31+ Resep Ayam Mudah dan Super Lengkap

Seperti yang Anda ketahui bahwa daging ayam memang merupakan salah satu jenis makanan yang paling disukai oleh semua orang dan dapat diolah dengan berbagai macam menu.

Ada beberapa resep ayam yang bisa Anda coba lakukan dan olah yaitu seperti ayam goreng, ayam rica-rica, ayam pedas manis, ayam bakar saos kecap dan lainnya.

Untuk itu, apapun resep dan olahan maka daging ayam ini tetap saja enak dimulut dan semua orang menyukainya. Nah, ada banyak informasi menarik seputar ayam yang dapat Anda lihat baik itu, Resep makanan dengan olahan daging ayam, tips memilih ayam, manfaatnya serta yang lainnya.

Apabila Anda ingin langsung melihat 31+ aneka resep olahan makanan daging ayam yang sudah kami rangkum secara tematik, berikut ini listnya:

1. Resep Ayam Bakar

2. Resep Ayam Goreng

3. Resep Ayam Geprek

4. Resep Ayam Kecap

5. Resep Ayam Suwir

6. Resep Opor Ayam

Jenis-Jenis Daging Ayam Untuk dikonsumsi

Ayam memang diketahui memiliki sumber protein hewani yang bagus untuk tubuh manusia dan mengandung banyak gizi terbaik. Untuk membeli ayam memang sangat mudah didapatkan dipasaran dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, di pasaran juga terdapat banyak jenis ayam yang disediakan sehingga snda bisa membelinya dengan nyaman dan pastinya sesuai dengan kebutuhan yaitu seperti ayam broiler, ayam pejantan, ayam organik, ayam kampung, ayam petelur dan ayam probiotik atau prebiotik. Namun pada dasarnya sih ayam di Indonesia terbagi dua jenis yaitu ras dan kampung.

data komsumsi ayam indonesia

Berdasarkan data dari BPS yang diolah oleh katadata,co,id menjelaskan bahwa komsumsi ayam masyarakat Indonesia 5,68 kg kapita per tahun 2017 atau sekitar 2,14 juta ton, woow angka yang banyak sekali ya.

Daging Ayam Manakah Yang Sering Kita Konsumsi?

Jika berbicara mengenai daging ayam yang mana sering dikonsumsi maka jawabannya adalah sayap dan paha ayam.

Mengapa demikian? karena memang bagian-bagian seperti ini sangat disukai oleh semua orang terlebih lagi jika diolah menggunakan resep ayam seperti ayam bakar, ayam goreng dan lainnya. Bagian seperti ini tentu tidak akan ketinggalan dan banyak diincar oleh orang, karena memang bagian ini yang paling nikmat dan enak.

Tak hanya itu saja, selain membahas dan berbicara mengenai daging ayam maka tidak lengkap rasanya tanpa ada informasi mengenai ayam yang mana saja yang paling banyak dibeli atau dikonsumsi oleh orang bukan?

Nah, untuk jenis ayam ini biasanya banyak orang yang membeli jenis ayam broiler. Ayam ini memiliki daging yang empuk dan banyak dijadikan sebagai olahan daging ayam untuk hidangan di rumah makan ataupun restoran.

Selain itu, dagingnya yang memiliki kualitas terbaik tentu semua orang akan menyukainya sehingga menjadikan ayam broiler ini paling banyak dicari dipasaran.

Selanjutnya ada juga ayam kampung yang dapat dijadikan sebagai hidangan makanan. Dimana ayam kampung ini juga tidak kalah dengan ayam broiler karena memang ada banyak orang yang mencarinya untuk dijadikan sebagai salah satu bahan utama dalam masakan dan memiliki kualitas daging yang terbaik pula.

Untuk harga ayam kampung ini juga sangat terjangkau sehingga Anda bisa memilihnya dengan nyaman. Namun, untuk kandungan gizi dan protein tentu kedua ayam ini menawarkan kandungan gizi yang baik untuk tubuh manusia.

Tips Memilih Daging Ayam Segar

Anda ingin membeli daging ayam yang segar dan berkualitas, namun bingung dalam memilihnya? Tak perlu bingung dan pusing karena disini Anda bisa melihatnya dengan sebaik mungkin mengenai tips memilih daging ayam segar.

1. Bau Ayam

Untuk tips pertama yang harus Anda perhatikan dengan baik yaitu bau ayam. Dimana sebelum membeli daging ayam yang dijual di supermarket maka sebaiknya Anda bisa mencium terlebih dahulu bau ayam tersebut.

Untuk daging ayam yang segar maka biasanya tidak menimbulkan bau yang tidak enak. Oleh sebab itu, hal seperti ini harus diperhatikan dan dilihat dengan baik.

2. Perhatikan Warna Ayam

Berikutnya perhatikan juga warna ayam yang dijual. Dimana untuk daging ayam yang masih segar akan berwarna merah muda dan tidak abu-abu ataupun menghitam.

Untuk itu, apabila nantinya Anda akan menemukan kulit dan dagingnya yang masih terlihat putih kemerahan maka itu bisa dikatakan daging ayam tersebut masih segar dan Anda bisa membelinya.

3. Perhatikan dan Rasakan Tekstur Pada Kulit Ayam

Untuk berikutnya yaitu dimana Anda juga harus bisa memperhatikan dan rasakan tekstur pada kulit ayam. Hal ini dilakukan agar mengetahui apakah ayam tersebut mengandung formalin atau tidak.

Caranya Anda bisa mengusap atau menyentuh pada bagian kulitnya. Setelah itu, perhatikan dengan baik apakah ada tekstur berpasir atau bertepung pada bagian tersebut.

Nah, apabila Anda menemukan hal seperti ini maka sebaiknya Anda tidak perlu membelinya, karena tekstur bertepung atau berpasir disebabkan oleh sisa-sisa bahan kimia yang digunakan yang tidak terbilas dengan baik. 

Manfaat Mengkonsumsi Daging Ayam

Siapa sih yang tidak menyukai daging ayam? Tentu semua orang menyukainya baik itu, anak kecil hingga orang dewasa. Selain itu, ayam ini juga bisa diolah dengan berbagai resep ayam yang sangat enak dan lezat.

Nah, tak hanya itu saja, jika berbicara mengenai manfaat mengkonsumsi ayam, pada dasarnya ayam ini memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk itu, apabila Anda ingin mengetahuinya maka Anda bisa melihat beberapa informasinya seperti berikut ini:

1. Dapat Memenuhi Kebutuhan Protein

Daging ayam memang merupakan salah satu sumber protein yang sehat dan dapat memenuhi semua kebutuhan protein harian.

Seperti yang Anda ketahui bahwa protein ini bisa dapat menggantikan karbohidrat yang diubah menjadi energi serta memiliki fungsi untuk membangun dan juga memelihara struktur yang ada didalam tubuh.

2. Mencegah Keroposnya Tulang

Tulang memang bisa memasuki masa keropos pada saat Anda memasuki usia lanjut. Untuk itu, daging ayam ini bisa membantu Anda untuk melawan pengeroposan tulang serta dapat mencegah penyakit yang memang berhubungan langsung dengan persendian.

Untuk itu, jika Anda tidak ingin hal ini terjadi maka tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi daging ayam secara rutin.

3. Sangat Baik Untuk Kesehatan Jantung

Selanjutnya mengkonsumsi daging ayam secara rutin memang sangat baik untuk kesehatan tubuh salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung.

Hal ini dikarenakan jika Anda makan daging ayam maka akan dapat membantu mengendalikan serta menekan kadar homosistein dan juga dapat melindungi jantung Anda dari berbagai macam penyakit kardiovaskular.

Bagian Apa Saja Yang Harus dihindari?

Semua bagian ayam memang sangat enak dan lezat terlebih lagi jika diolah dengan resep ayam sesuai dengan kesukaan Anda.

Namun, sebagai informasi yang bermanfaat untuk Anda mengenai hal ini maka ada beberapa bagian dari ayam yang tidak boleh sering untuk Anda konsumsi.

 1. Bagian Kepala Ayam

Kepala ayam ini biasanya dijadikan atau dicampur kedalam olahan sup. Cita Rasanya yang nikmat tentu akan membuat orang ketagihan jika sudah mencicipinya.

Namun, tahukah Anda jika Anda sering sekali mengkonsumsi kepala ayam yang berlebihan maka ini tidak baik untuk kesehatan Anda. Hal ini dikarenakan pada dasarnya sebagian para peternak biasanya memberikan makan ayam dengan mencampur zat-zat kimia yang memang mengandung logam.

Jadi, kandungan logam ini secara kelamaan akan dapat menumpuk pada bagian otak ayam tersebut. 

2. Leher

Leher ayam ini juga menjadi salah satu favorit para pecinta ayam. Namun, jika Anda mengkonsumsi banyak bagian leher maka dapat memicu munculnya kelenjar getah bening yang nantinya berbentuk seperti benjolan kecil.

3. Ceker

Berikutnya yaitu ceker. Bagian ayam satu ini juga sangat disukai oleh orang. Namun, tahukah Anda bahwa ceker ayam yang memang diternakan dengan secara modern sebenarnya sudah tidak aman lagi untuk dikonsumsi.

Hal ini dikarenakan ayam-ayam tersebut telah dikembangbiakan dengan cara ditambahkan suntikan zat-zat kimiawi salah satunya melalui ceker pada ayam tersebut.

Untuk itu, apabila Anda khususnya kaum hawa yang mengkonsumsi ceker secara berlebihan maka dapat beresiko terjangkitnya penyakit seperti kista coklat (endometriosis), kanker rahim, kanker serviks dan juga kanker payudara.

Untuk itu, pada dasarnya ayam ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan dapat diolah dengan berbagai macam resep ayam yang enak.

Namun, mengkonsumsi ayam dengan bagian-bagian tertentu seperti kepala, leher dan ceker secara berlebihan memang tidak baik. Oleh sebab itu, hal seperti ini bisa diperhatikan lagi dengan sebaik mungkin.

1. Resep Ayam Pop

Resep ayam pop– Hidangan Ayam tidak dipungkuri menjadi salah satu hidangan favorite oleh sebagian dari masyarakat Indonesia. Keragaman suku dan geografis menghasilkan keragaman bahasa, budaya dan tentunya makanan dari tiap daerah di Indonesia.

Salah satu olahan ayam yang akan kita bahas adalah olahan ayam yang berasal dari provinsi sumatera barat atau padang. Yup Ayam pop.

Mungkin kalian juga sudah tidak asing karena ayam pop dapat anda jumpai pada warung padang disekitar anda tidak usah jauh jauh pergi ke padang dulu ya bunds.

Yuk langsung aja kita share cara membuat ayam pop

Resep ayam pop
img source: sajiansedap.grid.id

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung, bersihkan, lepas kulitnya, potong-potong
  • 400 ml air kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 ruas jahe, geprek
  • 1 batang serai, geprek
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • minyak goreng

bumbu halus :

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt garam

Sambal :

  • 10 buah cabe merah
  • 5 buah cabe rawit
  • 6 siung bawang merah
  • 1 buah tomat merah
  • air jeruk nipis
  • air hangat
  • garam dan gula secukupnya

Cara membuat ayam pop:

1.Blender semua bahan bumbu halus.

2. Setelah semua bahan bumbu halus tercampur seempurna lumuri daging ayam, diamkan hingga 1-2 jam agar bumbu meresap sempurna.

2. Rebus daging ayam dengan air kelapa, daun salam, daun jeruk, jahe, serai dan lengkuas hingga daging ayam empuk dan matang dan kuah mengering. Angkat dan tiriskan.

3. Goreng daging ayam dalam minyak panas sebentar saja, lalu angkat dan tiriskan.

4. Rebus cabe, bawang dan tomat hingga lunak lalu haluskan bersama garam dan gula. Tumis dengan sedikit minyak hingga harum, beri air secukupnya, tambahkan pete jika suka. Kemudian angkat dan beri air jeruk nipis.

5. Sajikan Ayam pop bersama sambal khasnya.

2. Resep Ayam Teriyaki

Resep Ayam Teriyaki– Teriyaki pada dasarnya adalah saus khas Jepang yang memiliki cita rasa yang manis. Saus ini bisa kita dapatkan dengan sangat mudah dari pasar tradisional sampai dengan supermarket.

Saus ini merupakan salah satu saus yang sering digunakan pada setiap masakan, cita rasa yang manis membuat banyak orang menyukainya.

Pada umumnya, saus teriyaki digunakan dalam memasak daging sapi atau pun daging ayam

Mungkin anda di rumah berkeinginan membuat ayam teriyaki dengan cita rasa seperti ayam teriyaki ala hoka hoka bento.

Nah, Cara memasaknya sebenarnya tidaklah sulit seperti yang anda perkirakan. Bahan utama yang digunakan untuk membuat ayam teriyaki adalah dada ayam filet. Sedangkan untuk bahan sausnya, dibutuhkan bahan-bahan seperti kecap manis, kecap asin, dan saus teriyaki.

Paduan rasa manis serta gurihnya ayam sangat cocok untuk disantap untuk keluarga anda dirumah. Yuk langsung aja ke cara membuatnya:

Resep AyamTeriyaki

Bahan-bahan

  • Dada fillet ayam – 200 gram
  • Air jeruk nipis – 1 sdm
  • Garam –secukupnya
  • Margarin – 3 sdm
  • Bawang bombay, iris panjang – 1/2 butir
  • Bawang putih, memarkan kemudian cincang halus – 1 siung
  • Garam – 1/4 sdt

Bahan saus:

  • Saus teriyaki – 3 sdm
  • Kecap manis – 2 sdm
  • Kecap asin – 1 sdm
  • Gula palem – 1 sdm
  • Merica bubuk – 1/2 sdt
  • Air jahe, dari seruas jahe yang diparut lalu diuras – 1 sdt
  • Air – 50 ml

Cara membuat ayam teriyaki:

  1. Lumuri dada ayam dengan perasan air jeruk nipis dan sejumput garam. Lalu diamkan selama 30 menit dalam kulkas. Sisihkan.
  2. Campurkan semua bahan bahan saus dalam wadah lalu aduk hingga merata.
  3. Panaskan 2 sdm margarin di wajan anti lengket atau teflon.
  4. Masak fillet ayam dan bolak balik hingga kedua sisinya berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat lalu sisihkan
  5. Panaskan kembali 1 sdm margarin. Masukkan bawang Bombay dan bawangputih, tumis hingga harum.
  6. Masukkan bahan saus yang sebelumnya sudah tercampur rata. Aduk hingga saus mendidih.
  7. Masukkan ayam yang sebelumnya sudah disisihkan kemudian masak hingga semua bumbu meresap dan kuahnya mengental. Gunakan api kecil agar ayam matang sempurna.
  8. Angkat ayam lalu sisihkan
  9. Sajikan ayam bersama nasi putih dan brokoli rebus (sesuai selera).


3. Resep Ayam Betutu khas Bali

Resep ayam betutu khas bali– Makanan khas dari Bali dengan cita rasa pedas dan gurih menjadi menu favorit menu makanan warga setempat dan tentu saja jadi daya tarik bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tidak lengkap rasanya pergi berlibur ke bali tidak mampir dan menyantap hidangan Ayam betutu ini. Nah bagi Bunda, sekarang tidak usah jauh jauh harus pergi ke Bali. Bunda bisa membuat menu makanan ini sendiri dirumah.

Yuk langsung aja ke caara membuatnya.

Resep ayam betutu
Img source: https://balicultureinformation.files.wordpress.com

Bahan-bahan

  • Ayam jantan – 1 ekor (Bisa mengganti ayam jantan dengan  ayam kampung sesuai selera)
  • Jeruk nipis – 1 buah
  • Daun singkong – 1 ikat
  • Daun pisang untuk membungkus – secukupnya

Bumbu halus:

  • Bawang merah – 15 siung
  • Bawang putih – 8 siung
  • Cabe merah, buang bijinya – 2 biji
  • Cabe rawit – 8 biji
  • Kemiri – 6 butir
  • Ketumbar – 1 sdt
  • Lada putih – 1/2 sdt
  • Lada hitam – 1/2 sdt
  • Jahe – 4 cm
  • Lengkuas – 3 cm
  • Kencur – 3 cm
  • Kunyit – 5 cm
  • Terasi – 1 sdt
  • Daun jeruk – 6 lembar
  • Daun salam – 4 lembar
  • Serai, memarkan – 3 tangkai
  • Garam – 2 sdt
  • Gula – 1/2 sdt
  • Bahan pelengkap:
  • Sambal matah – secukupnya

Caara membuat ayam betutu:

  1. Pertama bersihkan daging ayam dengan air yang mengalir.
  2. Siapakan  air perasan jeruk nipis lalu lumuri ke seluruh bagian ayam hingga merata. SIsihkan.
  3. Rebus daun singkong hingga empuk. Peras airnya kemudian potong-potong. Sisihkan.
  4. Masukan semua bahan bahan bumbu halus keblender lalu haluskan hingga tercampur merata.
  5. Tumis bumbu halus hingga tercium aroma wangi. koreksi rasanya, lalu Sisihkan. (Jangan ragu memasukkan banyak garam karena rasa asinnya akan banyak berkurang akibat dikukus)
  6. Ambil sedikit bumbu halus, campurkan dengan singkong dalam satu wadah. Aduk hingga merata.
  7. Ambil ayam dan lumuri seluruh badannya dengan bumbu halus hingga ke dalam perut ayam.
  8. Masukkan daun singkong berbumbu ke dalam perut ayam hingga penuh. Tutup perutnya dengan mengaitkan ekornya menggunakan tusuk gigi.
  9. Ambil daun pisang dan tumpuk beberapa daun pisang (berlapis-lapis) menjadi satu. Taruh ayam di atas daun pisang. Bungkus sedemikian rupa hingga benar-benar rapat. Sematkan di beberapa bagian menggunakan tusuk gigi. (Daun pisang yang digunakan untuk membungkus ayam sebaiknya berlapis-lapis hingga tebal, agar tidak bocor)
  10. Kukus ayam selama kurang lebih 2 jam dengan api kecil. Angkat.
  11. Siapkan bakaran atau bisa juga menggunakan wajan datar anti lengket. Bakar ayam (dalam kondisi masih terbungkus daun pisang) di atas bara api selama kurang lebih 20 menit. Angkat. (Bisa mengganti kukus dengan metode oven. Jika menggunakan oven, ayam bisa dipanggang selama kurang lebih 3-4 jam dengan suhu 180°C. Nyalakan api atas saja untuk 1 jam terakhir pemanggangan)
  12. Ayam betutu siap disajikan


4. Resep Ayam Woku

Resep ayam Woku– Apakah Bunda pernah mendengar atau mencoba Ayam Woku?

Mungkin hidangan ini masih terdengar asing bagi bunda, nah kalo belum tahu berati bunda kurang jauh nih wisata kulinernya 🙂

Ayam woku itu berasal dari minahasa Sulawesi Utara. Pada mulanya, masyarakat setempat menggunakan daun woka sebagai alas saat mengolah masakan ini.

Yuk langsung aja simak cara membuat Ayam woku ini

Resep ayam woku
img: id.tastemade.com

Bahan-bahan

  • 1 ekor Ayam, potong 8
  • 2 buah Jeruk nipis
  • 1 batang serai, iris
  • 4 lembar Daun jeruk, iris
  • 2 buah Tomat
  • 1 ikat Daun Kemangi
  • 2 batang Daun Bawang
  • 1 lembar Daun Kunyit
  • 1 lembar Daun Pandan
  • 1 sdt Garam
  • 1 sdt Lada hitam
  • 1 sdm Gula
  • 5 buah Cabai rawit merah
  • 5 butir Bawang merah
  • 1 ruas Kunyit
  • 2 ruas Jahe
  • 2 butir Kemiri sangrai

Cara membuat ayam woku

  1. Haluskan cabai rawit merah,bawang merah, jahe, kunyit, kemiri dan sedikit air.
  2. Panaskan 3 sdm minyak lalu masukkan ayam dan bumbu yang telah dihaluskan tadi. Tambahkan iris daun jeruk, serai, daun pandan, daun kunyit, tomat dan air. Aduk rata, masak hingga mendidih.
  3. Bumbui dengan garam, gula dan merica. Tambahkan perasan jeruk nipis, daun kemangi dan daun bawang. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Angkat lalu Sajikan

5. Resep ayam asam manis

Resep ayam asam manis– Berbahan baku saos tomat menjadikan hidangan ini dominan rasa manis dan sedikit asam. Oleh karena itu hidangan ini sangat populer sekali bagi kalian yang tidak menyukai pedas.

Pedas biasanya identik dengan makanan orang remaja dan dewasa dan anak kecil cenderung tidak menyukai makanan yang pedas.

Nah hidangan ini bisa jadi solusi bunda untuk si kecil dirumah. Yuk langsung aja bund kita buat ayam asam manisnya:

Resep ayam asam manis
img: IG:@trieko_ok

Bahan-bahan    

  • 300 gr fillet ayam,potong kotak
  • 1 btr telur
  • 100 gr tepung terigu
  • 1 sdm butter utk menumis
  • 1 bh bwg bombay, potong kotak
  • 1 bh paprika, potong kotak
  • 2 btg daun bawang,potong kira2 3 cm
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm minyak wijen

Cara membuat ayam asam manis:

  1. Lumuri ayam dengan telur dan tepung terigu.
  2. Goreng ayam yang sudah dilumuri telur dan tepung terigu sampai matang,angkat lalu tiriskan
  3. Panaskan butter atau mentega,tumis potongan bawang bombay sampai harum.
  4. Masukkan paprika dan ayam goreng
  5. Tambahkan bumbu bumbu. koreksi rasa. Masak hingga matang.
  6. Terakhir masukkan irisan daun bawang
  7. Ayam asam manis siap disantap

6. Resep Ayam Lada Hitam Sederhana

Resep ayam lada hitam sederhana– Siapa yang suka pedas? Nah hidangan kali ini dasarnya memiliki cita rasa yang pedas. Yaiyalah namanya aja sudah lada hitam 🙂

Nah bunda bisa melakukan variasi membuat hidangan ayam yang gitu gitu aja dengan ayam lada hitam ini. Semoga suka ya bunds dengan resepnya:

Resep ayam lada hitam
IG:@qhiqhio

Bahan-bahan    

2porsi

  • Ayam fillet 300gr
  • 1/2 biji Bawang bombai
  • 3 biji Bawang putih
  • 1 cabe merah besar
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 1/2 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap inggris
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdt madu
  • 1 sdt lada hitam bubuk halus
  • 1/2 sdt lada hitam bubuk kasar
  • 1 sdt tepung maizena
  • Jeruk nipis
  • Margarin
  • Garam secukupnya

Cara membuat ayam lada hitam:

  1. Setelah bersih peraskan jeruk nipis pada fillet ayam, diamkan 5 menit lalu cuci.
  2. Panaskan margarin, lalu masukkan bawang bombai dan bawang putih, tumis hingga harum. Setelah itu masukkan ayam fillet.
  3. Masukkan bahan-bahan cair (minyak wijen, kecap inggris, kecap manis, saus tiram, madu), lada hitam bubuk.
  4. Beri sedikit air pada tepung meizena, dan tuanhkan pada bahan-bahan yang sudah ditumis. Tunggu sebentar hingga meresap.
  5. Hidangkan bersama nasi hangat

7. Resep Ayam Semur Kentang

Resep Ayam Semur kentang– Sepertinya memang tidak pernah salah ya bunds sajian semur ayam kentang dengan nasi putih hangat?

Rasa manis dari kecap dan gurih dari ayam membuat sajian ini menjadi salah satu sajian yang mungkin tidak pernah terlewat dalam list menu makanan bunda dirumah dalam seminggu. Benar kan bund? 🙂

Yuk langsung aja membuat ayam semur kecap kentang ini:

Resep ayam semur
img: sajiansedap.grid.id

Bahan

  • 1/2 kilogram ayam
  • 2 bh kentang; potong-potong
  • 5 bh bawang merah
  • 3 bh bawang putih
  • 4 bh cabai
  • 2 lbr daun salam
  • 2 lbr dau jeruk
  • 1 btng sereh
  • 1/2 ruas jahe
  • 1/2 ruas lengkuas
  • 1 bh ketumbar
  • 2 btng seledri
  • 1 sendok teh garam dan gula merah
  • 4 sendok kecap manis
  • Garam secukupnya

Cara memasak semur ayam kentang:

  1. Cuci bersih ayam dan kentang dengan air mengalir
  2. Siapkan air untuk merebus ayam dan kentang. Rebus di dua panci yang berbeda ya bunds.
  3. Kira kira sudah matang angkat ayam dan kentang, untuk air kaldu ayam rebusan jangan dibuang ya.
  4. Tumbuk cabai, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe dan lengkuas. ( Bisa juga menggunakan blender)
  5. Tumis bumbu dan tambahkan daun jeruk, daun salam, sereh. Aduk-aduk sampai tercium wangi harum
  6. Tambahkan gula merah, garam, kecap; sedikit demi sedikit masukan kaldu ayam.
  7. Kemudian masukan ayam dan kentang. Aduk-aduk sampai bumbu meresap dan ayam matang.Koreksi rasa
  8. Tadaa resep ayam semur siap dihidangkan.


8. Resep Ayam Saus Tiram Sederhana

Resep ayam saus tiram sederhana– Nah sajian yang sangat mudah dan cepat bunda bisa masak dirumah. Perpaduan cita rasa gurih ala seafood dari seafood dan gurih dari ayam membuat sajian ini memiliki fans tersendiri.

Bunda bisa kreasi dengan menambahkan bubuk cabai atau paprika untuk yang suka pedas.

Yuk langsung aja ke cara membuatnya:

Resep ayam saus tiram
img: sajiansedap.grid.id

Bahan-bahan

  • Ayam, potong – 1/2 ekor
  • Jeruk nipis, peras airnya – 1/2 butir
  • Bombay, iris memanjang – 1 siung
  • Bawang putih, haluskan – 5 siung
  • Jahe, memarkan – 1 iris
  • Cabe merah, iris – 2 buah
  • Saus tiram – 4 sdm
  • Saus sambal – 2 sdm
  • Kecap manis – 3 sdm
  • Air – 100 ml
  • Lada bubuk – 1/2 sdt
  • Garam – 1 sdt
  • Gula – 1/2 sdt

Cara membuat ayam saus tiram

  1. Cuci bersih ayam lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis.
  2. Panaskan minyak. Goreng ayam sampai setengah matang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  3. Tumis bawang putih, bombay, jahe, dan cabe sampai harum.
  4. Inilah kunci dari rasanya yaitu saus tiram. Beri saus tiram, saus sambal, kecap manis, dan air. Aduk hingga rata.
  5. Masukkan ayam. Beri lada, gula, dan garam. Aduk rata. Koreksi rasanya. Masak sampai kuah mengental. Angkat.
  6. Siap disajikan.


9. Resep Ayam Kungpao

Resep Ayam Kungpao– Makanan yang memiliki nama ala ala oriental ini memang awalnya ya adaptasi dari hidangan dari negara tiongkok. Pada resep aslinya menggunakan aneka bahan yang cukup jarang kita gunakan di Indonesia apalahi rumahan seperti arak beras, cuka khas Tiongkok, saus hoisin, serta merica Sichuan.

Namun jangan khawatir bunda dapat membuatnya sendiri dirumah dengan modifikasi ala indonesa ataupun sesuai selera keluarga Bunda.

Yuk langsung aja ke cara membuatnya.

Resep ayam kungpao
img: cleaneatingmag.com

Bahan-bahan

Bahan 1:

  • Daging ayam, potong dadu – 300 gram
  • Kecap asin – 1 sdm
  • Merica – 1/3 sdt

Bahan 2:

  • Bawang putih – 4 buah
  • Bawang bombay – 1/2 buah
  • Cabe merah kering – 8 buah
  • Jahe, memarkan – 1 ruas
  • Daun bawang, iris kasar – 1 batang
  • Kacang mede, goreng – 50 gram
  • Air kaldu – 120 ml
  •  Tepung maizena yang telah dilarutkan dengan kurang lebih 5 sdm air – 1 sdt
  • Minyak untuk menumis – 3 sdm

Bahan Saus:

  • Minyak wijen – 1 sdm
  • Kecap asin – 1 sdm
  • Kecap manis – 2 sdm
  • Kecap ikan – 1 sdm
  • Saus tiram – 1 sdm
  • Saus tomat – 1 sdt
  • Arak masak (opsional) – 1 sdt
  • Gula – 1/2 sdt
  • Garam – 1/3 sdt
  • Merica bubuk – 1/4 sdt

Cara membuat ayam kungpao

  1. Bahan 1: Campur semua bahan jadi satu dan diamkan kurang lebih 15 menit. Lalu goreng hingga kuning kecoklatan dan tiriskan.
  2. Bahan saus: Dalam satu wadah, campur semua bahan hingga rata. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan jahe hingga harum. Tambahkan cabai kering lalu aduk rata.
  4. Masukkan bahan saus, aduk kembali. Tambahkan air lalu masak hingga mendidih.
  5. Masukkan ayam yang sudah digoreng, aduk rata.
  6. Tuang larutan tepung maizena, aduk rata.
  7. Matikan api, baru masukkan daun bawang dan kacang mede. Apabila Anda tidak memilki kacang mede bisa gunakan kacang tanah.
  8.  Aduk kembali semuanya hingga tercampur rata. Angkat.
  9. Siap disajikan.

10. Resep Ayam Yakiniku ala Hokben

Resep Ayam Yakiniku ala Hokben– Siapa sih yang tidak kenal dengan masakan jepang hokben? Munkin sebagian besar dari keluarga bunda sudah pernah membelinya. Cita rasa yang sangat enak membuat hok ben menjadi salah satu restoran favorit saat weekend.

Dari sekian banyak menu bundamimi akan sharing cara membuat sajian ayam yakiniku ala hokben, Yuk langsung coba buat bunds.

Resep ayam yakiniku
img: cookpad.com

Bahan ayam Yakiniku

  • 200 gram ayam fillet,lalu dipotong kotak
  • 1/2 buah bawang bombay,lalu diiris panjang
  • 1/2 buah paprika hijau,lalu dipotong kotak
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 siung bawang putih,digeprek lalu dicincang halus
  • 1 cm jahe,lalu dicincang halus
  • 2 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh kecap manis
  • 50 ml air kaldu ayam
  • 1/2 sendok teh minyak wijen

Cara membuat ayam yakiniku

  1. Panaskan minyak pada wajan.
  2. Tumis bawang bombay hingga berubah warna dan keluar aroma
  3. Lalu masukan paprika hijau hingga harum
  4. Kemudian tambahkan ayam yang sudah di fillet dan sesuai dengan selera.
  5. Aduk hingga berubah warna menjadi warna kecoklatan
  6. Selanjutnya masukan kecap asin
  7. Lalu masukan jahe  yang sudah dicincang dan tambahkan gula pasir, bawang putih, kecap manis , kaldu ayam dan minyak wijen .
  8. Aduk hingga merata dan meresap. Lalu koreksi rasa.
  9. Apabila rasa sudah pas angkat lalu sajikan.

11. Resep Ayam Hainan Gurih

Resep ayam Hainan Gurih– Satu lagi sajian oriental yang familiar berada di Indonesia. Ayam hainan ini memilki nama sesuai dengan asal dari tempatnya populer yaitu provinsi Hainan di China. namun makanan ini tidak hanya tekenal di china saja melaikan kawasan asia tenggara dan sekitarnya.

 Karakteristik masakan ini adalah dari ayam itu sendiri yang rasanya sudah sangat powerfull, air kaldunya dan pastinya nasi hainan yang selalu di sandingkan dengan menu makanan ini.. Untuk menghasilkan masakan ayam hainan seperti pada restauran pilihlah ayam negeri yang segar, cukup besar dan cukup tua untuk mendapatkan daging yang tebal, tidak mudah hancur, dan kaya lemak.

Resep ayam hainan
img: adelaidefoodcentral.com

Bahan-bahan

  • Ayam bagian paha, belah 2 – 1/2 ekor
  • Air perasan jeruk nipis – 1 sdt
  • Air – 800 ml
  • Bawang bombay, potong dadu besar – 1 buah
  • Bawang putih – 3 siung
  • Daun bawang, ikat – 1 batang
  • Seledri, ikat – 1 tangkai
  • Jahe, memarkan – 1 cm
  • Minyak wijen – 1 sdt
  • Garam – 1 sdt
  • Merica – 1/4 sdt

Nasi:

  • Beras – 150 gram
  • Air kaldu, hasil rebusan ayam – 225 ml
  • Jahe, memarkan – 1 cm
  • Minyak wijen – 1/4 sdt

Saus:

  • Air kaldu ayam – 3 sampai dengan 5 sdm
  • Kecap asin – 1 sdm
  • Minyak wijen – 1/2 sdt
  • Cabai rawit merah, iris – 1 buah
  • Cabai rawit hijau, iris – 5 buah

Cara membuat ayam hainan:

  1. Cuci bersih ayam lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis. Pijat-pijat sebentar lalu bilas kembali dengan air.
  2. Masukkan semua bahan untuk membuat ayam hainan ke dalam panci. Masak selama 45 menit hingga kaldu ayam keluar. Matikan api.
  3. Siapkan saringan yang sangat kecil lalu saring air kaldu.
  4. Air kaldu tersebut bisa digunakan untuk memasak nasi, membuat saus, dan sebagai kuah pendamping saat penyajian.
  5.  Potong-potong ayam yang telah selesai direbus menjadi beberapa bagian. (Jika kurang suka dengan ayam rebus, ayam hainan ini bisa dioles lagi dengan minyak wijen lalu panggang sebentar sampai kecoklatan.
  6. Nasi: Cuci bersih nasi. Masukkan semua bahan untuk membuat nasi ke dalam rice cooker dan masaklah nasi seperti biasa hingga matang.
  7. Saus: Campur semua bahan saus jadi satu. Aduk rata.
  8. Tata nasi dan ayam di piring. Sajikan bersama saus dan kuah kaldu. Siap disajikan.

12. Resep Ayam Pok Pok

Resep Ayam Pok Pok– Menu makanan yang awalnya banyak menyebut ayam popcorn karena proses pembuatanya yang berasal dari daging ayam fillet lalu dipotong menjadi kecil kecil lalu dibalur dengan tepung crispy. Lalu setelah matang bentuknya mirip dengan pop corn. Oleh karena itu dari kata pop corn lahir lah istilah kekinian menjadi pok pok 🙂

Resep ayam pok pok
img: IG:dhilasina

Bahan-bahan

  • Daging ayam bagian paha, potong-potong – 300 gram
  • Saus tiram – 1 sdm
  • Bawang putih bubuk – 1/2 sdt
  • Lada bubuk – 1/2 sdt
  • Minyak, untuk menggoreng – secukupnya

Pencelup:

  • Putih telur – 2 butir

Pelapis Kering:

  • Tepung terigu – 250 gram
  • Tepung maizena – 2 sdm
  • Bawang putih bubuk – 2 sdt
  • Garam – 1 sdt
  • Lada bubuk – 1/4 sdt
  • Kaldu bubuk – 1 sdt

Cara membuat ayam pok pok:

  1. Cuci bersih daging ayam dengan air mengalir, dan pastikan daging ayam sudah bersuhu ruangan ketika akan diolah agar ayam bisa matang merata sampai bagian dalam
  2. Setlah itu siapkan wadah, campur daging ayam dengan saus tiram, bawang putih bubuk, dan lada bubuk. Aduk rata dan diamkan minimal selama 30 menit. Sisihkan.
  3. Dalam wadah, campur semua bahan pelapis kering lalu aduk rata dan sisihkan. Siapkan juga bahan pencelup dalam wadah tersendiri dan sisihkan.
  4. Panaskan banyak minyak.
  5. Gulingkan daging ayam ke dalam bahan pelapis kering, lalu celupkan dalam bahan pencelup. Gulingkan kembali dalam bahan pelapis kering.
  6. Goreng ayam dalam minyak panas dengan api sedang-kecil hingga berubah kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Tadaan Ayam pok pok siap disajikan dengan saus sambal ataupun bumbu tabur favorit Anda

13. Resep Ayam Rendang Enak

Resep Ayam Rendang Enak– Lazimnya apabila kita mendegar kata rendang adalah daging bukan? Eitts kali ini kita tidak membuat rendang dengan bahan baku daging melainkan dengan bahan baku ayam.

Emang enak ya kalo diganti ayam? Wohhh enak dong tentunya. Yuk langsung aja kita membuat kreasi rendang ayam ini

Resep ayam rendang
img: IG:@tiyarahmatiya

Bahan-bahan

  • Ayam, potong jadi 10 bagian – 1 kg
  • Kelapa parut, sangrai lalu tumbuk sampai halus – 100 gram
  • Serai – 3 batang
  • Lengkuas, memarkan – 3 cm
  • Daun salam – 3 lembar
  • Daun jeruk – 5 lembar
  • Daun kunyit – 1 lembar
  • Kayu manis – 3 cm
  • Cengkeh – 2 butir
  • Asam kandis – 2 butir
  • Garam – 2 sdt
  • Gula – 1 sdt
  • Santan – 1 liter
  • Minyak, untuk menumis – secukupnya

Bumbu Halus:

  • Bawang putih – 6 siung
  • Bawang merah – 7 buah
  • Cabai merah keriting – 20 buah
  • Kemiri – 4 buah
  • Jahe – 3 cm
  • Kunyit – 3 cm
  • Lada bubuk – 1/2 sdt
  • Ketumbar bubuk – 1/2 sdt
  • Pala bubuk – 1/2 sdt

Cara membuat ayam rendang:

  1. Cuci bersih ayam dengan menggunakan air yang mengalir dan buang semua lemaknya agar rendang tidak berbau anyir saat selesai dimasak,
  2. Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Masukkan serai, lengkuas, semua rempah daun, kayu manis, cengkeh, dan asam kandis. Aduk rata.
  4. Masukkan ayam, garam, dan gula. Aduk rata dan masak hingga ayam berubah warna.
  5. Tuangkan santan sedikit demi sedikit. Aduk rata dan masak hingga airnya surut.
  6. Masukkan kelapa sangrai. Aduk rata dan masak kembali hingga mendidih. Angkat.

14. Resep Membuat Ayam Nugget yang Mudah

Resep Membuat Ayam Nugget yang Mudah– Resep terkadang untuk menyiapkan makanan untuk keluarga dan buah hati memang sangat malas karena harus memasak dan menyiapkan bahan ini itu. Ada alternatif lain seperti makanan cepat saji namun memilki bahan pengawet. Nah bagaimana kalo kita membuat makanan cepat saji sepeti ayam nugget sendiri jadi tanpa bahan pengawet tentunya. Yuk bunds kita buat ayam nugget.

Resep ayam nugget
img: sooperchef.pk

Bahan-bahan

  • Dada ayam, giling – 250 gram
  • Wortel besar, serut halus – 1 buah
  • Telur, kocok lepas – 2 butir
  • Bawang bombay, cincang – 1 butir
  • Bawang putih, haluskan – 3 siung
  • Tepung sagu – 3 sdm
  • Tepung terigu – 1 sdm
  • Kaldu ayam bubuk – 1 sdt
  • Merica – 1/4 sdt
  • Gula pasir – 1/2 sdt
  • Garam – 1 sdt

Pelapis:

  • Telur, kocok lepas – 2 butir
  • Tepung maizena – secukupnya
  • Tepung panir orange – secukupnya

Cara membuat ayam nugget:

  1. Campur semua bahan dan bumbu. Aduk hingga rata.
  2. Siapkan loyang yang telah dialasi plastik tebal (tahan panas) dan dioles sedikit minyak.
  3. Tuang adonan nugget ke loyang. Kukus selama 30 menit hingga matang. Keluarkan loyang dan dinginkan.
  4. Keluarkan nugget dari loyang dan potong-potong sesuai selera.
  5. Siapkan semua bahan pelapis. Gulingkan nugget ke tepung maizena, celup ke kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung panir sambil ditekan-tekan agar panir melekat sempurna.
  6. Simpan nugget di kulkas selama 15-20 menit agar panir menempel pada adonan.
  7. Panaskan banyak minyak. Goreng nugget hingga matang berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  8. Siap disajikan.


15. Resep Ayam Rebus

Resep Ayam Rebus– Daging ayam merupakan sumber lemak bagi tubuh Anda. Apabila Anda ingin santapan sehat seperti tidak menggunakan minyak maka ayam rebus inilah menjadi solusinya. Selain itu menu makanan ini juga sangat tepat Anda gunakan saat sedang program diet.

Resep Ayam Rebus
img: sajiansedap.grid.id

Bahan-bahan

  • Ayam kampung, belah jadi 4 – 1 ekor
  • Jeruk nipis, ambil air perasannya – 1 buah
  • Bawang bombay, iris panjang – 1 buah
  • Jahe, iris tipis – 3 cm
  • Kecap asin – 1 sdm
  • Saus tiram – 1 sdm
  • Minyak wijen – 1 sdm
  • Garam – 2 sdt
  • Air – 1,5 liter

Saus:

  • Bawang putih, parut – 2 siung
  • Jahe, parut – 2 cm
  • Daun bawang, iris halus – 1 batang
  • Kecap asin – 1 sdm
  • Saus tiram – 1 sdm
  • Minyak wijen – 1 sdm
  • Garam – 1 sdt
  • Gula jawa sisir – 1 sdm
  • Maizena, larutkan dengan 3 sdm air – 2 sdt
  • Margarin – 1 sdt
  • Kaldu ayam – 400 ml

Pelengkap:

  • Daun bawang, iris panjang – 1 batang
  • Wortel, rebus lalu potong korek api – 1 buah
  • Bawang bombay, iris panjang – 1/2 buah
  • Wijen – 1 sdt

Cara membuat ayam rebus:

  1. Lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan 10 menit lalu bilas di air mengalir.
  2. Dalam panci, tuang 1,5 liter air. Masukkan ayam, bawang bombay, jahe, kecap asin, saus tiram, minyak wijen, dan garam. Tutup panci lalu masak hingga ayam empuk. Angkat ayam, tiriskan, dan sisihkan. Ambil air kaldu ayam sebanyak 400 ml dan sisihkan.
  3. Saus: Panaskan margarin. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan kecap asin, saus tiram, dan minyak wijen, kemudian aduk rata. Tuang air kaldu ayam dan bumbui dengan garam dan gula. Masak hingga mendidih. Masukkan daun bawang dan tuang larutan maizena. Aduk hingga mengental dan meletup-letup. Matikan api.
  4. Penyajian: Tata ayam kukus di atas piring saji. Beri bahan pelengkap di atasnya. Sajikan bersama sausnya.