3+ Manfaat Mengukur Lingkaran Kepala Bayi

Mengukur lingkaran kepala bayi merupakan tindakan yang lazim dilakukan karena manfaat mengukur lingkaran kepala bayi adalah untuk mengetahui perkembangan bayi tersebut apakah normal atau tidak. Sehingga tindakan selanjutnya bisa Anda lakukan lebih cepat.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui dalam lingkaran kepala bayi.  

Ukuran Lingkaran Kepala Bayi Normal

Setiap fase pertumbuhan bayi memiliki standar normal yang bisa diketahui.

Untuk lingkaran kepala bayi juga bisa diketahui ukuran normalnya. Jika ukuran lingkar kepala buah hati anda kurang dari biasa atau melebihi batas norma, bisa diketahui dengan segera penyebab dan cara mengatasinya.

Setiap usianya bertambah, bayi normal pada umumnya memiliki ukuran lingkar kepala sebagai berikut.

Bayi Baru Lahir

mengukur kepala bayi baru lahir
img by: childrebswi.org

Biasanya bayi baru lahir ukuran kepalanya tidak seperti kepala orang dewasa, karena kepala bayi baru lahir bisa berbentuk lonjong, kerucut, peyang, dan bentuk lainnya.

Hal ini sangat lazim terjadi, dan ini sangat normal. Nantinya setelah beberapa minggu bentuk kepala bayi akan menjadi normal seperti bentuk kepala bayi pada umumnya.

Pada saat bayi berusia 2 sampai 3 minggu kepala bayi akan menjadi bulat, dan pada saat ini pengukuran sudah bisa dilakukan. Bayi berusia 2 sampai 3 minggu, biasanya memiliki ukuran kepala sekitar 32 sampai 38 cm.

Bayi Berusia 1 Sampai 3 Bulan

mengukur kepala bayi Berusia 1 Sampai 3 Bulan
img by: mrc-epidcamac.uk

Dari rentang usia tiga minggu ke atas ukuran lingkar kepala bayi juga akan bertambah. Saat bayi berusia 1 sampai 3 bulan, pengukuran kembali juga bisa dilakukan karena pada saat ini lingkaran kepala bayi bisa bertambah hingga 2 cm per bulannya.

Untuk bayi berusia 1 bulan, ukuran lingkaran kepala yang normal biasanya berkisar 24 sampai 41 cm.

Untuk bayi berusia 2 bulan, ukuran lingkaran kepala yang normal biasanya berkisar 36 sampai 42,5 cm.

Dan untuk bayi berusia 3 bulan, ukuran lingkaran kepala yang normal biasanya berkisar 37,5 sampai 44 cm.

Bayi Berusia 4 sampai 6 Bulan

mengkur kepala bayi Berusia 4 Sampai 6 Bulan
img by infacoldot.co.uk

Pada saat bayi mencapai usia 4 bulan ke atas, lingkaran kepala biasanya bertambah sekitar 1 cm per bulannya. Oleh karena itu pada masa ini juga penting dilakukan pengukuran.

Bayi normal yang berusia 4 bulan biasanya memiliki ukuran lingkar kepala sekitar 38,5 sampai 45 cm.

Sedangkan untuk bayi berusia 5 bulan, bisanya ukuran lingkar kepala normal sekitar 39,5 cm hingga 45, 5 cm.

Dan untuk bayi berusia 6 bulan, ukuran lingkar kepala normal sekitar 40 cm hingga 46 cm.

Bayi Berusia 7 sampai 12 Bulan

mengukur kepala Bayi Berusia 7 sampai 12 Bulan
img by heeranveenhelpt.ni

Pada saat bayi anda mencapai usia 7 bulan ke atas, bisanya pertambahan lingkaran kepala perbulannya sekitar 0,5 centimeter saja.

Jika bayi anda berusia 7 bulan, ukuran lingkar kepala yang normal sekitar 40,5 cm hingga 47 cm.

Sedangkan untuk bayi berusia 8 bulan, ukuran lingkar kepala normal sekitar 41 cm hingga 47,5 cm.

Untuk bayi berusia 9 bulan, ukuran lingkar kepala normal sekitar 41,5 cm hingga 48 cm.

Untuk bayi berusia 10 bulan, ukuran lingkar kepala normal sekitar 41 cm hingga 48,5 cm.

Untuk bayi berusia 11 bulan, ukuran lingkar kepala normal sekitar 42,5 cm hingga 49 cm.

Dan untuk bayi berusia 12 bulan, ukuran lingkar kepala normal sekitar 43 cm hingga 49,5 cm. 

Hal Hal yang Mempengaruhi Pertumbuhan Bayi

Pertumbuhan lingkaran kepala bayi dipengaruhi oleh banyak hal.

Konsumsi gizi yang seimbang merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan pertumbuhan bayi, selain itu ada juga beberapa faktor penting yang mempengaruhi ukuran perkembangan lingkar kepala bayi tersebut.

Faktor Genetik

Gen merupakan faktor yang paling besar mempengaruhi pertumbuhan seorang bayi, karena gen bayi berasal dari kedua orang tuanya.

Jika orang tua bayi memiliki ukuran kepala yang relatif besar, maka kemungkinan besar bayi juga demikian. Jika saat bayi hal ini belum terlihat, saat bayi sudah dewasa kelak, maka ciri fisiknya akan mengikuti bentuk fisik orang tuanya.

Faktor Kondisi Ibu Saat Masa Hamil

Saat ibu hamil sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, pikiran dan juga mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang tercukupi.

Jika tidak maka hal ini akan berpengaruh kepada perkembangan janin dalam kandungan. Jika misalnya bayi lahir dalam bentuk keadaan yang kurang normal, besar kemungkinan hal tersebut akibat masa kehamilan yang kurang baik.

Saat hamil, seorang ibu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat, menjauhkan pikiran dari beban berat yang bisa memicu stres, dan rajin berolahraga. 

Asupan Nutrisi dan Gizi yang Seimbang

Asupan nutrisi dan gizi yang seimbang merupakan hal yang sangat penting diperoleh oleh bayi saat masa pertumbuhan. Karena dengan hal tersebut, bayi tidak kekurangan suatu apa pun, dan pertumbuhannya berlangsung dengan baik.

Saat bayi masih berusia 0 hingga 6 bulan, ASI merupakan asupan utama yang wajib diperoleh oleh bayi.

Bahkan saat bayi sudah berusia 3 tahun pun, ASI  masih sangat baik dikonsumsi oleh bayi, karena ASI memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi.

Setelah bayi berusia 6 bulan, ke atas maka sebaiknya diberi asupan tambahan seperti protein, lemak, mineral, karbohidrat, vitamin, dan yang lainnya. Nutrisi gizi yang baik akan membuat pertumbuhan bayi jadi lebih cepat dan sehat. 

Bayi Mengalami Kondisi Medis

Hal lainnya yang juga bisa mempengaruhi pertumbuhan bayi dan membuat ukuran lingkar kepala bayi tidak normal adalah karena bayi mengalami kondisi medis tertentu seperti kurang gizi, memiliki kelainan pada tubuh, dan yang lainnya.

Jika hal ini terjadi maka dibutuhkan penanganan khusus agar pertumbuhan bayi dapat berlangsung normal.  

Pentingnya Mengukur Lingkar Kepala Bayi Setiap Bulan

Agar pertumbuhan bayi anda berlangsung dengan normal tanpa hambatan maka sangat dianjurkan untuk melakukan pengukuran lingkar kepada bayi setiap bulannya ke dokter.

Sehingga jika misalnya tidak sesuai dengan standar normal, bisa diketahui secara langsung penyebabnya dan mengetahui tindakan yang perlu untuk mengatasinya.

Masa masa bayi merupakan masa yang paling penting diberikan perhatian khusus, karena jika bayi tidak mendapatkan apa yang seharusnya mereka peroleh, dampaknya bisa sangat buruk pada masa depan.

Oleh karena itu lakukan pengecekan ke dokter setiap bulannya demi kesehatan bayi.

Selain mengukur lingkar kepala penting juga dilakukan pengukuran terhadap berat badan dan juga panjang badan bayi tersebut, tujuannya agar perkembangan baik bisa dikontrol dengan baik.

Pemberian asupan gizi yang seimbang dan melakukan pengecekan rutin ke dokter akan membuat bayi anda tumbuh dengan sehat.

Jangan abaikan hal sepele seperti kegiatan mengukur lingkar kepala bayi ini, karena jika ternyata memiliki masalah akan sulit mengatasinya nanti. Semoga dengan mengetahui manfaat mengukur lingkaran kepala bayi, anda bisa memberikan yang terbaik untuk si buah hati anda. 

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.