untuk Anda yang cukup sibuk dengan kegiatan di rumah. Pasalnya usaha ini dapat dikelola di sela-sela kesibukan rutinitas harian Anda dan semuanya terhubung di internet. Anda dapat menjual baju, aksesoris, sepatu, dan berbagai produk yang berkaitan.Untuk membuka usaha ini, sebaiknya Anda membangun sebuah web yang menarik untuk memikat banyak konsumen.

16. Jasa Penitipan Anak

usaha sampingan ibu rumah tangga jasa penitipan anak

Bagi Anda yang sangat menyukai anak-anak tidak ada salahnya untuk membuka layanan day care atau penitipan anak. Jika Anda kesulitan untuk melakukan bisnis ini sendirian, Anda dapat merekrut karyawan untuk membantu mengasuh dan mendampingi anak-anak yang dititipkan di rumah Anda selama orangtuanya bekerja. Untuk memulai usaha ini, Anda perlu menyiapkan area bermain dan tempat istirahat untuk mereka, setidaknya tempat untuk mereka tidur siang.

17. Usaha Berjualan Tanaman Hias

usaha sampingan ibu rumah tangga jualan tanaman hias

Bagi Anda yang hobi bercocok tanam, khususnya tanaman hias, Anda dapat membuka usaha penjualan tanaman hias. Saat ini ada banyak jenis tanaman hias dengan tampilan yang sangat menarik. Anda dapat fokus pada jenis tanaman hias yang peminatnya cukup banyak seperti anggrek, kaktus, atau tanaman hias jenis lainnya. Selain untuk dijual, Anda juga dapat menyewakan tanaman tersebut untuk acara-acara tertentu.

18. Rental Perlengkapan Bayi

usaha sampingan ibu rumah tangga rental perlengkapan bayi

Perlengkapan bayi dan mainan yang berkualitas untuk bayi dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Selain faktor harga yang mahal, balita juga mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Mereka juga mudah merasa bosan dengan mainan tertentu. Oleh sebab itu, rental perlengkapan bayi dapat menjadi solusi yang bijak dibandingkan membeli peralatan tersebut. Anda dapat memanfaatkan hal ini dengan menyewakan perlengkapan bayi seperti stroller, alat bantu untuk berlatih berjalan, dan playground untuk balita.

Anda dapat menyewakan koleksi pribadi dari anak Anda dan teman-teman yang peralatan bayinyaa sudah tidak digunakan lagi. Jika sudah banyak yang menyewa, Anda dapat mengembangkan bisnis tersebut dengan membeli permainan yang lebih menarik atau produk lainnya agar peralatan yang tersedia untuk disewakan semakin lengkap.

19. Bisnis Hampers

usaha sampingan ibu rumah tangga bisnis hampers

Ini adalah bisnis sampingan yang cukup mudah dilakukan oleh ibu rumah tangga. Bisnis hampers atau membuat bingkisan dapat digunakan untuk berbagai acara seperti ulang tahun, souvenir, lahiran anak, dan juga hantaran pernikahan. Selain itu, bisnis ini juga tidak memerlukan modal awal yang besar. Untuk memulai usaha ini, Anda dapat membuat beberapa contoh paket bingkisan atau hantaran untuk ditawarkan. Tentukan tema dan barang yang sesuai untuk dimasukkan ke dalam bingkisan tersebut.

20. Bisnis Frozen Food

usaha sampingan ibu rumah tangga jual frozen food

Frozen food atau makanan beku saat ini juga banyak diminati oleh masyarakat. Makanan tersebut dapat menjadi solusi praktis bagi para ibu rumah tangga untuk mendapatkan stok camilan dan makanan untuk keluarga. Saat ini belum banyak usaha frozen food yang dibuka di kompleks pemukiman. Ini tentu menjadi peluang yang menjanjikan. Modal yang diperlukan untuk bisnis ini hanya freezer dan produk makanan beku yang akan dijual. Anda dapat memilih produk – produk makanan beku seperti sosis, nugget, tempura, siomay, dan produk lainnya dari merek yang sudah terkenal untuk memastikan produk tersebut memiliki kualitas yang bagus.

Demikian beberapa ide usaha  sampingan ibu rumah tangga. Saat memulai usaha tersebut, Anda dapat memberikan promo atau potongan harga khusus. Ketika para  pelanggan sudah mengetahui kualitas produk yang Anda tawarkan, mereka tentu dengan senang hati akan kembali lagi dan berpotensi membawa pelanggan baru untuk usaha Anda.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.