9+ Menu Sarapan Pagi Paling Enak dan Menyehatkan

9+ Menu Sarapan Pagi Paling Enak dan Menyehatkan– Sarapan pagi merupakan waktu makan yang penting akan tetapi sering terabaikan, Padahal manfaat sarapan pagi itu cukup banyak dan penting sekali untuk tubuh kita.

Karena mengetahui pentingnya sarapan pagi, maka tidaklah heran apabila orang tua selalu memerintahkan anaknya untuk sarapan pagi.

Dari suatu penelitian juga sudah dikatakan jika manfaat sarapan pagi sangatlah penting, diantaranya yaitu bisa memberikan energi untuk memulai hari baru, bisa juga untuk pengendalian berat badan serta meningkatkan konsentrasi serta kinerja.

Selanjutnya, sarapan juga bisa menjadi hal yang sangat penting untuk kesehatan serta mood anda ketika bekerja.

Walaupun terkadang pada saat pagi hari anda semuanya harus sibuk untuk menyiapkan berbagai macam hal, jangan sampai sarapan ini anda abaikan. Jangan sampai ketika pagi hari perut anda dalam keadaan kosong saat akan melakukan berbagai macam aktivitas.

Sarapan juga bisa menjadikan tubuh anda semuanya di topang oleh energi yang bisa untuk menghadapi aktivitas harian anda semuanya. Dengan demikian, mulai sekarang ini jangan sampai kelupaan sarapan ya

Manfaat Sarapan Pagi

Berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan jika rutin melakukan sarapan pagi;

1. Sumber Energi

Saat seseorang melakukan aktivitas dalam waktu seharian ketika bekerja, maka sangatlah perlu untuk memberikan tubuh nutrisi yang baik ketika di pagi hari.

Sarapan saat pagi hari dapat bermanfaat untuk membantu anda semuanya memberi energi pelengkap yang dapat mendukung kesibukan saat aktivitas seharian.

Dengan sarapan, maka dapat meningkatkan kemampuan untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

2. Mengontrol Berat Badan dan Diet

Bahkan ada beberapa peneliti yang sudah menunjukkan jika sarapan pagi dapat bermanfaat untuk membantu dalam urusan diet.

Hal ini disebabkan karena dengan mengisi perut pada saat pagi hari ia dapat mengurangi atau menekan nafsu makan anda pada saat siang hari nantinya.

Selain itu, anda semuanya juga tidak akan makan terlalu banyak pada saat siang hari yang dapat merugikan saat anda sedang dalam program diet serta berat tubuh pun juga justru bisa menambah berat badan.

Sarapan juga bisa membantu anda semuanya untuk pilih makanan yang lebih bergizi dari pada anda semuanya tidak sarapan.

Orang yang tidak sarapan cenderung makan beragam makanan tanpa memikirkan masalah nutrisinya.

Lain halnya dengan anda yang sudah sarapan pagi, anda akan lebih selektif dalam memilih makanan bergizi untuk anda makan di siang hari.

3. Mengontrol Mood

Manfaat sarapan pagi yang lainnya yaitu anda dapat mengontrol mood, bagi anda semuanya yang sarapan pagi dengan orang yang tidak sarapan pastinya mempunyai mood yang berbeda.

Jika seorang melakukan sarapan saat pagi hari maka memiliki mood yang tambah baik jika dibandingkan dengan seorang yang tidak makan sarapan pagi.

4. Mengembalikan Metabolisme Tubuh

Pada saat tidur, tubuh tidak makan berbagai macam makanan sedikitpun sampai pada saat pagi hari. Dan kandungan gula yang ada pada tubuh mengalami penurunan yang cukup drastis.

Karbohidrat yang kita konsumsi di pagi hari termasuk sumber kita untuk bisa melakukan aktivitas.

Namun, jika melewatkan momen sarapan ini, maka akan mengambil cadangan gula yang ada di dalam susunan otot dan juga liver yang dinamakan dengan glycogen.  

Yang mana, kekurangan ini bisa menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang yang dapat beresiko terkena ragam penyakit seperti keluhan pada lambung dan juga maag.

5. Menaikkan Konsentrasi Otak

Aktivitas sarapan dalam melakukan perbaikan kandungan gula yang alami penurunan yang drastis semalaman selama kita tidur. Otak juga memerlukan konsumsi daya untuk memikirkan dengan daya konsentrasi yang keadaannya baik.

Sarapan merupakan bahan bakar pada otak untuk mengawali aktivitas jalan baik. Banyak sekali riset yang telah memberikan dampak yang baik, jika sarapan dapat membantu konsentrasi dan juga kekuatan otak untuk berfikir.

Manfaat sarapan pagi juga bisa baik untuk kecerdasan otak. Hal ini akan terjadi seluruh komponen makanan yang anda makan yaitu makanan sehat, yang mana terbagi menjadi 4 sehat serta 5 sempurna.

Jika anda semuanya tidak suka makan makanan berat untuk menu sarapan, anda bisa tetap memenuhi komponen 4 sehat 5 sempurna dengan membuat sandwich sehat yang isinya yaitu ikan tuna, sayuran fresh serta keju. Jangan lupa untuk menambahkan buah dan juga susunya.

Pastikan juga jika semua bahan makanan yang anda gunakan ada dalam keadaan paling baik sebab keadaan bahan makanan yang bisa merubah kecerdasan otak kita.

6. Koordinasi Tubuh Lebih Baik

Manfaat sarapan pagi untuk tubuh yakni untuk mengkoordinasi tubuh agar bisa menjadi lebih baik.

Anda yang memiliki permasalahan dalam keseimbangan tubuh bisa memperbaikinya dengan cara mengonsumsi sarapan pagi dengan cara teratur,

ini merupakan manfaat enteng yang akan anda dapatkan pada saat semuanya mengonsumsi sarapan pagi yang sehat dan juga segar di setiap harinya.

Menu Sarapan Pagi Menyehatkan

Nah, untuk sarapan sehat dan bergizi anda semuanya bisa mencoba makan resep ini;

1.  Keju dan apel

resep sarapan pagi apel dan keju cheddar

Caranya anda semuanya hanya cukup menyiapkan satu buah apel serta satu atau dua ons keju cheddar.

Akan tetapi sebaiknya sebelumnya anda sudah memasukkannya ke dalam kulkas.  Potong-potong buah apel dan keju tersebut hingga menjadi potongan yang ukurannya kecil, dan keduanya siap untuk dijadikan sebagai menu sarapan.  Selain praktis, makanan ini juga sangatlah bergizi.

2.  Telur Dadar atau Telur orak arik (scrambled egg)

resep telur orak arik atau scrambled egg ala mcd

Telur dadar atau telur orak arik mungkin nama ngehitsnya adalah scrambled egg ini termasuk salah satu menu andalan saat sarapan dari jaman dulu hingga sekarang ini.

Untuk cara pembuatannya juga cukup mudah, yaitu anda semuanya cukup memecahkan 2 atau 3 butir telur ke dalam mangkok.  Setelah itu, tambahkan sedikit garam, kemudian goreng telur itu di atas wajan atau penggorengan. 

Tambahkan sedikit bawang merah, daun bawang, serta  tomat ke dalam telur dadar tersebut sesuai selera Anda. Makan dengan nasi putih hangat.

3.  Smoothies

Resep sarapan pagi smoothies
img :http://www.irishtimes.com

Apabila anda semuanya merupakan orang yang sulit untuk mencerna makanan dalam bentuk padat saat di pagi hari, maka menu sarapan pagi Smoothies merupakan pilihan yang tepat. 

Dalam pembuatannya pun juga cukup mudah dan cepat, sebab anda semuanya hanya perlu memasukkan bahan-bahan yang ada di dalam blender. 

Tak hanya itu saja, kandungan gizi yang terdapat dalam smoothies juga bagus sekali untuk sumber energi pada saat pagi hari.

Untuk membuat smoothies anda bisa memasukkan satu buah pisang serta 3 strawberry atau satu buah apel dan masukkan ke dalam blender. 

Tambahkan dengan satu cangkir susu manis.  Apabila ingin rasanya lebih enak, anda bisa menambahkan madu. Berikan sedikit air dan gula, kemudian blender sampai halus.

4.  Roti Bakar

Menu sarapan dengan roti bakar ini sangat disarankan untuk anda makan di pagi hari. Tak hanya memiliki rasa enak dan praktis, akan tetapi roti bakar ini juga sangat sehat. 

Pada umumnya, menu ini banyak sekali disajikan di negara-negara Barat untuk dijadikan sarapan favorit dalam mengawali hari yang panjang. 

Untuk membuatnya juga cepat dan mudah, terlebih lagi apabila anda semuanya memiliki toaster atau mesin untuk membuat roti bakar. Apabila tidak ada toaster, sebaiknya jangan khawatir.  Menu ini dapat anda buat dengan mudah serta cepat. 

Lumuri 3 sampai dengan 4 tangkap roti tawar menggunakan margarin, susu, serta selai yang anda sukai. 

Satu sendok margarin bisa anda panaskan di atas teflon, kemudian letakkan roti tawar itu di teflon.  Bakar sampai warnanya kecoklatan.

Tambah sarapan anda dengan minum segelas susu hangat sesudah anda mengkonsumsi roti bakar. Dengan begitu anda bisa penuh energi dan semangat di sepanjang hari.

5.  Tumis Tahu

Resep Tumis Sayur Toge Campur Tahu Cepat Sedap

Untuk membuat tumis tahu caranya cukup sederhana. Pertama dua kotak tahu bisa anda potong sesuai selera,

tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah dan cabai rawit hingga harum. Apabila anda suka tauge bisa tambahkan.

Beri lada bubuk, garam dan gula secukupnya. Masukkan tahu kemudian aduk rata, masak hingga tauge matang. Terakhir beri kecap manis, aduk aduk, koreksi rasa dan tadaa jadi deh

6.  Cappuccino dan biskuit

sarapan pagi cappucino dengan biskuit

Perpaduan cappuccino dan biskuit saat pagi hari memang enak sekali disantap.

Kandungan kafein yang ada di dalam kopi ini bisa menjadikan anda lebih siap untuk beraktivitas. 

Biskuit juga tidak akan begitu mengenyangkan, maka pas sekali untuk dijadikan pengganjal perut dalam mengawali aktivitas anda sampai waktu makan siang nanti.

7.  Nasi Goreng

resep nasi goreng hongkong

Nasi goreng merupakan menu sarapan pagi yang banyak disukai dan praktis membuatnya. Bahkan, untuk sekarang ini sudah banyak modifikasi dan juga banyak kreasi yang bisa menjadikan nasi goreng anda terasa lebih nikmat.

Supaya lebih bergizi anda semuanya bisa menambahkan suwiran ayam, telur orak arik atau bisa juga anda tambahkan sosis. Untuk Lengkapnya Anda bisa cek pada —> bundamimi.com/resep-nasi-goreng

8.  Sereal

resep sarapan pagi sereal

Sereal juga termasuk salah satu resep praktis untuk sarapan pagi yang sudah sangat populer. Makanan ini juga dinilai cocok untuk sarapan karena bisa cepat mengenyangkan, memberi energi.

Selain itu juga sangat praktis dan bisa disiapkan dalam waktu tidak sampai 5 menit. Jadi, apabila anda semuanya merupakan orang yang sering terburu-buru, maka anda bisa sedia sereal dan susu di kulkas anda.

Anda semuanya juga dapat memodifikasi sereal agar bisa menjadi lebih lezat dan juga bisa lebih bergizi.  Anda dapat mengganti susu menggunakan yoghurt yang vanilla.

Bisa juga anda tambahkan sedikit kacang almond serta anggur atau kismis di dalam serealnya.  Apabila dibutuhkan, maka anda bisa tambahkan sesendok makan madu.

9.  Sandwich

Menu makanan ini juga dinilai sempurna untuk dijadikan sebagai menu makanan pagi. Sebab, di dalam menu ini ada banyak bahan makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap, dari mulai karbohidrat, protein serta aneka ragam vitamin.

Dalam menyiapkannya pun caranya juga cukup mudah serta dinilai praktis. Untuk membuat satu buah sandwich, anda bisa menyiapkan dua buah roti tawar.

Kemudian di antara roti tawar tersebut, anda semuanya dapat menyelipkan bahan-bahan seperti halnya selembar keju cheddar, bawang bombay secukupnya, seiris tomat serta timun.

Berikan juga selada, serta telur rebus yang telah dipotong kecil.  Tambahkan kornet sapi supaya semakin lengkap.

10.  Sarapan pagi dengan Fruit Salad (Salad Buah)

resep sarapan pagi salad buah

Salad buah termasuk salah satu menu makan favorit di pagi hari sebab dinilai praktis dan juga begitu menyehatkan. 

Selain itu, di dalam menyiapkan menu makanan ini caranya sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu yang singkat.  Anda juga bisa membuat banyak sekaligus dengan menyimpannya di kulkas.

Jadi sangat tepat untuk dijadikan menu sarapan pagi Anda di rumah. Semoga bermanfaat 🙂

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.