9+ Makanan Terenak di Dunia yang Perlu Anda Tahu, No 10 Tidak di Duga!!

Kuliner terenak di dunia memang tidak akan ada habisnya. Meskipun di dunia ini bahan makanan semakin sedikit karena faktor kerusakan alam, namun teknologi pertanian dan pengolahan makanan terus bermunculan.

Belum lagi inovasi resep dari chef-chef yang berkaliber. Menambah khasanah citarasa dan varian makanan terenak di dunia. Dari satu bahan yang sama bisa memunculkan banyak variasi, inilah kegunaan resep makanan.

Beberapa negara di dunia ini ternyata memiliki kuliner terenak di dunia. Kita tidak akan membicarakan satu per satu nama makanannya. Namun mengulas secara umum negara-negara mana sajakah yang punya citarasa kuliner luar biasa.

1. Meksiko

makanan terenak di dunia

Meksiko memang adalah sebuah negara yang terkenal akan style nya di bidang makanan. Ya, Mexican Food, siapa yang tidak kenal jenis makanan ini. Negara ini membawa culture Amerika Latin dan Amerika Serikat yang kental. Menjadi salah satu western food dengan fans melimpah.

Contoh makanan khas Meksiko yang terkenal banget antara lain adalah Tacos, Burritos, Nachos dan Tamales. Ngomong-ngomong, jenis Mexican Food ini biasanya memang mirip-mirip, guys! Jadi seperti model kebab begitu kebanyakan.

2. Italia

makanan terenak di dunia

Sebuah negara yang maju, romantis dan menyimpan banyak sejarah kejayaan renaisans. Itulah sekilas gambaran mengenai Italia. Seluruh penikmat kulineran pasti tahu dong apa saja makanan terenak di dunia yang berasal dari sini? Cemilan seperti pizza dan pasta menjadi makanan Italia yang paling terkenal di dunia.

3. Afrika Selatan

makanan terenak di dunia

Ketika kita memikirkan Afrika, biasanya yang ada di benak adalah sebuah hamparan padang rumput yang gersang. Namun hilangkan pandangan yang menganggap Afrika Selatan begitu. Sebab negara ini juga sangat maju dengan peradaban yang dipenuhi gedung pencakar langit.

Afrika Selatan menyimpan banyak kuliner terenak di dunia di tengah kemajuannya. Mereka adalah salah satu negara paling kaya di benua Afrika. Negara bekas jajahan Perancis ini juga memiliki kemandirian pangan yang tinggi. Makanan khas Afrika Selatan yang terkenal antara lain: Koeksister, Bunny Chow dan Melktert.

4. Jepang

Menjadi salah satu negara yang juga punya makanan terenak di dunia, Jepang memiliki kelas tersendiri soal citarasa. Mereka terkenal akan makanan laut, terutama ikan yang mentah. Ya, orang Jepang sangat suka makan ikan mentah. Dan gaya hidup ini ditularkan ke banyak negara. Nah, kalau di Jepang paling terkenal adalah Ramen dan Sushi. Di Indonesia terkenal banget kedua makanan ini.

5. Jerman

makanan terenak di dunia

Sebagai sebuah negara yang tidak mengenal nasi sebagai makanan pokok. Maka warga negara Jerman sehari-hari banyak makan roti. Menjadikannya sebagai negara dengan ketergantungan yang tinggi pada industri bakery. Tapi tentunya para orang Jerman juga pandai membuat roti sendiri. Makanan khas Jerman agak susah banget dieja nih, seperti Gulaschsuppe, Bretzel dan Bratwurst.

6. India

makanan terenak di dunia

Kita tak boleh melupakan India, negara yang berpenduduk banyak ini juga punya citarasa makanan tersendiri. Kuliner terenak di dunia dari sana antara lain yaitu nasi biryani dan ayam tandoori.

7. Indonesia

resep soto ayam kuning
img: eresep.com

Tentu saja negara pertama dengan kuliner terenak di dunia adalah Indonesia. Tak dapat dipungkiri Nusantara memiliki begitu banyak makanan khas yang kaya akan bumbu. Ini tak lain karena NKRI memiliki sangat banyak tanaman rempah-rempah.

Makanan terenak di dunia  yang berasal dari Indonesia antara lain: rendang, rawon, soto, nasi goreng, bakso, ayam betutu, ayam penyet dan lain sebagainya. Hidangan kaya rempah ini sungguh menggugah selera di kancah internasional. Tak heran bila Indonesia sering menjuarai kontes makanan paling enak di dunia.

8. Korea Selatan

makanan terenak di dunia

Tidak hanya industri K-Pop saja yang maju, untuk urusan makanan, Korsel juga menyumbang banyak pengaruh di negara-negara Asia, tak terkecuali Indonesia. Kini banyak menjamur sekali kan restoran-restoran cepat saji berkonsep negeri ginseng merah ini? Beberapa makanan seperti Tteokbokki, Ramyeon dan Bulgogi pasti sering dengar, kan?

9. Saudi Arabia

makanan terenak di dunia

Bicara tentang Arab Saudi, tentu sebagai orang Indonesia akan sangat mengenal berbagai makanan lezat dari sana. Maklum saja, kuliner terenak di dunia bergaya Arabian ini cukup booming di Indonesia. Sebut saja Nasi Kebuli dan Samosa.

10. Thailand

makanan terenak di dunia

Negeri gajah putih dan seribu pagoda, itulah julukan untuk Thailand. Salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan pariwisata terbesar di Asia ini juga memiliki kuliner terenak di dunia loh!

Bahkan satu jenis masakan khas Thailand ini sering dianggap sebagai sup yang jatuh dari surga firdaus. Apa itu? Ya, apalagi kalau bukan Tom Yam Goong. Sup rasa kecut ini mengingatkan kita pada sayur asem khas Indonesia. Tapi tentu kuah dan isian mereka beda.

11. China

makanan terenak di dunia

Sungguh cukup sulit untuk tidak memasukkan China sebagai salah satu raja kuliner terenak di dunia. Mereka memang terkenal akan resep-resepnya yang mengglobal. Sebagai negara dengan penduduk terbesar pertama di dunia, tentu orang China ada di mana-mana. Konsekuensinya, restoran Tiongkok pun menjamur di tiap negara. Makanan dari China yang terkenal di mana-mana contohnya adalah Dimsum, Siomay dan Bebek Peking.

12. Amerika Serikat

makanan terenak di dunia

Negara adidaya Amerika Serikat menjadi pusat dari lahirnya fastfood. Gelombang McDonald, KFC, Starbucks dan lainnya itu semua berasal dari USA. Kuliner terenak di dunia banyak lahir di negaranya presiden Trump ini. Tapi memang lebih menonjol pada menu-menu ala restoran cepat saji.

Nah, dari berbagai kuliner terenak di dunia seperti di atas. Manakah yang paling menggugah selera? Dan negara manakah yang memiliki keunggulan variasi makanan dibandingkan negara lainnya?

Sepertinya Indonesia tetap juaranya, ya? Tidak ada yang bisa menandingi betapa banyaknya keragaman resep yang lahir di Nusantara. Maklum, sejak zaman dulu kala, Indonesia terkenal akan rempah-rempahnya. Sampai-sampai para penjajah datang ke negeri ini karena ingin mengeksploitasi rempah-rempah.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.