11+ Manfaat Kunyit yang Perlu Anda Tahu, Yuk Lihat

11+ Manfaat Kunyit yang Perlu Kamu Tahu, Yuk Lihat– Indonesia merupakan negara yang sangat subur dengan keaneka ragaman tumbuhan yang sangat kaya.

Bahkan karena sangat subur tersebut ada lagu yang memilki lirik  “tongkat kayu dan batu jadi tanaman” 🙂

Letak geografis tersebutlah yang membuat Indonesia memilki tanah yang sangat subur dan tersohor di seantero dunia sebagai negara penghasil rempah remaph.

rempah rempah ini jadi buruan para pedagang seluruh dunia terutama dari Eropa. VOC pada saat itu mengeruk keuntungan sangat besar dari hasil bumi dan rempah remaph dari Indonesia yang dulunya dikenal dengan nusantara.

Rempah rempah yang terkenal salah satunya adalah Kunyit.

Kunyit merupakan salah satu rempah rempah yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Karena tidak lain dan tidak bukan manfaat kunyit yang banyak sekali, sehingga banyak makanan, minuman dan bahkan obat yang menggunakan kunyit sebagai bahan bakunya.

Manfaat kunyit


Kunyit memiliki berbagai khasiat yang baik untuk tubuh.

Anda akan kaget mengetahui jika kunyit memiliki lebih dari 100 jenis kandungan yang bermanfaat buat menanggulangi bermacam penyakit, mulai dari alat pencernaan hingga pernapasan.

Kandungan tersebut membuat kunyit menjadi jenis rempah yang istimewa dan banyak digunakan oleh masyarakat. Kandungan yang mungkin anda sering dengar adalah curcumin. Senyawa ini masuk ke dalam kategori polifenol, ialah senyawa kimia yang telah teruji mempunyai sifat antiradang.

Curcumin kerap dipakai dalam suplemen buat diet. Senyawa ini pula yang membuat kunyit mempunyai corak kuning- oranye yang khas. Oleh sebab itu kunyit digunakan juga sebagai pewarna alami untuk makanan dan kosmetik.

Secara umum, komposisi kunyit terdiri dari curcumin, vitamin, mineral, serat, asam amino, asam lemak, minyak alami, dan berbagai jenis senyawa fitokimia (senyawa kimia yang terdapat secara alami pada tanaman).

Oleh karena itu Kunyit memilki banyak manfaat diantaranya:

  • meningkatkan kekebalan tubuh
  • melindungi tubuh anda dari berbagai penyakit,
  • menghancurkan sel- sel pemicu penyakit.

Khasiat Kunyit Buat Kesehatan

manfaat kunyit untuk kesehatan

1. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Kunyit memiliki kandungan yang sangat komplit sepeti antioksidan, antiradang, antivirus, antibakteri, serta antimikroba. Untuk menjaga daya tahan tubuh Anda dapat mengkonsumsi ½ sendok teh kunyit tiap hari.

2. Kurangi Resiko Kanker

Pencegahan serta penyembuhan kanker berhubungan dengan antioksidan. Kunyit memiliki banyak kandungan antioksidan sehingga dapat anda gunakan sebagai suplemen harian untuk mencegah kanker.

3. Meningkatkan Fungsi Hati

Riset yang dilakukan dengan objek riset tikus yang dicoba untuk menilai dampak kunyit pada kemampuan hati untuk mendetoksifikasi xenobiotik( zat beracun) materi kimia, kandungan 2 enzim detoksifikasi hati sangat penting( UDP glucuronyl transferase serta glutathione- S- transferase) secara signifikan meningkat pada tikus yang diberi makan kunyit dibanding dengan yang tidak. Para periset berpendapat,“ Hasil riset membuktikan jika kunyit bisa tingkatkan sistem detoksifikasi tidak hanya sifat anti- oksidan”

4. Kurangi Resiko Leukimia

Riset yang dipublikasikan, membagikan fakta bahwa komsumsi makanan yang mengandung kunyit dapat kurangi resiko terserang leukimia.

menurut Profesor. Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Centre, Chicago, IL yang nyaris 20 tahun melaksanakan riset ini. Dalam studinya beliau berkata kalau curcumin dalam kunyit bisa:

  • Menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik( PAH)( materi kimia karsinogenik yang dihasilkan oleh pembakaran materi bakar berbasis karbonium termasuk asap rokok)
  • Menghambat radiasi kehancuran kromosom
  • Menghindari pembuatan amina heterosiklik beresiko serta senyawa nitroso, yang ada pada santapan olahan khusus, semacam produk daging olahan yang memiliki nitrosamin.
  • Membatasi multiplikasi sel kanker darah dalam sel

5. Proteksi kardiovaskular ( Penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah)

Curcumin dapat membantu menghindari oksidasi kolesterol dalam tubuh. Sebab kolesterol teroksidasi bisa mengganggu pembuluh darah serta menumpuk di plak yang bisa menimbulkan serangan jantung ataupun stroke, menghindari oksidasi kolesterol terkini bisa menolong kurangi kemajuan aterosklerosis serta penyakit jantung.

Kunyit merupakan sumber vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga tingkat homocysteine supaya tidak terlalu tinggi.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Physiology and Farmakologi, terdapat 10 sukarelawan yang sehat mengkosumsi 500 miligram kurkumin per hari selama seminggu hasilnya kolesterol mereka turun 11. 63%, serta HDL mereka ( kolesterol bagus) bertambah sebesar 29%!( Soni KB, Kuttan R).

6. Menghindari Alzaimer

Beberapa riset membuktikan kalau kurkumin, konstituen biologis aktif dalam kunyit, bisa menghindari penyakit Alzheimer dengan mengaktifkan gen yang mengkode penciptaan protein antioksidan. Suatu riset yang diterbitkan dalam Journal Biokimia Italia( Desember 2003) mangulas kedudukan kurkumin dalam induksi dari  oxygenase heme, sistem pelindung, apabila dipicu dalam jaringan otak, menyebabkan produksi bilirubin antioksidan jadi lebih kuat, yang melindungin otak dari serangan radikal bebas.

7. Menghindari Depresi

Tekanan mental pula berhubungan dengan menyusutnya guna neurotropik yang diturunkan dari otak serta menurunnya hippocampus, zona otak yang berfungsi dalam berlatih serta ingatan. sebab isi kunyit mempunyai guna buat menolong cara neurotropik ini buatnya bisa membagikan dampak kontra tekanan mental.

8. Melancarkan Pencernaan

Isi serat, vit, mineral, antioksidan, serta senyawa antiradang pada kunyit diperlukan supaya respon enzimatik, penciptaan asam, pergerakan otot, serta absorbsi nutrien berjalan dengan bagus. Jadi, janganlah kurang ingat komsumsi 1 spatula makan kunyit tiap hari.

9. Menanggulangi Tukak Lambung

Penciptaan asam alat pencernaan yang kelewatan menimbulkan tukak di epidermis cairan pekat alat pencernaan alhasil terasa perih. Minyak atsiri dalam kunyit teruji bagus buat alat pencernaan sebab dapat menghindari penciptaan asam alat pencernaan yang kelewatan tanpa dampak sisi.

10. Memantapkan Rahim

Kandungan yang lemas membuat perempuan susah berbadan dua ataupun menjaga kehamilan alhasil kerap hadapi abortus. Perihal ini dapat ditangani dengan kunyit putih yang bagus buat kandungan sebab sanggup melancarkan gerakan darah pada kandungan serta melindungi penyeimbang hormon.

11. Tingkatkan Kesuburan

Kendala kesuburan pada perempuan dapat diakibatkan banyak perihal, semacam daur datang bulan tidak tertib, ketidakseimbangan hormon, sel telur kurang bermutu, serta kendala pada kandungan. Kunyit putih bagus buat kesuburan sebab efektif buat menanggulangi permasalahan itu.

12. Kunyit Mengandung Senyawa Bioaktif yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh

Kunyit adalah bumbu yang memberi warna kuning kari. Telah digunakan di India selama ribuan tahun sebagai rempah-rempah dan ramuan obat.

Baru-baru ini, riset yang dipublikasikan oleh US national library of medicine mulai mendukung apa yang telah diketahui orang India sejak lama yaitu kunyit mengandung senyawa dengan sifat obat.

Senyawa ini disebut curcuminoids, yang paling penting adalah curcumin.

Curcumin adalah bahan aktif utama dalam kunyit. senyawa ini memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan antioksidan yang sangat kuat.

Namun, kandungan kurkumin kunyit tidak setinggi itu. Ini sekitar 3% dari total berat kunyit tersebut

Sebagian besar studi tentang ramuan ini menggunakan ekstrak kunyit yang sebagian besar mengandung curcumin itu sendiri, dengan dosis biasanya melebihi 1 gram per hari.

Akan sangat sulit untuk mencapai level sekitar 1 gram hanya dengan menggunakan bumbu kunyit dalam makanan Anda.

Karena itu, jika Anda ingin mendapatkan efek maksimal, Anda perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung curcumin dalam jumlah yang signifikan.

Sayangnya, curcumin kurang diserap ke dalam aliran darah. untuk membantu melarutkan curcumin anda dapat dibantu dengan mengomsumsi lada hitam bersamaan.

Lada hitam mengandung zat piperin, yaitu zat alami yang meningkatkan penyerapan curcumin sebesar 2.000%

Suplemen kurkumin terbaik mengandung piperin, yang secara substansial meningkatkan efektivitasnya.

Curcumin juga larut dalam lemak, jadi mungkin ide yang baik untuk dikonsumsi dengan makanan berlemak.

Khasiat Kunyit Buat Kecantikan

manfaat kunyit untuk kecantikan
img: http://defactosalons

Selain manfaat untuk dalam tubuh Anda kunyit juga memiliki manfaat untuk luar tubuh.

Yup benar sekali untuk kecantikan. Memang kunyit ini memiliki beragam manfaat ya..

Nah berikut bunds khasiat kunyit untuk wajah atau kecantikan Anda.

13. Mencerahkan Kulit

Curcumin pada kunyit memiliki manfaat untuk membantu mencerahkan, memudarkan bintik hitam, serta menanggulangi pigmentasi. Anda dapat membuat masker dari kombinasi kunyit, yoghurt, serta madu. Gunakan pada wajah selama kurang lebih 10 menit, kemudian basuh sampai bersih.

14. Menanggulangi Kulit Berminyak

Manusia pada dasarnya memilki beragam jenis kulit dari mulai kering, berminyak dan lainya.

Kunyit ini dapat membantu anda untuk mengurangi minyak berlebih dalam wajah. Anda dapat membuat masker dari bahan air perasan lemon dan kunyit. Selain membantu mengurangi minyak masker tersebut dapat membantu mengeluarkan kotoran juga dari pori pori Anda.

15. Menghindari Kerutan

Curcumin pada kunyit pula efektif menghindari penuaan dini sebab menghambat terjadi kerutan karena proses oksidasi pada lemak serta radikal bebas pada kulit.

16. Menghaluskan Kulit

Buatlah masker dengan bubuk kunyit ditambah minyak zaitun. Tekstur yang agak sedikit kasar dari bubuk kunyit serta kandungan curcumin membantu menangkal radikal bebas serta dapat menghilangkan sel kulit mati di wajah sehingga wajah terlihat lebih cerah dari sebelumnya

Demikian seklias tentang kunyit dan khasiatnya. Bunda dirumah bisa coba mengaplikasikan kunyit sebagai kesehatan ataupun kencatinkan. Apabila bunda di rumah sibuk pun saat ini kunyit sudah bisa bunda beli dalam bentuk instan seperti masker, obat herbal kunyit dan lainya. Share artikel ini ya apabila bermanfaat. Terima kasih 🙂

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.