Kamu Harus Tahu Bahwa Tubuh Kalian membutuhkan Protein

Ini Dia Makanan Kaya Protein Penting Bagi Tubuh

Peranan protein sangat penting di dalam tubuh, sebab protein sendiri bekerja untuk proses pembentukan sel-sel syaraf di dalam tubuh. Protein merupakan salah satu zat yang berguna untuk proses pembentukan pada jaringan otot. Di mana protein ini penting untuk mengatur hormon pada pencernaan manusia, serta bisa mengatur tingkat keasaman pH tubuh. Selain itu, protein sangat penting peranannya sebagai energi dan cadangan makanan di dalam tubuh. Di dalam protein, terdapat kandungan berbagai senyawa sehingga membantu peranan yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun komponen zat atau senyawa yang ada dalam protein di antaranya hormon, enzim, asam amino dan bionote.

Hormon diproduksi dari zat asam amino dan berperan pada proses pembentukan protein. Sementara enzim sendiri merupakan bahan pembentuk protein. Enzim ini mempunyai peran sebagai katalis, yakni berperan untuk meningkatkan proses reaksi kimia pada tubuh. Asam amino sendiri merupakan struktur pembentuk protein, sedangkan bionote memberikan peranan yang penting bagi protein. Selain itu, protein pun mengandung sejumlah zat lainnya, seperti nitrogen, sulfur, oksigen, hidrogen, karbon, fosfor dan lain sebagainya.

Bagaimana Dampaknya Jika Kekurangan Asupan Protein?

Kekurangan makanan dengan asupan protein tinggi, bisa menyebabkan timbulnya penyakit kwashiorkor. Selain itu, bisa menyebabkan proses pertumbuhan tidak maksimal, di mana rambut akan mengalami kerontokan, masalah sistem pencernaan, terjadinya perubahan warna kulit, kerusakan hati, serta kekebalan tubuh menjadi menurun. Maka dari itu, saat mengonsumsi makanan kita harus waspada dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Tentunya kita jangan hanya memilih makanan yang enak atau asal mengenyangkan saja. Hal ini dikarenakan, jika kita salah saja mengonsumsi makanan maka kesehatan pun menjadi jaminannya. Konsumsilah makanan dengan kandungan protein meskipun kandungannya sedikit.

Daftar Makanan Kaya Protein

Kurangnya pengetahuan akan pentingnya protein dalam tubuh, serta makanan yang mengandung protein tinggi tentunya menjadi dampak kurangnya perhatian kita akan protein di dalam tubuh. Maka dari itu, kita pun harus mengetahui apa saja makanan yang mengandung protein tinggi yang berguna bagi tubuh seperti berikut ini :

  1. Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber protein yang penting untuk tubuh. Tak hanya memiliki kandungan karbohidrat tinggi juga memiliki kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh dan juga mineral yang sangat berguna bagi kesehatan.

  1. Gandum

Untuk mendapatkan gandum di wilayah tropis memang agak sulit untuk di dapatkan, namun walaupun begitu Kamu bisa mengonsumsi makanan seperti sereal ataupun roti yang memiliki bahan dasar dari gandum. Gandum memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga bisa di manfaatkan oleh tubuh termasuk dalam menjaga ketahanan tubuh itu sendiri dari berbagai penyakit yang akan menghadangnya

  1. Kacang almond

Diketahui kacang almond termasuk jenis kacang-kacangan yang kaya akan protein dan bisa di sejajarkan dengan makanan lainnya. Kamu bisa mengonsumsi kacang almond sebagai camilan atau makanan ringan saja, atau jika memungkinkan bisa di campur dengan makanan lainnya. Kacang almond di samping mengandung protein, ternyata memiliki kandungan lemak yang sangat baik terutama bagi jantung Kamu agar terjaga dari berbagai jenis penyakit jantung yang berbahaya.

  1. Keju

Keju berasal dari produk berupa olahan susu yang di ketahui mengandung protein yang sangat tinggi. Cara mengonsumsinya bisa di lakukan berbagai cara, pertama bisa dikonsumsi langsung atau di campur dengan makanan yang lain seperti di jadikan pelengkap roti atau yang lainnya. Selain itu, manfaat keju bisa mencegah gigi berlubang dan dapat menguatkan gigi.

  1. Kepiting

Siapa yang tidak kenal dengan kepiting. Hewan yang satu ini di kenal dengan makanan kelas menengah ke atas. Pasalnya harga yang di banderol untuk 1 kg protein saja cukup mahal dan bisa membuat kantong Kamu terkuras. Namun harga yang cukup mahal ternyata bisa di bandingkan dengan manfaatnya yang baik bagi tubuh Kamu. Kepiting memiliki kandungan protein yang sangat baik, selain itu vitamin yang di hasilkan juga cukup banyak. Namun jangan memakan terlalu sering atau banyak karena kepiting memiliki kandung kolesterol yang tinggi sehingga makan kepiting sewajarnya adalah hal yang layak untuk di jadikan menu Kamu dalam pemenuhan kebutuhan protein bagi tubuh.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.