Ingin ASI Anda Deras dan Berkualitas? Yuk, Konsumsi Makanan Pelancar dan Penambah Asi yang Alami dan Menyehatkan!

makanan penambah dan pelancar asi

Apakah ada makanan pelancar dan penambah ASI? Tentu ada, bahkan sangat banyak. Well, setiap ibu menyusui pasti mendambakan agar dapat mengoptimalkan pemberian ASI pada si bayi, utamanya saat 6 bulan pertama agar lulus ASI eksklusif.

Karena hal ini, seringkali ibu menyusui mengumpulkan banyak informasi mengenai bagaimana cara meningkatkan kualitas, produksi, dan kelancaran ASI. Tidak jarang juga menanyakan makanan apa yang harus dikonsumsi selama menyusui agar ASI selalu lancar.

Lalu, apakah anda tahu makanan apa saja yang terbukti efektif sebagai pelancar ASI dan direkomendasikan untuk rajin dikonsumsi para busui? Yuk, langsung saja simak penjelasannya!

Bayam yang termasuk sayuran hijau mengandung banyak fitoestrogen yang bagus untuk melancarkan ASI

Bayam yang termasuk sayuran hijau mengandung banyak fitoestrogen yang bagus untuk melancarkan ASI

Ada begitu banyak macam sayuran yang telah dipercaya begitu efektif dan ampuh menjalankan perannya untuk memperlancar ASI bahkan produksi ASI pun dapat meningkat sempurna. Salah satu sayuran tersebut adalah bayam. 

Hal ini tentu ada beberapa alasan. Bayam yang termasuk sayuran hijau mengandung banyak fitoestrogen. Kandungan ini bagus untuk melancarkan ASI anda. Fitoetrogen sebenarnya kandungan yang juga serupa dengan kandungan di kacang arab. 

Lalu, tahukah anda kalau Bayam termasuk makanan yang memiliki kandungan zat besi begitu melimpah? Well, inilah juga alasan kenapa anda yang berada di proses pemulihan pasca melahirkan apalagi hingga pendarahan dianjurkan mengkonsumsi makanan atau sayuran ini.

kandungan zat besi yang terdapat didalamnya dapat memperlancar terbentuknya sel darah merah. Yang lebih menakjubkan lagi, bayam memiliki antioksidan yang mana dengan mengkonsumsinya maka fungsi jantung akan tetap terjaga dan sehat. Ini dikarenakan mengandung rendah kalori.

Selain itu, saat makan sayur ini, energi anda terkumpul dan pulih kembali. Bahkan, serat, protein, karbohidrat, juga beragam vitamin juga mineral akan anda dapatkan juga.

Mineral dan vitamin yang terdapat di bayam antara lain vitamin C, vitamin A, asam folat, kalsium, kalium, natrium, seng, dan juga tembaga. Mineral dan vitamin tersebut sangat baik untuk anda bahkan juga pertumbuhan bayi tercinta anda. 

Kandungan zat galactagogue pada daun katuk bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan juga produksi asi.

Daun katuk untuk memperlancar dan penambah asi

Anda pasti sudah sangat familiar dengan nama ini kan? Ya, semua orang sangat mempercayai bahkan tidak ada lagi keraguan bahwa daun katuk adalah sayuran yang sangat ampuh melancarkan ASI para ibu menyusui.

Daun ini bisa anda olah menjadi beragam makanan. Didalamnya, terdapat kandungan berupa galactagogue. Kandungan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas juga produksi ASI dan juga melancarkannya. 

Selain itu, ada pula kandungan polifenol dan steroid dalam daun katuk. Kandungan tersebut bisa membantu meningkatkan kadar hormon tepatnya prolaktin.

Prolaktin dalam daun katuk ini termasuk hormon yang dapat berfungsi sebagai peningkat kualitas dan produksi ASI anda.

Sebenarnya, sayur ini tidak hanya termasuk makanan pelancar dan penambah ASI bagi para ibu menyusui. Ibu menyusui yang mengkonsumsinya akan mendapatkan manfaat lain yakni berat badan si baby akan meningkat dengan baik.

Bahkan, semua gizi yang dibutuhkan bayi dan ibunya pun turut terpenuhi dengan baik. Beberapa zat gizi tersebut antara lain vitamin, C, vitamin B, vitamin A, kalsium, zat besi, dan masih banyak lagi. 

Seperti halnya bayam, brokoli juga memiliki senyawa fitoestrogen dan juga asam folat untuk melancarkan ASI

img :bbcgoodfood.com

Seperti halnya daun katuk dan juga bayam, brokoli yang merupakan sayuran hijau juga dipercaya sebagai pelancar ASI. Benarkah demikian? Ya, bahkan tidak hanya kandungan fitoestrogen, brokoli juga mengandung banyak asam folat. 

Lalu, apa itu fiteostrogen? Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa zat ini merupakan gizi dalam makanan yang begitu baik untuk melancarkan produksi ASI.

Artinya, selama anda dalam masa menyusui bayi anda, brokoli sangat dianjurkan untuk anda konsumsi. Sementara itu, asam folat berfungsi untuk mendukung dan membantu perkembangan sumsum tulang belakang dan juga otak si bayi.

Ada juga banyak sekali kandungan serat, mineral dan juga vitamin yang melengkapi segala zat gizi dalam brokoli antara lain vitamin C, vitamin A, mangan, kalium, dan juga zat besi. 

Jika anda sebagai ibu menyusui rajin mengkonsumsi jenis sayuran ini atau sayuran hijau lainnya, maka anda dan bayi anda akan memperoleh banyak sekali manfaat selain kelancaran ASI.

Manfaat tersebut seperti tercukupinya kebutuhan gizi ibu juga bayi, bahkan seiring pertumbuhan si bayi, bayi dapat makan sayur dan buah lebih banyak. Bisa Anda variasi menjadi mpasi sayuran agar mempermudah mengonsumsi.

Semua kandungan mineral dan vitamin dalam brokoli juga sayuran hijau lainnya dapat membantu pencegahan adanya defisiensi atau kekurangan zat gizi. Kandungan tersebut berupa folat, magnesium, kalsium, juga banyak mineral dan vitamin lainnya. 

Pepaya hijau dapat melancarkan ASI para ibu menyusui.

pepaya hijau untuk memperlancar dan penambah asi

Pernahkah anda mendengar atau bahkan mengkonsumsi pepaya hijau? Umumnya, anda terbiasa menemui ataupun mengkonsumsi buah pepaya yang mana warna daging pepaya tersebut adalah oranye.

Nha, faktanya, pepaya memiliki jenis lain lho. Ya, namanya pepaya hijau atau lebih sering disebut pepaya muda. Pepaya ini dapat melancarkan ASI para ibu menyusui. 

Pepaya hijau ternyata juga mengandung galactagogue yang berfungsi melancarkan ASI. Artinya, payudara akan memproduksi ASI lebih banyak dan meningkat saat ibu menyusui mengkonsumsi jenis pepaya satu ini. 

Selain itu, pepaya hijau dipercaya mengandung banyak vitamin, enzim, dan juga mineral seperti vitamin C dan juga A. Tapi, anda harus mengingat satu hal, sebelum anda mengkonsumsi pepaya ini, anda harus mengolahnya dengan sangat baik.

Pada dasarnya, pepaya hijau ini ketika masih mentah atau belum masak, teksturnya sedikit keras. Artinya, anda harus mengolah atau memasaknya sampai benar-benar matang sebelum anda menyantapnya. 

Kacang almond yang sudah dibuat susu berguna untuk melancarkan asi

susu kacang almond untuk memperlancar dan penambah asi

Kacang-kacangan khususnya kacang almond juga sangat efektif dalam membantu peningkatan produksi dan kelancaran ASI. Terdapat beragam zat gizi yang dikandung kacang almond, diantaranya yakni banyaknya kandungan protein, serat, dan juga lemak. 

Well, anda jangan terlalu khawatir terhadap kandungan lemaknya. Lemak yang terkandung di kacang jenis ini merupakan jenis lemak yang justru akan memperlambat atau bahkan menurunkan LDL atau lemak jahat. 

Artinya, lemak yang akan meningkat yaitu lemak baik atau disebut dengan HDL. Kacang ini pun memiliki banyak sekali kalsium. Inilah alasan mengapa kacang jenis ini sering sekali diolah dan diproses menjadi susu. 

Kacang almond apalagi jika sudah berupa susu sangat berguna untuk melancarkan ASI. Selain itu, umumnya ibu menyusui memfavoritkan kacang ini karena percaya bahwa kacang ini akan memberikan ASI penuh cita rasa bagi si bayi. 

Pare memang pahit, namun kandungan asam folat dan juga likopen yang dapat meningkatkan asi

buah pare untuk memperlancar dan penambah asi

Mungkin anda tidak pernah menyangka kalau pare yang sangat terkenal akan rasa pahitnya ternyata juga bisa melimpahkan produksi ASI. Ternyata, pare adalah sumber folat bahkan mengandung fotonutrien yang berguna untuk meningkatkan ASI. Pare pun memiliki kandungan likopen, vitamin K, fitokimia liuten, dan juga kandungan antioksidan. 

Agar anda atau ibu menyusui tidak terlalu merasakan pahitnya pare saat mengkonsumsinya, pare bisa diolah menjadi smoothies yakni dengan mencampurkannya susu almond, pisang, juga buah lainnya. 

Oatmeal makanan dengan beragam manfaat

oatmeal untuk memperlancar dan penambah asi

Jenis makanan lain yang membantu memperlancar ASI adalah oatmeal. Jenis makanan ini yakni salah satu jenis biji-bijian yang mengandung banyak zat gizi yang sangat baik untuk bayi dan juga ibunya karena sangat membantu kelancaran ASI. 

Setiap mengkonsumsi oatmeal, anda pasti memperoleh asupan serat, vitamin, karbohidrat, dan juga banyak sekali mineral lainnya. Dalam satu mangkuk oatmeal terdapat kandungan mineral seperti magnesium, fosfor, tembaga, mangan, zat besi, dan seng. 

Lalu, apa yang menyebabkan oatmeal bisa memperlancar ASI? Hal ini karena zat besi yang dikandung cukup melimpah.

Selain ASI anda lancar saat mengkonsumsinya, tubuh anda khususnya ibu menyusui juga akan lebih tenang dan nyaman saat memakannya. Umumnya, ini dikenal dengan sebutan comfort food. 

Well, itulah penjelasan mengenai makanan pelancar dan penambah ASI. Dan, hal yang tidak kalah penting agar produksi tetap lancar adalah hati dan pikiran si ibu harus tenang dan tidak stress. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.