Aneka Resep Daging Sapi Paling Praktis dan Nikmat

Resep Daging Sapi– Daging sapi termasuk salah satu jenis bahan makan yang banyak disukai dan bisa diolah menjadi makanan yang lezat.

Meskipun harga daging sapi ini lebih mahal dari pada lauk lainnya, akan tetapi daging sapi tetap banyak dijadikan sebagai pilihan untuk sajian dalam berbagai macam acara besar.

Selain banyak mengandung protein, daging sapi ini juga kaya akan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Daging sapi ini dapat diolah menjadi berbagai macam jenis masakan yang lezat.

Akan tetapi, untuk menghasilkan makanan yang rasanya nikmat, sebaiknya anda semuanya  harus pandai di dalam memilih daging sapi yang keadaannya masih segar.

Daging sapi yang segar biasanya memiliki ciri khas pada bagian daging yang masih terasa kenyal. Kemudian, bisa kembali seperti semula lagi sesudah ditekan.

Tips Mengolah Daging

Tak hanya harus tahu bagaimana cara memilih daging sapi yang segar, anda semuanya juga wajib mengetahui bagaimana cara yang benar untuk mengolah daging sapi tersebut. 

Nah, jika anda belum tahu bagaimana caranya, maka cara berikut ini bisa anda perhatikan:

1.  Jangan Menyimpan Daging Yang Ukurannya Terlalu Besar

Di dalam mengolah daging memang memerlukan waktu yang sedikit lama. Apabila kita membeli daging jumlahnya banyak dan tidak sempat untuk mengolah, maka daging  sapi tersebut sebaiknya anda simpan dengan benar terlebih dulu.

Penyimpanan daging yang benar bisa menjadikan tekstur serta rasa daging bisa menjadi tetap fresh walaupun dalam jangka waktu yang lama.

Sebaiknya anda semuanya jangan menyimpan daging yang memiliki ukuran besar, Karena apabila anda ingin memasak dengan ukuran kecil ini akan terasa sangat repot.

Sebab, jika memasukkan kembali daging yang sebelumnya telah dicairkan itu sebenarnya tidak dianjurkan. Karena, apabila hal ini dilakukan maka mikroba akan menjadi semakin banyak serta bisa menjadikan proses pembusukan menjadi lebih cepat.

Maka dari itu, terlebih dahulu potong daging segar, baru selanjutnya anda masukkan ke dalam plastik yang ukurannya 1 kilogram.

Gunakan plastik transparan di dalam membungkus dagingnya. Ini semuanya harus anda lakukan. Sebab, apabila nanti daging akan dimasak, kita kita tinggal mengambil potongan dari daging sapi yang sesuai dengan kebutuhan kita.

2. Jangan Mencuci Daging Sebelum Disimpan

Mencuci daging sebelum menyimpannya adalah salah satu hal yang tidak boleh dilakukan jika anda ingin mengolah daging.

Ada sebagian yang mencuci daging sebelum disimpannya di dalam kulkas. Yang benar yaitu sebaiknya daging yang disimpan di dalam lemari es atau kulkas terlebih dahulu tidak dicuci.

Karena, apabila daging dicuci terlebih dulu sebelum disimpan di dalam kulkas, maka daging basah bisa menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri. Jadi, cuci bersih daging pada saat anda akan mengolahnya saja.

3. Simpan di Kulkas dengan Benar

Kulkas ini memang memiliki fungsi untuk mengawetkan makanan. Dan anda semua juga dapat menggunakannya untuk menyimpan daging.

Agar bisa benar di dalam penyimpanannya, maka sebaiknya anda memastikan kulkas anda dalam keadaan yang bersih dan tak mempunyai bunga es.

Tujuannya agar daging tak terkontaminasi dan bisa membeku secara sempurna. Daging merah seperti daging sapi ini bisa bertahan selama 4 sampai dengan 12 bulan.

Lalu, untuk daging merah matang dapat awet disimpan pada lemari es ini selama 2 sampai dengan 6 bulan di dalam freezer.

4. Rendam Daging Pada Suhu Normal Sebelum Anda Masak

Selanjutnya, daging sapi yang baru dikeluarkan dari lemari es memang tak dapat secara langsung dimasak pada saat itu juga.

Daging dapat direndam terlebih dulu pada suhu yang normal agar tidak beku, dan dapat dimasak dengan mudah.

Anda juga dapat merendamnya dengan menggunakan air dingin dengan cara membungkus daging yang beku tersebut dengan plastik atau kemasan sampai benar-benar rapat supaya tidak ada bakteri yang masuk.

Kemudian, anda rendam daging tersebut di dalam mangkuk atau panci yang berisi air dingin sampai terendam sepenuhnya. Anda semuanya harus mengganti air setiap 30 menit sampai mencair serta siap untuk diolah.

Untuk cara yang lainnya yaitu dengan mengeluarkan daging yang beku tersebut dari freezer. Selanjutnya anda dapat meletakkan daging beku pada bawah rak bawah kulkas supaya cairan daging yang penuh bakteri tersebut tidak mengenai makanan yang lainnya.

Kemudian  baru anda diamkan daging pada suhu ruang sampai es tersebut mencair.

Aneka Resep Daging Sapi

Nah, untuk anda semuanya yang ingin membuat olehan atau resep daging sapi yang nikmat, berikut bundamimi share beberapa resep daging sapi yang praktis dan bisa anda praktekkan di rumah untuk melengkapi hidangan di meja makan anda.

1. Resep Daging Sapi Lada Hitam

resep daging sapi lada hitam

Resep menu masakan daging lada hitam memang belum begitu populer.

Pada umumnya, yang pertama kali diingat seseorang pada saat akan mencari resep masakan daging api adalah rendang padang, steak, balado, soto dan lain sebagainya.

Namun, jika untuk masalah cita rasa, resep daging sapi lada hitam ini sebenarnya tidak kalah nikmat dan lezat dari pada dengan dengan resep masakan daing sapi asli indonesia yang lainnya.

Perpaduan rasa daging sapi dan lada hitam dengan aneka ragam variasi saus serta kecap untuk bumbunya akan terasa begitu menggoda pada saat disantap.

Kemudian juga tekstur yang lembut dari daging sapi masakan lada hitamnya yang membuat orang tak sabar ingin memakannya.

Untuk cara membuat resep daging sapi lada hitam ini bisa dikatakan cukup sederhana serta bisa sangat mudah untuk anda ikuti.

Tidak banyak cara atau proses yang harus dilakukan. Kemudian, untuk jenis bumbu bumbu resep daging sapi lada hitam yang diperlukan juga tidak begitu banyak.

Nah, untuk anda yang ingin memasaknya dirumah, berikut ini resepnya;

Bahan-bahan:

  • 300 gram daging sapi has dalam, iris melawan serat tipis-tipis
  • 1/2 buah bawang bombay yang diiris panjang
  • 1/2 buah paprika yang warna hijau, iris panjang
  • Bawang putih 2 siung, cincang kasar
  • 2 sendok teh kecap manis
  • 2 sendok teh saus tiram
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan lada hitam yang ditumbuk kasar
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 50 ml air untuk memasak
  • 1 batang daun bawang, yang dipotong miring
  • 2 sendok makan minyak goreng yang akan digunakan untuk menumis

Cara Membuat Resep Daging Sapi Lada Hitam:

  1. Lumuri daging has menggunakan campuran kecap manis serta saus tiram. Remas-remas kemudian diamkan kurang lebih selama 30 menit.
  2. Panaskan minyak goreng. Lalu tumis bawang putih serta bawang bombay hingga benar-benar harum. Masukkan paprika dan aduk hingga setengah layu.
  3. Masukkan daging yang telah didiamkan. Lalu aduk sampai dagingnya berubah warna. Tambahkan bumbu seperti saus tiram, kecap manis, garam, lada  hitam, serta gula pasir. Aduk hingga merata.
  4. Masukkan air, lalu aduk-aduk sampai matang.
  5. Tambahkan daun bawang yang telah siiris, lalu aduk rata.
  6. Daging sapi lada hitam siap dihidangkan.

2. Resep Daging Sapi masak Kecap

resep daging sapi masak kecap
img: sajiansedap.grid.id

Masak daging memang tidak harus dengan dibumbu lengkap seperti halnya membuat olahan kare atau gulai.

Namun, daging sapi juga dapat dimasak dengan aneka ragam resep yang mudah, seperti mahalnya resep daging kecap yang menggoda selera seperti berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 300 gr daging sapi
  • 1 buah bawang bombay yang telah cincang
  • 200 ml air
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh merica yang telah dihaluskan
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu halus:

  • bawang putih 4 siung
  • bawang putih 2 siung
  • 1 sendok teh ketumbar

Cara membuat:

  1. Daging sapi anda rebus sebentar untuk menghilangkan kotoran serta baunya. Selanjutnya tiriskan lalu potong-potong.
  2. Tumis bawang bombay sampai layu, lalu anda bisa masukkan bumbu halus serta tumis sampai benar-benar harum. Kemudian, masukkan daging sapi, kecap, saus tiram, kecap asin dan juga merica bubuk.
  3. Aduk hingga merata kemudian tuangkan air secukupnya. Tunggu sampai benar-benar mendidih. Masak sampai bumbu meresap, kuahnya berkurang serta daging terasa empuk.
  4. Resep daging kecap siap dihidangkan.

3. Daging Sapi Teriyaki / Beef Teriyaki

resep daging sapi teriyaki

Jika anda semuanya merasa bosan dengan masakan daging sapi yang biasanya, maka anda bisa mencoba mengolah daging sapi menjadi daging teriyaki.

Resep daging sapi teriyaki juga banyak yang mengenalnya dengan sebutan resep beef teriyaki.

Dengan bumbu daging teriyaki yang bisa anda tambahkan dengan paprika jika anda semuanya menyukai pedas, beef teriyaki ini nantinya juga tidak kalah lezat dari pada dengan resep daging sapi yang lainnya.

Terlebih lagi untuk cara membuat daging bumbu teriyaki ini juga scukup sederhana dan lebih mudah dari pada anda memasak resep daging sapi yang lain.

Tak hanya itu saja, kandungan gizi serta nutrisi yang ada di dalam daging sapi cukup banyak. Diantaranya seperti omega 3, selenium, protein, zat besi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semuanya itu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Terlebih lagi untuk anak anak di dalam mendukung perkembangan otak serta ototnya.

Meskipun resep daging sapi teriyaki ini hanya memakai bumbu yang dapat dikatakan sederhana serta tidak memakai banyak bumbu rempah rempah,

namun untuk cita rasanya memang sangat enak dan lezat jika anda nikmati bersama dengan sepiring nasi putih hangat.

Terlebih lagi jika kita memakai daging sapi pilihan. Dengan demikian, pada waktu dimasak maka hasil jadinya akan bisa empuk serta nikmat di lidah. Untuk membuatnya di rumah, berikut ini adalah resepnya;

Bahan-bahan

  • 250 gram daging sapi
  • bawang bombay 50 gram
  • bawang putih 3 siung, geprek
  • 20 gram paprika hijau, potong dengan bentuk memanjang
  • 20 gram paprika merah, potong dengan memanjang
  • 2 sendok makan kecap inggris
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 3 sendok makan saus teriyaki, yang dipakai untuk merendam daging
  • 4 sendok makan saus teriyaki
  • ½ sendok teh  garam
  • ¼ sendok teh merica
  • 25 ml air

Cara Membuat:

  1. Cara yang pertama, siapkan panci dan beri air secukupnya. Masak sampai mendidih lalu anda bisa masukkan daging yang nantinya akan digunakan.
  2. Masak daging sampai setengah matang kemudian hilangkan busa atau kotoran yang menempel
  3. Buang airnya kemudian ganti dengan menggunakan air baru. Masak air lagi sampai mendidih selanjutnya masukkan daging tadi ke dalamnya.
  4. Rebus daging sapi yang digunakan untuk membuat resep daging teriyaki ini sampai benar-benar empuk. Lalu angkat serta potong potong bentuk kotak ukuran 5cm atau 6cm saja.
  5. Setelah daging sapinya memiliki tekstur yang empuk dan dipotong, anda bisa siapkan wajan penggorengan menggunakan api sedang kecil.
  6. Selanjutnya beri minyak goreng secukupnya.
  7. Masukkanlah bumbu seperti jahe yang telah dimemarkan. Lalu anda bisa tambahkan paprika, cabe, bawang putih, serta bawang bombay. Aduk aduk semua bumbu supaya tercampur rata sampai tercium bau harum yang khas dari tumisan.
  8. Masukkan daging sapi yang sudah empuk lalu potong di penggorengan.
  9. Aduk lagi sampai daging tercampur dengan bumbunya. Setelah itu masak hingga berubah warna agar menjadi kecoklatan.
  10. Ketika sudah berubah warna anda bisa menmbahkan sedikit garam, gula pasir, kecap teriyaki, serta merica bubuk sesuai selera. Aduk sampai tercampur rata.
  11. Tuang air bersih
  12. Masak sampai bumbu meresap pada dagingnya, aduk kemudian angkat.

Resep daging sapi teriyaki dengan rasa pedas sederhana sebenarnya berasal dari Jepang dan juga banyak di jual di restaurant yang ada di Jepang.

Citarasa manis lezat yang memakai bumbu daging teriyaki dapat memberikan citarasa yang sangat luar biasa. Walau resep daging sapi teriyaki ini hanya menggunakan sederhana, namun rasanya tak kalah menggoda.

Apalagi jika memasaknya menggunakan daging sapi pilihan. Pastinya pada saat dimasak dapat menjadi benar benar empuk serta disukai oleh banyak orang.

4. Resep Daging Sapi Goreng Sederhana

resep daging sapi goreng
img: fimela.com

Resep daging sapi goreng ini sebenarnya tidak sulit, sebab untuk cara memasaknya cukup simpel.

Kemudian untuk bumbu yang dipakai yaitu bumbu yang pada umumnya kita pakai masak untuk yang lain. Dengan begitu, bisa menjadikan kita lebih mudah dalam mencoba untuk membuat resep masakan ini.

Bahan yang dipakai juga tidak mempunyai jenis yang banyak. Nah, berikut ini akan diberikan resep praktis untuk anda yang ada di rumah tentang cara membuat daging sapi goreng dengan rasa yang nikmat dan dapat memberikan kenikmatan saat menyajikan hidangan kepada keluarga.

Agar lebih jelasnya, anda bisa menyimak ulasan dibawah ini.

Bahan utama:

  • Daging  sapi sebanyak 500 gr
  • 2 helai daun salam

Bumbu yang dihaluskan:

  • Bawang putih sekitar 9 siung
  • Ketumbar bubuk sebanyak 2 sendok makan
  • Kunyit 1 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Minyak yang akan dipakai untuk menggoreng

Cara membuat daging sapi goreng:

  1. Pertama anda potong daging sapi, selanjutnya rebus bersama dengan daun salam sampai dagingnya empuk
  2. Selanjutnya anda bisa angkat daging tersebut, kemudian tiriskan
  3. Baru, setelah itu anda haluskan ketumbar, kunyit serta bawang putih. Kemudian anda bisa masukkan pada suatu wadah. Lalu tambahkan 100 ml air yang merupakan sisa rebusan.
  4. Daging yang telah direbus selanjutnya anda pukul-pukul supaya daging dapat menjadi pipih. Kemudian, anda bisa masukkan pada dalam wadah yang telah berisi bumbu, aduk sampai merata lalu diamkan daging dalam waktu selama kurang lebih 1 jam di lemari pendingin.
  5. Sesudah itu, anda bisa ambil daging yang telah dikulkas. Kemudian goreng daging itu sampai warnanya coklat.
  6. Sajikan dan tata di piring saji untuk dinikmati.

5. Resep Daging Sapi Ala Cah Sayur Kailan

Mungkin bagi kalian sangat asing mendengar masakan Cah Kalian, namun makanan ini sudah banyak beredar disetiap daerah Indonesia loh.

Untuk bahan dasar sayurannya tidak berbeda jauh dari masakan sayuran pada umumnya. Buat Anda yang baru mengenalnya dan ingin mencobanya Anda bisa membuat sendiri dirumah.

Adapun bahan yang harus dipersiapkan dan cara membuat Cah Kailan Dengan Daging Sapi Gurih adalah sebagai berikut :

Resep Daging Sapi Ala Cah Sayur Kailan

Bahan – Bahan :

  • Daging sapi ½ kilo gram ( cuci bersih, potong tipis – tipis )
  • Sayur kailan 1 kilo gram ( cuci bersih, potong – potong sesuai selera )
  • Jamur merang ¼ kilo gram ( rendam dengan air hangat, suwir – suwir )

Bahan – bahan bumbu Untuk Membuat Cah Kailan Daging Sapi :

  • Sagu 2 sendok makan
  • Saus tiram 3 sendok makan
  • Soda kue ¼ sendok teh
  • Mayu 1 sendok makan
  • Vetsin 1 sendok teh
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Merica 1 sendok makan
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 3 butir
  • Jahe 2 cm
  • Minyak goreng

Cara Membuat Cah Kailan Dengan Daging Sapi Gurih Dan Nikmat :

  • Pertama – pertama rebus sayur kailan dengan air mendidih hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan.
  • Campurkan garam, mrica, sagu dan soda kue. Aduk – aduk sapai merata. Kemudian balurkan pada daging irisan daging sapi sampai merata.
  • Panaskan minyak. Goreng daging sapi yang telah dicampur bumbu, sampai berwarna kekuningan. Angkat dan tiriskan.
  • Panaskan minyak lagi. Tumis bawang putih, bawang merah dan jahe, aduk – aduk hingga tercium aroma wangi. Kemudian masukkan mayu, saus tiram, garam, vetsin dan gula. Aduk rata sampai tercampur semua.
  • Setelah itu masukkan daging sapi yang telah digoreng dan jamur merang. Aduk sebentar.
  • Masukkan sayur kailan dan tambahkan sedikit air sambil diaduk – aduk hingga matang dan air rada menyusut dan mengental.
  • Hidangkan diatas piring untuk dinikmati.
  • Sajian cah kailan daging sapi telah selesai.

Silahkan coba sendiri, Mudah – mudahan masakan ini dapat menambah menu makanan bersama keluarga Anda dirumah.

Demikian artikel mengenai resep dan cara membuat cah kailan dengan daging sapi yang gurih dan nikmat. Selamat berkreasi

6. Resep Daging Sapi Saus Kecap Wijen

Penasaran kan seperti apa rasa dan rupa dari resep daging saus kecap wijen ini?

Jika Anda ingin menyajikan suatu masakan yang lezat dan akan menjadi favorit keluarga maka tidak ada salahnya jika melihat dan mengikuti langkah membuat resep yang berbeda dari yang lain ini.

Maka, manjakanlah lidah Anda dengan sentuhan hangat dari olahan daging yang satu ini.

Berikut adalah beberapa bahan dan cara membuat resep daging saus kecap wijen yang bisa Anda kreasikan dirumah dan menyajikannya untuk keluarga. Mari simak dibawah ini!

Resep Daging Sapi Saus Kecap Wijen

Bahan Membuat Resep Daging Saus Kecap Wijen

  • 200 gram daging sapi has luar
  • 20 gram selada bandung
  • 10 gram timun
  • 10 gram wortel
  • 10 gram bawang bombay
  • 10 gram margarin
  • 1 buah tomat
  • 2 sendok makan mayonnaise
  • 1 sendok makan saus tomat botolan

Saus

  • 3 sendok makan kecap beraroma
  • 1 sendok teh gula
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh biji wijen
  • 2 siung bawang putih

Cara Membuat Resep Daging Saus Kecap Wijen

  1. Langkah pertama kita cuci bersih daging lalu iris tipis.
  2. Kita potong-potong wortel membentuk korek api, timun iris tipis, bawang bombay iris melintang tipis dan tomat iris tipis ( semua bahan dipotong menggunakan selera Anda)
  3. Langkah ketiga lumuri daging dengan merica dan garam, lantas tumis daging hingga matang. Angkat, sisihkan.
  4. Langkah ke-empat kita membuat sausnya terlebih dahulu, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, lalu kita masukkan kecap beraroma, garam, merica, dan daging, aduk-aduk hingga rata.
  5. Rebus wortel, angkat.
  6. Langkah selanjutnya, Anda bisa melihat langkah dan cara menyajikan dibawah ini!

Cara Menghidangkan

Tata selada, timun, wortel dan tomat dipiring ceper. Tuang daging kecap dipiring taburkan wijen diatasnya dan sajikan bersama mayonnaise dan saos tomat sebagai pelengkapnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara membuat resep daging saus kecap wijen yang lezat dan bisa disajikan untuk keluarga dirumah.

Terimaksih sudah membaca dan mengikuti langkah diatas. Selamat memasak 🙂

7. Resep Daging Sapi Masak Brokoli

Nah dibawah ini merupakan beberapa bahan dan cara membuat resep daging sapi masak brokoli yang tentu akan kami bagikan kepada Anda supaya bisa dicoba dirumah. Mari simak ulasan singkat berikut ini!

Resep Daging Sapi Masak Brokoli

Bahan Membuat Resep Daging Sapi Masak Brokoli

  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 2 siung bawang putih
  • 100 gram jamur kancing
  • 250 gram daging sapi untuk sukiyaki siap beli
  • 100 gram brokoli
  • 1 sendok makan sake
  • 1 sendok makan cuka beras atau cuka biasa
  • 1 sendok makan wijen sangrai
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula pasir
  • 2 sendok teh tepung maizena

Cara Membuat Resep Daging Sapi Masak Brokoli

  1. Untuk cara membuat resep daging masak brokoli yang pertama adalah kita harus mencuci daging yang akan diolah, tetapi jika beli daging yang siap beli maka tidak perlu dicuci ( sebaiknya dicuci karena daging siap beli ada pengawetnya)
  2. Langkah kedua kita potong-potong jamur dan brokolinya, jamur kancing dibelah menjadi dua sedangkan brokoli di potong sesuai selera.
  3. Langkah selanjutnya kita panaskan minyak lalu tumis bawang putih yang telah diiris tipis hingga kuning. Lalu masukkan jamur yang telah di belah menjadi dua tadi. Aduk- aduk hingga rata.
  4. Masih proses mengaduk lalu masukkan daging sapi sukiyaki yang bisa Anda potong sesuai selera. Lalu aduk terus hingga warna dari daging sapi berubah menjadi coklat.
  5. Langkah kelima kita tambahkan sake, cuka, wijen, minyak wijen, garam dan gula. Aduk hingga mendidih dan daging matang. Lalu masukkan brokoli, aduk sebentar. Tuangkan larutan maizena, aduk-aduk hingga kental dan bumbu meresap ke daging serta brokoli. Angkat.

8. Resep Daging Sapi Yakiniku / Beef Yakiniku

Resep Daging Sapi Yakiniku / Beef Yakiniku– Anda pernah dengar nama Yakiniku? Pernah dong pastinya.

Yakiniku ini adalah istilah dari Bahasa jepang untuk daging yang dipanggang atau dibakar diatas api.

Di negara asalnya jepang yakiniku ini disajikan dengan daging yang segar dan bisa dipilih sesuai keinginan. Jadi cara penyajianya yaitu daging segar langsung dibakar diatas wadah yang dibawahnya ada api, sampai sekiranya matang daging dicelupkan ke saus wijen lalu dimakan.

Di Indonesia kita lebih mengenal yakiniku dari restoran jepang seperti hokben. Rasanya yang sangat gurih dimulut membuat semua kalangan dari orang tua dan anak anak sangat menyukainya.

Yakiniku juga sangat cocok disandingkan dengan makanan pokok kita yaitu nasi putih hangat lalu ditambahkan dengan sayuran segar.

Bundamimi akan sharing membuat beef yakiniku dengan saus wijen/Kikkoman yang khas seperti sajian pada resto jepan Hokben. Sangat mudah dan bunda dirumah pasti bisa membuatnya.

Yuk langsung aja ke cara membuatnya:

Resep Daging Sapi Yakiniku / Beef Yakiniku

Bahan

  • 400 gram daging sapi
  • ½ buah bawang bombay
  • 8 siung bawang putih
  • 5 buah paprika hijau
  • 3 sendok makan minyak goreng

Bahan Kuah

  • 1 sendok makan wijen
  • 100 ml air
  • 75 ml sauce kikkoman
  • 75 ml mirin (Jus anggur/jus apel segar yang dicampur dengan air jeruk lemon & beri tambahan gula pasir sebagai pengganti mirin)
  • 50 gram gula pasir
  • 3 sendok makan kecap manis

Cara Pengolahan

1. Iris daging sapi tipis-tipis atau sesuai selera

2. Selanjutnya cincang bawang bombay dan bawang putih.

3. Potong potong buah paprika hijau tipis-tipis, panjang panjang ataupun sesuai dengan selera bunda.

4. Panggang wijen sebentar.

5. Untuk bahan kuah: Didihkan bawang putih, saus Kikkoman, gula pasir, kecap manis, wijen panggang. Setelah mendidih, dinginkan lalu saring.

6. Panaskan 1 sendok makan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan paprika. Sisihkan.

7. Tuang 2 sendok makan minyak goreng tunggu hingga panas, selanjutnya tumis daging sapi sampai keluar airnya, lalu buang air tersebut. Sisihkan.

8. Selanjutnya masukkan bahan kuah yang sudah dibuat sebelumnya tadi ke wajan, masak hingga airnya berkurang dan tinggal sedikit. (pastikan kuahnya sudah dingin)

9. Masukkan campuran tumisan bawang putih, bawang bombay, paprika dan daging sapi tumis. Aduk rata, angkat.

10. Beef yakiniku siap untuk disajikan

Tips:

  • Jika Anda tidak menyukai rasa pedas, bunda bisa mengganti cabe merah dengan paprika merah untuk membuat warna menjadi lebih menarik dan merekah.
  • Jika Anda ingin menyajikan beef yakiniku ala Hokben ini untuk anak-anak, khususnya yang berumur di bawah 5 tahun, Anda bisa mengganti daging sapi dengan daging cincang agar lebih mudah saat dikunyah
  • Supaya rasa dagingya meresap, Anda bisa mendiamkan daging bersama dengan bumbu semalaman sehingga keesokan harinya.
  • Saat memasukkan paprika atau cabe dan bawang Bombay jangan bersamaan dengan daging sapi karena keduanya akan terlalu lembek saat dagingnya matang.
  • Gunakan Jus anggur/jus apel segar yang dicampur dengan air jeruk lemon & beri tambahan gula pasir sebagai pengganti mirin

Mudah bukan? Sekarang, Anda bisa memasak daging yakiniku sendiri di rumah. Yuk buruan dicoba!

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.