Tips Memasak Serundeng Lebih Enak & Tahan Lama

Tips Memasak Serundeng Lebih Enak & Tahan Lama

Tips Masak Serundeng

Serundeng merupakan masakan olahan kelapa parut yang dimasak kering dan bisa bertahan lama. Makanan ini bisa ditambahkan ke nasi hangat untuk disantap sebagai lauk. Serundeng juga pas dikombinasikan dengan menu lauk lainnya seperti ayam goreng, empal daging, atau sebagainya.

Untuk mendapatkan serundeng bertekstur kering ternyata Anda mesti sedikit bersabar. Dimana Anda harus memasak serundeng sampai kering benar. Sehingga serundeng bisa bertahan lama. Jangan khawatir karena ternyata ada tips memasak serundeng agar lebih enak dan tahan lama berikut ini:

  • Menggunakan Kelapa Parut Tepat

Kelapa parut yang tepat

Ada kelapa parut untuk memasak dan ada juga kelapa parut untuk taburan makanan. Tidak semua jenis kelapa parut bisa dibuat serundeng. Untuk membuat serundeng, sebaiknya pilih kelapa parut untuk memasak. Khususnya kelapa parut dari buah kelapa yang sudah agak tua atau sudah tua.

Kelapa tua mempunyai batok yang keras dan berat. Bila Anda mengguncangkannya tidak akan terdengar suara air di dalamnya. Agar serundeng memiliki rasa enak, gunakan kelapa parut yang baru Anda beli.

Baca Lainya: 

–> 31+ Resep Ayam Mudah dan Super Lengkap!! Yuk Dicoba

  • Menumis Bumbu Lebih Dulu

Menumis bumbu lebih dahulu

Ada beberapa bumbu untuk membuat serundeng. Seperti bawang merah, bawang putih, merica, dan ketumbar. Bila Anda ingin serundeng pedas manis, maka Anda bisa menambahkan jahe dan cabe merah keriting. Anda juga bisa memanfaatkan rempah kunyit seperlu mendapat warna kuning alami.

Agar serundeng bercita rasa enak dan wangi, sebagai tips memasak lebih baik Anda menumis bumbu lebih dulu. Tumis semua bumbu sebelum menghaluskannya. Cara ini juga agar bumbu tidak langu. Gunakan sedikit minyak untuk menumis bumbu sebentar sampai layu dan tercium aroma wangi.

  • Menambahkan Bumbu Aromatik

Bumbu aromatik

Tips selanjutnya, tambahkan bumbu aromatik ke dalam bumbu yang Anda tumis. Bumbu aromatik yang dimaksud bisa daun jeruk, serai yang digeprek, daun salam, kapulaga, atau lainnya. Penambahan bumbu aromatik ini mampu menambah aroma serundeng semakin harum dan menggugah selera. Adapun sebagai penyeimbang rasa Anda juga bisa menambahkan gula jawa atau asam jawa.

  • Oseng Secara Berkelanjutan

memasak dengan cara mengoseng

Cara memasak serundeng tidaklah sulit, tetapi memang harus sedikit bersabar. Setelah bumbu yang ditumis wangi, Anda bisa memasukkan parutan kelapa untuk dioseng. Oseng sampai kering dengan api kecil atau sedang. Dimana semakin kecil nyala api, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan tetapi hasilnya bisa makin kering sempurna dan tahan lama.

Saat dioseng Anda harus mengaduk terus menerus supaya parutan kelapa kering sempurna dan tidak gosong. Pengadukan yang berkelanjutan juga membantu bumbu bercampur merata. Lakukan terus sampai tekstur kelapa kering.

  • Menyimpan Serundeng di Wadah Kedap Udara

wadah kedap udara

Setelah serundeng matang, matikan api dan biarkan serundeng dingin atau Anda bisa langsung menyantapnya. Serundeng terasa nikmat disantap dengan nasi hangat. Rasanya semakin mantap saat ditambah sambal. Sebagai variasi Anda juga bisa menambahkan kedelai untuk tekstur krispi pada serundeng.

Jika Anda memasak banyak tentu bisa disimpan sebagai stok. Sebelum mengemasnya biarkan serundeng dingin. Gunakan wadah kedap udara agar serundeng tetap kering dan awet tahan lama. Dengan cara penyimpanan yang tepat, serundeng kering bisa bertahan kurang lebih selama satu pekan. Namun, pastikan Anda juga menjauhkannya dari paparan panas matahari langsung.

cara memasak serundeng

img: Omiyago.com

Ternyata memang mudah cara memasak serundeng. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Makanan enak ini bisa Anda masak dengan modal hemat. Jadi sudah tidak sabar ingin mempraktikan tips memasak menu hemat namun nikmat ini bukan?

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.