15+ Menu Mpasi 6 Bulan Sederhana dan Sehat Untuk Perkembangan Bayi

Mpasi 6 bulan – Makanan Pendamping ASI atau Mpasi adalah jenis makanan pendamping untuk bayi yang usianya memasuki usia 6 bulan.

Ketika dalam masa ini, bayi tetap diharuskan memperoleh asupan utama gizi dari ASI. Dan pada saat usianya di atas 6 bulan, barulah bayi diijinkan untuk makan makanan pendamping.

Namun, sebagai orang tua, anda semuanya tidak boleh sembarangan di dalam memberikan MPASI untuk bayi di umur seperti ini.

Aturan pemberian makanan dengan tekstur padat untuk bayi baru diperbolehkan setelah bayi usianya sudah mencapai tepat 6 bulan.

Sedangkan untuk bayi yang usianya masih kurang dari 6 bulan, sebaiknya anda jangan memberikan makanan dengan tekstur padat atau jenis minuman lain, selain ASI untuk dijadikan sebagai makanan pokoknya.

Karena di saat usia awal kelahirannya tersebut, bayi mempunyai resiko lebih tinggi untuk terserang alergi dari pada usia setelahnya. Khususnya untuk jenis makanan yang berprotein tinggi.

Diantaranya seperti kacang-kacangan, telur, keju, ikan, susu sapi, dan lain sebagainya.

di lain sisi, saat usia sudah 6 bulan bayi harus memperoleh makanan tambahan. Makanan pendamping ASI bisa diberikan pada bayi anda di usia 6 bulan. Sebab, di usia ini proses pencernaan pada bayi sudah mulai sempurna.

Memberikan makanan pendamping ASI harus anda lakukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi sang bayi dan juga untuk mengenalkan jenis makanan selain ASI, dengan memberikanya makanan yang halus dan mudah untuk dicerna sang bayi.

Belajar mengunyah

Gizi Seimbang

Sumber energi utama adalah karbohidrat dan sumber energi lain adalah lemak dan protein. Proporsi asupan zat gizi yang mengandung energy ini harus seimbang, supaya dapat digunakan dalam tubuh secara sempurna. Yakni karbohidrat 50-60% lemak 10-25% dan protein 10-15%

Kebutuhan energi dari makanan pendamping Asi yang Anda harus penuhi

Energi merupakan zat gizi utama yang harus ada pada MP-ASI (Departemen Kesehatan RI, 2006).

Tabel 1. Kebutuhan Energi dari Makanan Pendamping ASI

Kebutuhan Protein Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Protein juga merupakan zat gizi utama selain energi yang Anda harus penuhi (Departemen Kesehatan RI, 2006).

Tabel 2. Kebutuhan Protein dari Makanan Pendamping ASI

Berapa banyak porsinya

Terkait ukuran porsi makan bayi dapat berbeda beda, porsinya dapat terus bertambah dari hari ke hari. 

Minggu pertama Anda bisa jadikan sebagai pengenalan Mpasi, tujuanya adalah agar buah hati Anda dapat beradaptasi dengan bentuk makanan.

Biarkan buah hati Anda yang menentukan berapa banyak makanan yang ingin ia makan. 

Umumnya bayi umur 6 bulan hanya bisa menghabiskan 2-3 sendok makannya pada awal pertama kali diberikan mpasi.

Secara bertahap berilah sedikit demi sedikit dahulu, kemudian tambahkan lagi bila buah hati Anda menghabiskan makanan yang anda siapkan. 

Apabila sudah mulai terbiasa, Anda bisa cukupi kebutuhan makannya dengan memberi bayi Anda makan 2-3 kali dalam sehari,

makanan yang mengandung tepung, sarat karbohidrat, dua kali buah dan sayur (pisang, sepotong kecil apel, jeruk, wortel atau buncis),

satu kali daging, ikan atau sumber nabati lainya (25 gram daging, ikan atau keju, 1 telur, 50 gram kacang hijau).

Jika bayi anda sudah memasuki usia 9-12 bulan, maka frekuensi pemberian makan dapat ditingkatkan menjadi 3-4 kali makan.

Tahapan pengenalan Mpasi

Sudah kita ketahui bersama bahwa pada usia 6 bulan lah Anda akan melakukan pengenalan terhadap makanan pendamping asi sebagai tambahan untuk memenuhi gizi harian buah hati Anda.

Karena pada dasarnya adalah karena untuk pemberian ASI saja hanya memenuhi sekitar 60-70% kebutuhan bayi.

Untuk itu bayi membutuhkan  makanan pendamping asi (MPASI).

Kebutuhan energi dari makanan sekitar 200 kalori/hari untuk bayi usia 6-8 bulan, 300 kalori/hari untuk usia 9-11 bulan dan 550 kalori/hari untuk anak usia 12-23 bulan.

Selain itu bila MPASI tidak segera diberikan, masa krisis untuk mengenalkan makanan padat yang memerlukan keterampilan mengunyah dikhawatirkan akan terlewati.

Bila ini terjadi, di kemudian hari bayi akan mengalami kesulitan untuk menelan makanan, atau akan menolak makan bila diberi makanan padat.

Berikut tahapan pemberian makanan bayi yang tepat:

Mulai Usia 6-7 Bulan

  • Tekstur makanan yang diberikan: Semi cair.
  • Mulailah dengan makanan lunak seperti biskuit yang diencerkan pakai air atau susu.
  • Berikan makanan yang cair dan jarang menimbulkan alergi seperti tepung beras.

Contoh porsi, 1 sendok teh tepung beras dilarutkan dengan 5 sendok teh asi atau susu formula.

Perkenalkan bubur susu dalam jumlah sedikit demi sedikit kira kira 1-2 sendok teh kepada buah hati Anda

Bubur susu sebaiknya dibuat sendiri dengan tepung beras merah, beras putih, havermut yang dicampur dengan asi atau sufor.

Untuk pengenalan rasa, selingi dengan kacang hijau, ubi kuning atau labu kuning

Mulai pemberian sayuran yang dihaluskan (pure). Sebaiknya perkenalkan sayuran terlebih dahulu.

Bila diperkenalkan buah terlebih dahulu yang umumnya memilki rasa manis, makan dikhawatirkan anak akan lebih menyukai buah dan tidak menyukai sayuran.

Pada tahap awal sayuran dan buah yang disarankan:

Timun jepang

Pisang, Pir, Alpukat, jeruk dan papaya.

Frekuensi pemberian makanan utama. 1-2 kali per hari. Dapat ditambah dengan makan selingan 1 hari, berupa biscuit atau pure buah.

Ide Resep Mpasi 6 Bulan Yang Praktis

Untuk lebih terjaminnya nutrisi yang terkandung dalam Mpasi untuk sang bayi,  sebaiknya jika makanan tersebut disiapkan sendiri di rumah.

Makanan yang anda buat sendiri di rumah dinilai lebih terjamin untuk masalah kesehatan dan higeinitasnya.

Karena bahan yang anda gunakan bisa terjamin bersih dan juga tidak dicampuri dengan tambahan bahan pangan yang lain.

Tak hanya itu saja, ada banyak variasi makanan yang bisa anda buat sendiri di rumah sesuai keinginan anda dan sesuai selera si kecil pastinya.

Supaya masalah kebersihannya bisa semakin terjaga dan nutrisinya juga tidak terbuang, sebaiknya terlebih dahulu cuci bersih bahan-bahan masakan anda.

Selanjutnya, juga perlu membersihkan peralatan memasak yang akan anda gunakan.

Akan lebih baik lagi jika sayuran dan buah yang akan anda masak itu termasuk sayuran dan buah organik yang bebas dari bahan kimia. Pastikan untuk selalu memberikan yang terbaik untuk buah hati anda tercinta.

Nah, berikut ini adalah Mpasi 6 bulan yang bisa anda buat di rumah untuk si kecil agar bisa cepat tumbuh dan berkembang;

1. Mpasi Bubur Wortel

img: lifegate.com

Wortel termasuk salah satu sayuran yang memiliki gizi tinggi yang dapat dijadikan sebagai pilihan MPASI untuk buah hati anda.

Di dalam wortel terdapat kandungan serat, vitamin C, kalsium, dan juga terdapat zat besi.

Wortel juga memiliki kandungan beta karoten yang sifatnya antioksidan. Baiknya lagi, juga terdapat vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata serta kulit, dan baik juga untuk pertumbuhan serta ketahanan bayi terhadap infeksi.

Maka dari itu, berikan sayuran wortel ini menjadi salah satu sayuran yang baik untuk Mpasi 6 bulan bayi anda.

Untuk mengolahnya anda juga tidak perlu bingung. Caranya sangat mudah, yang pertama yaitu kupas dan cuci wortel sampai benar-benar bersih.

Potong wortel dengan ukuran kecil-kecil. Selanjutnya kukus wortel yang sudah dipotong dengan menggunakan panci pengukus dengan air yang sudah mendidih. Kukus wortelnya sampai lunak, sekitar 15 sampai dengan  20 menit.

Cara lain, anda juga dapat merebus wortel pada air yang sudah mendidih. Selanjutnya, tiriskan wortel yang sudah lunak tersebut dan masukkan pada blender atau food processor, berikan sedikit air dan proses sampai benar-benar halus.  

Anda bisa menambahkan air dengan takaran yang anda butuhkan. Selagi masih hangat, anda bisa memberikan pada bayi anda.

2. Mpasi Dengan Buah Pisang

mpasi 6 bulan dengan pisang
img: tastetheislandstv.com

Salah satu buah yang sangat baik dijadikan sebagai makanan pendamping ASI atau Mpasi 6 bulan yaitu buah pisang.

Di dalam buah pisang terdapat kandungan nutrisi seperti halnya potasium, B6, B2, serta, vitamin C, serta ada beberapa kandungan mineral lainnya.

Pisang sudah dapat anda berikan kepada bayi pada saat usianya memasuki usia 4 bulan.

Akan tetapi, di dalam memberikannya pastikan dalam takaran yang sesuai dengan bayi anda. Sebab, konsumsi pisang yang berlebihan bisa mengakibatkan konstipasi.

Pisang termasuk jenis buah yang lembut serta mudah dicerna dan untuk menyajikannya juga sangat mudah. Anda bisa menyajikan pisang sebagai makanan pendamping yang lezat untuk si kecil.

3. Mpasi Bubur Pepaya

mpasi 6 bulan bubur pepaya
img: eatsmarter.com

Selain pisang dan wortel, buah pepaya ini juga bisa dijadikan sebagai makanan penamping ASI.

Sebab, di dalam buah pepaya ini terdapat kandungan serat dan asam folat yang banyak. Selain baik untuk kesehatan bayi, buah ini juga baik dikonsumsi untuk ibu yang sedang hamil serta ibu menyusui.

Walaupun serat pepaya baik untuk bayi, namun anda perlu memilihkan buah pepaya yang seratnya tipis.

Serat yang tipis baik sekali untuk perut bayi, jika yang seratnya agak kasar itu untuk orang dewasa.

Pilihlah buah pepaya yang paling matang, biasanya memiliki daging yang sudah kemerahan dan hindari memilih daging yang warnanya mendekati warna kuning, sebab biasanya yang kuning masih agak keras.

Potong pepaya dengan ukuran blok. Hancurkan pepaya sampai benar-benar halus.

Sebelum anda menaruhnya pada mangkok bayi, sebaiknya anda saring dengan menggunakan saringan untuk mencegah serat kasar supaya tidak masuk di dalam mangkok bayi.

Anda bisa mencampurnya dengan sedikit ASI untuk mengatur kekentalan puree pepaya.

4. Mpasi Bubur Alpukat

mpasi 6 bulan bubur alpukat
img: eatsmarter.com

Buah alpukat juga termasuk salah satu jenis buah yang juga baik untuk Mpasi 6 bulan sang bayi.

Alpukat sangat bermanfaat jika diberikan kepada buah hati anda.

Manfaat alpukat baik untuk bayi ini sebab adanya berbagai macam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, diantaranya seperti vitamin, mineral serta kandungan lemak sehat yang bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang dari bayi.

Itulah mengapa buah alpukat termasuk salah satu jenis makanan awal untuk dijadikan sebagai makanan pendamping yang telah dianjurkan.

Alpukat merupakan buah yang memiliki tekstur lembut yang alami. Buah ini sangat ideal dijadikan sebagai bubur atau puree untuk makanan pendamping bayi.

Pemberian alpukat untuk Mpasi 6 bulan sangat disarankan, sebab ada bermacam manfaat nutrisi di dalamnya.

Cara terbaik untuk menyajikan alpukat untuk bayi bisa dikatakan cukup mudah, maka dari itu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Mpasi sang bayi anda.

5. Mpasi Buah Pir

mpasi 6 bulan buah pir
img: .heinzbaby.co.uk

Berbagai macam jenis buah memang banyak sekali yang dapat dijadikan sebagai makanan pendamping ASI yang baik untuk bayi. Salah satu diantaranya yaitu buah pir.

Untuk memberikan kepada bayi, anda bisa memilih buah pir xiang lie untuk diolah menjadi puree atau bubur.

Sebab, jenis buah pir ini sudah cukup manis yang tidak perlu lagi diberikan tambahan gula.

Memang lebih baik jika bayi masih usia 6 bulan ini telebih dahulu tidak disarankan mengkonsumsi gula dan garam. Tujuannya yaitu supaya si bayi dapat belajar merasakan rasa alami dari buah yang dimakan tersebut.

Lalu, untuk proses penyajiannya juga masih sama saja dengan jenis buah yang lainnya.

Caranya yaitu anda bisa mengupas buah pir di bagian kulit hingga bersih, dan setelah itu buah pir bisa dihaluskan dengan menggunakan blender hingga benar-benar halus.

6. Mpasi Bubur Susu

mpasi 6 bulan bubur susu
img: rubrikita.com

Jika bayi anda sudah berusia 6 bulan, anda dapat memberikannya makanan pendamping dengan memberikan bubur susu.

Bubur susu bisa anda buat sendiri di rumah dengan mudah. Yaitu dengan bahan tepung beras merah dan juga diberikan tambahan susu.

Di dalam tepung beras merah ini lebih banyak mengandung nutrisi jika dibandingkan anda membuatkan bubur susu dengan menggunakan bahan dasar berupa beras putih.

7. Bubur Ubi Jalar

mpasi 6 bulan ubi jalar
img: parenting.firstcry.com

Menu MPASI yang baik diberikan untuk bayi anda selanjutnya yaitu dengan memberikan bubur ubi jalar.

Ubi jalar termasuk salah satu jenis bahan makanan sehat yang banyak terdapat kandungan kalsium, zat besi dan juga mengandung vitamin A, E, dan C yang sangat baik untuk membatu proses pertumbuhan.

Pengolahan ubi jalar ini mudah dan bisa dibuat bervariasi.

Untuk diberikan kepada bayi, sebaiknya ubi jalar direbus saja atau dibuat jadi bubur hingga benar-benar halus.

8. Mpasi Kacang Panjang

mpasi 6 bulan bubur kacang panjang
img: cookingformybaby.com

Tak hanya dengan memberikan buah-buahan untuk makanan pendamping bayi, anda semuanya juga dapat mencoba untuk memberikan makanan pendamping ASI dengan menggunakan bahan dasar sayuran berupa kacang panjang.

Harus anda ketahui, jika kacang panjang di dalamnya teredapat kandungan serat dan vitamin B.

Agar kacang panjang dapat mudah dicerna oleh bayi, sebaiknya anda membuat kacang tersebut menjadi bubur dengan bahan dasar kacang serta diberikan tambahan susu.

9. Mpasi Bubur Kentang

mpasi 6 bulan bubur kentang
img: bravocooking.com

Perlu anda ketahui, ternyata kentang juga bisa anda berikan pada bayi yang usia 6 bulan untuk memperkenalkan pada bayi anda dengan rasa gurih.

Cara mengolahnya sangat mudah. Yaitu, anda dapat menyajikan dengan terlebh dahulu merebus kentang hingga benar-benar lunak dengan menambahkan susu.

Selanjutnya, anda bisa menyajikannya pada mangkuk dan bubur bisa anda berikan kepada si bayi.

10. Mpasi Nasi Tim Bayi 6 bulan

mpasi nasi tim

Untuk Mpasi 6 bulan, anda bisa memberikan nasi tim pada bayi anda.

Untuk penyajian nasi tim ini juga sangatlah mudah, yaitu dengan bahan dasar seperti beras, santan serta garam secukupnya.

Guna menambah gizi pada bayi, anda semuanya dapat menambahkan sayuran diantaranya seperti bayam atau wortel serta ditambahakan ikan untuk dijadikan sebagai sumber nutrisi.

Bisa juga anda memberikannya bubur tim dengan bahan daging ayam.

Cara membuatnya pun juga sangat mudah. Masaklah beras dan daging ayam giling menggunakan air hingga berubah lunak dan menjadi bubur.

Setelah itu, anda bisa memasukan brokoli, bawang bombay, seledri serta mentega sampai benar-benar matang.

Ketika semuanya matang, anda bisa tunggu sampai bubur tim dingin atau keadaan hangat.

Terakhir, anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender dan siap untuk disajikan.

11. Mpasi Bubur Jagung Sayuran

mpasi 6 bulan bubur jagung sayuran

Menu Mpasi 6 bulan selanjutnya yaitu dengan memberikan bubur jagung,

Anda semuanya bisa mempersiapkan bahan berupa jagung manis. Setelah itu anda bisa menghaluskan dengan menggunakan blender.

Supaya nafsu makan bayi bisa bertamabah dan buburnya bisa terasa manis, anda semuanya dapat menambahkan saus. Caranya mudah, anda bisa merebus wortel dan tomat selanjutnya dihaluskan.

Jika tidak, anda bisa membuatkannya Mpasi bubur jagung sayuran bayam.

Bahan dasar untuk membuat bubur jagung bayam ini mudah, antara lain setengah jagung manis, 10 lembar daun bayam, serta air hangat.

Cara membuatnya terlebih dahulu anda kukus jagung dan bayam. Lalu, pisahkan jagung manis dari bonggolnya.

Haluskan jagung serta bayam dengan memakai blender dengan bersamaan. Tambahkan air secukupnya lalu saring.

12. Mpasi Bubur Kacang Hijau

mpasi 6 bulan kacang hijau
img: cookingbabyfood.com

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang terdapat banyak kandungan gizi yang baik untuk si kecil. Bahkan juga bisa membantu untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Maka dari itu, anda semuanya bisa mendukung tumbuh kembang bayi anda dengan memberikannya Mpasi berupa bubur kacang hijau.

Karena, kandungan vitamin A, C, Vitamin E, K, dan B-6, yang ada pada kacang hijau sangat bagus untuk menunjang kesehatan bayi.

13. Oatmeal Untuk Mpasi Berusia 6 Bulan

mpasi 6 bulan bubur oatmeal
img: momjunction.com

Apabila anda semuanya sedang memikirkan makanan yang terbaik untuk Mpasi bayi 6 bulan, sebaiknya anda bisa mencoba memberikannya oatmeal.

Oatmeal ini sangat ringan, bahkan lebih ringan dari pada nasi, dengan demikian dapat dicerna dengan mudah serta bisa memberi banyak energi. Maka dari itu, Mpasi oatmeal 6 bulan termasuk salah satu pilihan yang tepat.

Mpasi oatmeal  6 bulan juga bagus sekali untuk bayi dari pada beras. Kandungan seratnya yang lebih tinggi bisa menjadikan bayi aman dari sembelit.

Tak hanya itu saja, rasa oatmeal juga lebih ringan dari pada beras. Dengan demikian bayi bisa lebih  menyukainya.

Tak hanya itu, oatmeal juga mempunyai reaksi alergi paling sedikit untuk bayi dari pada dengan sereal atau jenis makanan pokok yang lainnya.

Ketika akan memasak anda dapat menghaluskan oatmeal sebelum dimasak sampai menjadi tepung.

Tepung oatmeal ini sebaiknya disimpan pada wadah yang tertutup supaya kedap udara.

Ketika memasak bubur oatmeal ini, pakailah ¼  cangkir oatmeal bersama dengan 1 sampai dengan 2 cangkir air.

Selanjutnya aduk supaya bubur tidak mengental. Tunggu sampai dingin, baru cairkan lagi menggunakan ASI maupun susu formula.

14. Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan dari Pure Kacang Merah

mpasi 6 bulan bubur kacang merah
img: cleanbabyfood.com

Terdapat berbagai macam jenis makanan yang dapat anda jadikan sebagai variasi menu MPASI 6 bulan bayi, salah satunya yaitu dengan kacang merah.

Perlu anda ketahui, jika kacang merah juga bisa diolah menjadi bubur yang pastinya kaya dengan nutrisi untuk si kecil.

Dalam semangkuk bubur kacang merah terdapat sekitar 225 kalori yang sebanding dengan 0,88 gram lemak, 15,35 gram protein, 713 mg kalium, serat 13,1 gram, 40,36 gram karbohidrat, dan juga  421 mg sodium.

Sebab kandungan nutrisi yang dimilikinya, maka kacang merah bisa dijadikan sebagai menu Mpasi bayi yang sangat baik untuk kesehatan si kecil.

Di dalam bubur kacang merah juga terdapat kandungan vitamin B1 yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi kognitif dari bayi.

Tingkat vitamin B1 bisa bermanfaat untuk membantu menyintesiskan asetilkolin, yang sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi serta daya ingat dari bayi anda.

Kacang merah juga memiliki kalsium yang bisa menjadikan tulang bayi akan lebih kuat. Kandungan yang ada tersebut juga bisa untuk menjaga kesehatan tulang serta sendi bayi.

Jika bayi anda menderita diabetes turunan, maka baik sekali jika mengkonsumsi kacang merah. Sebab, karbohidrat yang ada dalam kacang merah tidak begitu cepat diubah menjadi gula oleh tubuh.

Maka dari itu, kadar gula darah yang ada dalam tubuh anak bisa menjadi seimbang. Anda semuanya dapat memasak bubur kacang merah dengan cara merebusnya sampai benar-benar lunak.

Setelah itu saring untuk mendapatkan tekstur yang sangat lembut, tambahkan juga susu untuk menambah nafsu makan dari sang bayi.

15. Mpasi Bubur Jambu Wortel

mpasi 6 bulan bubur jambu wortel
img: happyveggiekitchen.com

Jambu wortel atau jambu merah ini merupakan buah yang baik diberikan untuk bayi sebagai Mpasi 6 bulan.

Cara membuatnya mudah, yaitu anda hanya perlu menghaluskan jambu merah selanjutnya merebus wortel dengan memakai air. Selanjutnya tuangkan pada mangkok yang sudah diisi dengan jambu lunak.

Baru setelah itu anda bisa mengaduknya lagi serta bisa siap di sajikan untuk sang bayi.

16. Bubur Brokoli Susu

mpasi 6 bulan bubur brokoli susu
img: happyveggiekitchen.com

Bayi juga harus dibiasakan untuk makan dengan sayuran supaya kesehatan tubuhnya bisa lebih terjaga.

Sayuran yang dapat anda gunakan yaitu dengan menggunakan brokoli.

Khasiat brokoli bisa menunjang tumbuh kembang sang bayi. Karena sayuran brokoli ini memiliki banyak sekali manfaat serta mengandung nutrisi yang sangat penting yang diperlukan oleh bayi.

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C pada brokoli ini bermanfaat sebagai antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari sang bayi.

Kandungan fitonutrien dan fitokimia yang ada pada brokoli juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun serta mengeluarkan zat barbahaya yang ada pada tubuh sang anak.

Bagian terbaik dari brokoli yang bisa anda gunakan untuk Mpasi 6 bulan bayi yaitu kuntumnya.

Sebelum mengolahnya, sebaiknya cuci dan pastikan brokoli benar-bebar bersih.

Kemudian, potong kuntum brokoli dengan ukuran kecil-kecil. Selanjutnya, rendam brokoli dengan memakai air garam. Dengan dicuci menggunakan air garam, jika ada ulat yang menempel pada sayuran, maka seketika akan muncul dan mati.

Setelah itu, cuci dengan menggunakan air yang mengalir sampai benar-benar bersih.

Di dalam memasaknya supaya bisa menjadi lebih bergizi dan enak anda bisa menambahkannya susu formula atau ASI dalam bubur tersebut.

Untuk cara membuatnya sama halnya dengan bubur sayuran yang lainnya. Diantaranya dengan cara menghaluskan dan blender setelah itu ditambahkan dengan susu.

Berbagai resep Mpasi 6 bulan tersebut bisa anda coba dirumah untuk kesehatan bayi anda.

Perlu anda ketahui, di dalam usia ini bayi masih ada dalam tahap adaptasi dengan MPASI.

Dengan demikian, sebagai orang tua anda semuanya harus bisa bersabar dan memberi dorongan kepada bayi anda untuk makan makanan yang diberikan.

Akan tetapi, jangan memaksa bayi anda untuk menghabiskan makanan yang anda berikan tersebut. Pilihkan juga bahan yang sekiranya disukai oleh bayi anda.

Jika bayi anda suka dengan Mpasi yang anda buatkan biasanya akan dimakan dengan lahap. Dengan begitu tumbuh kembangnya bisa menjadi lebih cepat.

Semoga bermanfaat dan silahkan dicoba dirumah ya bunds 🙂

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.