Membawa Bayi ke Bioskop Berisiko Merusak Pendengarannya di Masa Depan

Ajak Bayi Nonton Bioskop Berisiko Merusak Pendengarannya di Masa Depan- Pada usia anak Anda masih bayi maka tentunya anak Anda akan lebih rentan dan sensitif terhadap berbagai macam hal.

Sebab pada saat masih bayi semua bagian tubuhnya masih dalam keadaan berkembang dan belum sempurna, sehingga agar bayi Anda bisa berkembang dengan baik sebagaimana mestinya, Anda sebagai orang tua jangan sembarangan dalam melakukan sesuatu hal pada anak Anda.

Orang tua masa kini cenderung melakukan hal-hal yang mudah untuk menenangkan anak, padahal itu bukanlah cara yang tepat untuk dilakukan.

Ketika bayi Anda rewel maka Anda menggunakan game di gadget sebagai penenangnya, namun nantinya anak Anda akan lebih keranjingan dengan game dan gadget karena sudah terbiasa dari kecil.

Begitu pula para orang tua yang sering kali mengajak bayinya masuk ke dalam bioskop.

Meski pun pada awalnya Anda hanya iseng saja karena ingin menonton bioskop dan tidak mungkin meninggalkan anak Anda, namun sebenarnya terdapat bahaya bayi ke bioskop untuk menonton film.

Baca Juga: 15+ Menu Mpasi 6 Bulan Sederhana dan Sehat Untuk Perkembangan Bayi

Volume Maksimal Yang Berbahaya Saat Didengar Bayi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa semua bagian tubuh bayi masih sangat rentan karena masih dalam tahap berkembang.

Semua bagian tubuh bayi belum ada yang bisa digunakan dengan sempurna sehingga dalam keseharian, orang tuanya harus selalu membantu si bayi agar bisa mendapatkan kebutuhannya.

Begitu juga dalam hal organ pendengaran, telinga bayi yang mungil sama sekali belum bisa mendengarkan suara yang terlalu bising. Padahal di bioskop minimal suara yang dihasilkan adalah 85 dB,

bahkan bisa mencapai 100 dB lebih ketika dalam film yang diputar terdapat audio yang keras atau melengking seperti suara tabrakan saat kecelakaan, saat aktris dan aktornya berteriak, saat ada adegan barang yang pecah dan lain sebagainya.

Jika bayi Anda mendengarkan suara dengan tingkat kebisingan itu selama 15 menit saja bahkan bisa menjadikan pendengarannya rusak secara permanen.

Itulah bahaya bayi ke bioskop yang paling beresiko, sebagai bayi yang belum bisa bicara tentunya ia tidak bisa mengatakan saat telinganya sakit mendengar suara film yang diputar di dalam bioskop.

Suara Bising Mempengaruhi Telinga Bagian Dalam Bayi

Saat suara yang didengar terlalu bising ketika berada di dalam bioskop maka bagian koklea yang ada di dalam daun telinga si bayi bisa menjadi rusak dan kemudian bayi Anda tidak akan bisa mendengar suara secara utuh.

Sedangkan Anda tahu bahwa film dalam bioskop itu berdurasi sangat lama bisa lebih dari 90 menit atau bahkan mencapai 120 menit.

Jika Anda memang sudah paham betapa bahaya bayi ke bioskop maka sebaiknya jangan coba-coba untuk membawa bayi Anda ke bioskop hanya karena Anda ingin menonton.

Daripada menonton di bioskop, Anda bisa lebih nyaman menontonnya di rumah sembari menjaga anak Anda.

Merusak Pandangan Matanya

Bahaya bayi ke bioskop, selain bisa merusak pendengarannya secara permanen, juga bisa merusak pandangan matanya.

Layar bioskop sangatlah besar dan terang, dengan ruangan yang gelap di dalamnya tentu menambah silau cahaya yang dikeluarkan dari layar itu.

Anak Anda yang masih bayi tentunya akan merasa sangat silau melihat cahaya tersebut yang pada akhirnya bisa merusak pandangan matanya.

Hal yang sama berlaku saat bayi Anda sering melihat cahaya dalam gelap lainnya, seperti misalnya saat main gadget di malam hari dalam kamar yang gelap. Karena ada beberapa bahaya bayi ke bioskop yang sangat fatal lebih baik Anda urungkan niat Anda membawa bayi ke bioskop.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.