Suka 9 Makanan Enak Ini? Hati-hati Sembelit!

Pada dasarnya sembelit tidak hanya disebabkan oleh faktor makanan. Ada beberapa hal lain yang juga dapat menyebabkan sembelit seperti gangguan pencernaan hingga penyakit tumor atau kanker. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh makanan mengambil peran yang lebih besar menjadi penyebab sembelit. Biasanya makanan yang rendah serat membuat sembelit semakin parah. Selain itu, buat Anda yang suka mengkonsumsi makanan enak berikut ini juga harus berhati-hati karena mengkonsumsinya berlebihan dapat menyebabkan sembelit.

  1. Miskin serat, es krim bikin sembelit semakin berat

Img: https://www.friendlys.com

Rasanya yang enak membuat es krim disukai anak-anak hingga dewasa. Namun dibalik rasanya yang enak, mengkonsumsi es krim berlebihan juga berisiko membuat sembelit. Meski enak, es krim terbuat dari bahan dasar susu. Berkebalikan dengan jumlah seratnya yang miskin, susu justru mengandung lemak sangat tinggi. Makanan dengan lemak tinggi berisiko menyebabkan sembelit. Selain es krim, produk susu lain seperti keju dan mentega juga akan membuat keluhan sembelitmu semakin parah.

  1. Kandungan garam pada keripik dan snack olahan membuat sembelit semakin parah

Kerping Kentang

Tidak berbeda seperti es krim, keripik menjadi camilan enak untuk teman santai. Rasanya yang enak membuat berbungkus-bungkus keripik habis begitu saja tanpa Anda sadari. Namun Anda juga harus tahu, bersama rasanya yang gurih, keripik dan snack lainnya mengandung garam yang sangat tinggi. Kandungan garam yang tinggi membuat dehidrasi. Mengurangi cairan yang diperlukan tubuh untuk melakukan proses makanan. Sembelit semakin parah. Selain itu keripik mengandung lemak tinggi hingga pengawet dan penyedap makanan yang tidak baik untuk kesehatan.

  1. Pisang menjadi makanan pengikat penyebab sembelit
Pisang penyebab sembelit

Img: https://www.bbcgoodfood.com

Jika Anda termasuk salah satu yang menganggap sembeli dapat diatasi dengan mengkonsumsi pisang, salah besar. Mengkonsumsi pisang berlebihan justru akan membuatmu sembelit dan susah buang air besar. Pasalnya pisang merupakan salah satu jenis buah dengan sifat pengikat yang membuat gejala sembelit semakin parah. Anda akan mengalami sembelit parah jika mengkonsumsi banyak pisang. Sebaiknya ganti jenis buah lain untuk mengatasi sembelitmu seperti pepaya yang mengandung serat sangat tinggi.

  1. Sulit dicerna, daging merah membuat sembelit

img: https://www.merriam-webster.com

Kebiasaan mengkonsumsi daging merah yang salah, menjadi penyebab sembelit yang hampir sebagian besar orang tidak menyadarinya. Banyak orang mengolah daging merah dan jenis daging lainnya dengan tanpa campuran. Hanya utuh olahan daging. Padahal sebagai makanan yang miskin serat, sangat penting memberikan campuran sayur saat pengolahan daging. Anda yang suka daging merah, sebaiknya dampingi menu kesukaanmu dengan sayur. Saat makan steak, buat juga makanan tinggi serat seperti salad sayuran untuk pendamping.

  1. Nasi dan makanan tinggi karbohidrat lainnya

Nasi menjadi makanan dengan kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Masyarakat Indonesia sangat menyukainya. Bahkan menjadi makanan yang harus ada di setiap waktu makan. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi ini biasanya miskin serat dan tidak mengandung air. Akan uslit dicerna dan membuat sembelit. Selain nasi, Anda yang suka kerupuk, biskuit hingga cake juga harus menguranginya. Minimal konsumsi air putih yang cukup banyak untuk menghindari sembelit saat Anda mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

  1. Mudah disiapkan, makanan beku picu sembelit
Makanan frozen food penyebab sembelit

Img: hellosehat.com

Mengolah makanan dengan cara praktis dan cepat memang menjadi alternatif yang disukai banyak orang. Namun jangan sekali-kali mencoba untuk mengolah makanan beku di rumah, kalau Anda tidak ingin mengalami masalah sembelit. Meski cukup disajikan dengan hanya menghangatkannya, makanan beku justru berisiko untuk dikonsumsi. Makanan beku ini memiliki serat yang sangat sedikit dan juga mengandung pengawet. Selain dapat menggangu pergerakan usus yang menyebabkan sembelit, pengawet yang ada pada makanan beku juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Kriuk, namun gorengan memiliki serat rusak yang menyebabkan sembelit
Gorengan penyebab sembelit

img: myeatandtravelstory.files.wordpress.com

Rasanya yang gurih membuat banyak orang ketagihan. Sementara teksturnya yang kriuk membuat gorengan mampu menggoda siapa saja untuk mencicipinya. Namun ketahuilah jika makanan yang digoreng akan membuat kandungan seratnya rusak. Jika masuk ke dalam tubuh, gorengan akan membuat proses cerna di dalam usus terhambat. Selain itu gorengan mengandung lemak tinggi yang tidak hanya menyebabkan sembelit namun keluhan sakit lain seperti kolesterol tinggi hingga gangguan jantung koroner.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.