Ingin dapat uang tambahan walau di rumah? Yuk Simak Tips Jualan online ini

Bisnis merupakan suatu hal yang mungkin banyak orang ingin coba. Saat ini Indonesia memiliki hanya sekitar 2% pengusaha bisnis dari total penduduk.

Untuk membuat bisnis yang besar membutuhkan suatu proses, bisnis besar yang memiliki banyak karyawan dan total order yang sangat banyak memiliki tahapan dan proses panjang hingga bisnis tersebut sampai kepada titik tersebut.

Yang utama dalam bisnis adalah memulainya. Anda bisa mencobanya perlahan lahan untuk mengetahui bagaimana suatu bisnis itu berjalan.

Offline atau online

Sebelum era globalisasi saat ini dengan penggunaan internet yang sangat masif, anda membutuhkan suatu toko untuk memulai berjualan. Namun saat ini anda tidak usah berkecil hati karena anda bisa langsung jualan dengan menggunakan media online.

Anda dapat memulai dari sosial media ataupun marketplace untuk memulai berjualan online, tidak memerlukan biaya untuk sewa toko dahulu untuk dapat berjualan.

Jadi sudah tidak ada alasan lagi ya untuk anda tidak memulai berbisnis atau berjualan online, Yuk langsung mulai

Marketplace

Berjualan online Anda bisa mulai dari marketplace. Caranya tidak susah untuk memulai menjual barang atau produk pada marketplace. Yang pertama Anda hanya harus mempunyai akun pada marketplace, buat toko lalu posting deh barang yang Anda ingin jual.

Cara kerja marketplace yaitu seperti pasar namun medianya online. Jadi seperti pasar pada umumnya terdapat berbagai penjual yang menawarkan produk lalu tinggal menuggu ada pembeli yang ingin membeli barang tersebut.

Oia marketplace itu tidak hanya jualan produk atau barang saja ada juga marketplace yang memberikan berbagai jasa juga.

Marketplace produk

Saat ini ada beberapa marketplace yang khusus menjual produk di Indonesia. Beberapa marketplace yang cukup besar adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lazada.

Marketplace tersebut memiliki karakteristik sendiri dari rules, tampilan, dan cara membeli ataupun menjualnya. Jadi penting sebelum membuat akun untuk melakukan jual beli di marketplace tersebut membaca terms and condition dari masing masing marketplace tersebut.

Lalu marketplace mana sebaiknya anda memulai?

Anda bisa memulainya dengan membuat akun pada marketplace yang memiliki traffic terbesar dahulu meskipun pada akhirnya untuk memperbesar peluang closing anda dapat memanfaatkan semua marketplace tersebut.

Berikut data marketplace dengan traffic tertinggi di Indonesia.

data trafik marketplace di indonesia
sumber: Iprice.co.id

Berdasarkan situs iprice per kuartal 3 tahun 2019 situs yang memiliki traffic terbesar adalah Tokopedia dengan pengunjung hampir 66 juta per bulan atau sekitar 2,2 juta per hari. Wow banyak sekali ya. Coba bayangkan anda bisa menjual produk 0,001% dari pengunjung per hari saja Anda sudah mendapat 22 pembeli. Andaikata per barang profit anda 15.000 maka sehari Anda mendapatkan 330.000 Wew mantap yaa.. 

Cara berjualan Di Tokopedia

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya Anda akan memulai berjualan di marketplace dengan pengunjung tertinggi di Indonesia yaitu Tokopedia.

Asumsi Anda sudah membuat Akun Tokopedia maka selanjutnya Anda akan mencari produk apa yang akan dijual.

Memilih produk itu merupakan hal yang bisa dibilang susah nggak, dibilang mudah juga enggak, anda harus coba dan testing sampai dengan menemukan produk yang klik dengan anda.

Untuk memulainya Anda bisa jalan jalan ke daerah sekitar rumah anda untuk mencari peluang adakah produk yang sekiranya cocok dan memiliki peluang besar laku untuk dijual pada marketplace.

Apabila tahap tersebut anda belum menemukanya tenang saja ada cara lain yaitu dengan mencarinya pada marketplace itu sendiri.

kategori di marketplace tokopedia

Saat ini di situs tokopedia terdapat ratusan kategori yang bisa anda riset, coba anda lihat pada kategori dapur saja memiliki puluhan sub kategori. Jadi tenang saja anda pasti akan menemukan produk yang cocok untuk anda jual.

Misalnya anda tertarik untuk menjual produk dari kategori dapur ini.

kategori di marketplace tokopedia

Setelah itu anda bisa klik sub kategori bekal dengan asumsi anda sepertinya tertarik untuk menjual peralatan bekal.

Pada gambar tersebut anda filter dengan ulasan dengan harapan mendapat produk dengan banyak pembeli yang memberikan review atau testimoni atas barang dari toko tersebut.

Pada gambar tersebut Anda perlu tahu bahwa ada barang yang teratas dan yang memiliki ikon adalah produk yang di promote oleh penjual top ads, sedangkan yang dibawahnya adalah produk yang akan anda riset untuk dijual kembali.

Cara berjualan Di Tokopedia

Asumsi Anda ingin melihat kotak makan Yooyee karena terdapat 890 pembeli yang sudah mereview produk tersebut

Cara berjualan Di Tokopedia

Pada gambar diatas anda bisa lihat bahwa kotak makan Yooyee sudah terjual 5966 produk dengan tingkat keberhasilan pengiriman mencapai 99%, angka tersebut sudah sangat bagus untuk menjadikan toko ini salah satu supplier anda.

Cara berjualan Di Tokopedia

Setelah itu anda bisa lihat juga ulasan dari para pembeli. Dari 890 ulasan 787 memberikan bintang 5, 91 bintang 4, 8 orang bintang 3 dan hanya 1 orang yang memberikan bintang 1

Dari situ anda bisa menyimpulkan bahwa pembeli yang kecewa dengan pelayanan toko ini sangat sedikit

Udah tau kan caranya nyari supplier yang baik itu seperti apa?

Reseller dan dropship

Saat ini Anda sudah menemukan produk yang ingin Anda jual. Setelah itu timbul pertanyaan bagaimana nih mulai menjualnya?

Apabila Anda sudah membaca rules dari setiap marketplace Anda akan tahu bahwa marketplace tidak memperbolehkan melakukan dropship dari sesama marketplace namun Anda bisa melakukan antar marketplace.

Pada Artikel ini Anda akan mencoba berjualan dengan sistem reseller ya, namun tidak ada salahnya untuk Anda mengetahui sistem dropship itu apa.

Dropship

dropship adalah menjual barang tanpa perlu Anda melakukan stock barang terlebih dahulu. Jadi, ketika ada yang beli melalui anda, maka anda akan segera mebeli barang tersebut pada supplier dahulu.

Supplier tersebut nantinya akan mengirimkan barang kepada pembeli anda dengan mencantumkan nama  dan telepon toko anda.

Memang dropship ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan:

  • Tidak perlu khawatir stok barang nggak laku.
  • Tidak bingung packing sendiri
  • Fokus melayani pembeli yang menghubungi lewat anda saja.

Kekuranganya

  • Tetap memerlukan modal untuk order dahulu ke supplier
  • Supplier yang tidak jelas dan tidak responsif
  • Pengiriman barang yang sangat lama
  • Kualitas barang yang tidak sesuai dengan gambar
  • Stok tidak update sehingga ada miss informasi Antara anda dan calon pembeli

Reseller

Berbeda dengan dropship yang membeli barang ketika ada order, reseller mengharuskan anda melakukan stock dahulu.

Anda membeli sejumlah produk sebagai stock jualan anda dahulu lalu melakukan foto produk dengan hasil Anda sendiri.

Sama seperti dropshipper reseller juga memiliki kelebihan dan kekurangan

Kelebihan

  • Tidak perlu khawatir ketersediaan barang di suplier karena kita stok sendiri.
  • Lebih bisa menjamin kualitas produk karena barang kita yang pegang.
  • Pengiriman dapat dilakukan secepatnya setelah transfer diterima.

Kekurangan

  • Memerlukan modal dahulu karena membeli dengan jumlah tertentu
  • Ada kemungkinan barang tidak habis laku terjual

Marketplace Jasa

Tidak hanya produk yang memiliki marketplace namun jasa pun ada. Marketplace jasa ini mempertemukan antara freelancer dan juga klien.

Di Indonesia sendiri  terdapat marketplace yang cukup terkenal dan memiliki traffic yang cukup tinggi.

Cara berjualan Di Tokopedia

Berdasarkan gambar diatas situs project.co.id memiliki pengunjung 351 ribuan per bulan atau 117.000 pengunjung per harinya.

anda bisa melakukan pendaftaran akun lalu membuka jasa atau keahlian apa yang anda bisa berikan.

Misalnya anda memiliki skill untuk membuat logo. anda bisa menawarkan jasa pembuatan logo dengan kriteria untuk pribadi, umkm sampai dengan perusahaan. Buat terms and condition untuk jasa anda agar jelas saat nanti bekerja sama dengan klien anda.

Selain itu penting juga untuk anda memberikan portfolio design logo apa saja yang sudah pernah anda buat dan bekerja sama dengan siapa sebelumnya. Bagian ini penting untuk meningkatkan value dan trust calon klien kepada anda. Semakin meyakinkan portofolio anda semakin besar kesempatan anda mendapat klien.

Contoh tampilan projects.co.id

tampilan situs freelancer.co.id

Cara Jualan di sosial media

Sebelumnya anda sudah mengetahui bagaimana berjualan pada marketplace, sekarang anda akan tahu opsi lain untuk jualan online yakni melalui sosial media.

Cara Jualan di sosial media

Berdasarkan situs statcounter.com menjelaskan bahwa sosial media dengan pengguna terbanyak di Indonesia adalah facebook yaitu 44%.

Saat ini penduduk indonesia  sekitar 259 juta jiwa yang berati pengguna facebook di Indonesia hampir mencapai 114 juta user, sangat banyak kan. Oleh karena itu media soail yang akan dibahas terlebih dahulu untuk berjualan online adalah facebook.

Cara jualan online di facebook

Pada dasarnya sosial media merupakan tempat untuk berinteraksi antara sesama penggunanya. Untuk itu penting untuk anda paham mindset berjualan pada facebook ini.

Dengan berjualan di facebook bukan berarti anda posting jualan terus lalu dm ke pengguna lainya dan tag ke mereka secara membabi buta. Bukanya anda menghasilkan closing penjualan malahan anda mendapat banyak musuh karena ilfeel karena cara berjualan anda yang menggangu dan tidak etis.

Terus gimana dong jualannya?

Facebook Fanspage

Pada facebook sebenarnya mereka sudah menyediakan suatu sarana bagi anda yang ingin memanfaatkan facebook untuk berjualan yaitu menggunakan fanspage.

Bagaimana cara membuat fanspage?

Cara jualan online di facebook

Pertama buka facebook anda dan pergi ke beranda atau home facebook. setelah itu cari tombol Buat/create lalu akan muncul opsi opsi seperti halaman, iklan grup acara dan lainya. Lalu klik halaman

Cara jualan online di facebook

Setelah itu anda akan menemukan dua pilihan untuk membuat suatu fanspage yaitu bisnis atau merk dan komunitas atau tokoh masyarakat. Karena tujuan anda ingin berjualan online di facebook tentu akan pilih bisnis atau merk

Cara jualan online di facebook

Tahap ketiga anda diminta facebook untuk mengisi dan melengkapi data bisnis anda. isi dengan sebenarnya dan setelah semua terisi anda bisa klik lanjutkan

Cara jualan online di facebook

Tahap keempat anda bisa upload foto profil bisnis anda. stelah itu klik unggah foto profil

Cara jualan online di facebook

Tahap kelima upload atau gunakan foto dan cover yang bagus sesuai dengan jenis bisnis anda,

Setelah jadi sekarang anda bisa melakukan isi fanspage anda dengan konten yang bermanfaat bagi calon pengikut anda.

Saat pertama kali membuat fanspage akun jualan anda tidak memilki follower sama sekali untuk itu setelah mengisi fanspage anda dengan konten bermanfaat bagi audience anda selanjutanya adalah melakukan iklan agar fanpage anda bisa dilihat orang banyak dan mendapat like .

Oia sekedar tips isikan sekitar 10-20 postingan dahulu ya agar fanspage anda lebih terlihat hidup dan trust aja.

Facebook ads

Cara ini cukup efektif untuk mendatangkan trafik dengan instan ke fanspage jualan anda. Namun yang perlu anda tahu bahwa untuk melakukannya anda harus mengeluarkan uang untuk setiap iklan yang akan anda tayangkan di Facebook.

Sebelum memulai teknis iklan di facebook mungkin anda belum tahu bagaimana tampilan iklan facebook itu

Itu merupakan contoh iklan facebook yang  tampil di beranda seorang pengguna facebook

Cara iklan di Facebook

Pada tulisan sebelumnya anda sudah melihat bagaimana tampilan sebuat iklan facebook. Sekarang anda akan mencoba membuat iklan pada facebook.

1. Memiliki fanspage dan konten postingan.

Cara jualan online di facebook

Sebelum memulai iklan yang pertama adalah anda sudah memiliki fanspage dan sudah terisi konten postingan.

Pada gambar tersebut kita akan mengiklankan postingan diatas.

Caranya yaitu mengklik tombol “promosikan postingan”

2. Menentukan objektif iklan

Cara jualan online di facebook

Setelah klik tombol “promosikan postingan” anda akan menemukan tampilan seperti gambar diatas.

Pada kanan atas merupakan objektif iklan yang harus anda pilih.

Pada gambar tersebut terdapat 2 pilihan yaitu

–          Kirim ke situs web anda

Iklan tersebut akan di optimasi oleh facebook agar muncul kepada orang yang sering mengklik iklan dan sampai kepada suatu website.

Selain itu tujuanya adalah untuk mengirimkan audience dari facebook untuk klik iklan tersebut dan sampai pada website anda

–          Dapatkan lebih banyak orang menanggapi, komentar dan berbagi

Iklan tersebut akan dioptimasi facebook agar muncul ke banyak orang yang sering melakukan like, komen dan share suatu postingan facebook.

3. Menentukan target audience

Cara jualan online di facebook

Pada tahap ketiga ini anda harus menarget calon pembeli anda kira kira produk anda masuk ke pangsa pasar yang seperti apa.

Target yang bisa anda tentukan dari berupa umur, lokasi dan lainya

4. Menentukan budget iklan

Cara jualan online di facebook

Pada tahap ini sesuai dengan namanya anda harus menentukan biaya yang anda akan keluarkan untuk setiap postingan facebook yang akan anda iklankan. Selain itu durasi waktu tampil anda juga harus tentukan.

Anggaran minimal untuk sekali posting iklan pada facebook adalah rp 10.000.

5. Iklan akan di review dan akan tayang di facebook

Pada tahap ini anda hanya menunggu sampai iklan anda jalan. Ini merupakan prosedur review oleh facebook. Terkait terms and condition produk apa saja yang bisa dan tidak bisa dijual dan tata cara iklan anda bisa baca lebih lengkap pada link ini ya >>Kebijakan iklan facebook

Cara jualan di Instagram

Sosial media ini sebenarnya memiliki satu induk dengan facebook. Saat ini instagram merupakan salah satu saluran media sosial yang sangat aktif dan memiliki pengguna aktif yang terus bertambah setiap harinya.

Sudah banyak contoh orang orang yang sukses berjualan online dan mendapatkan uang dari instagram ini.

Sebelum berjualan tentunya anda harus membuat akun di instagram dulu dong, berikut yang harus anda lakukan

1. Membuat akun jualan

Hal yang pertama tentunya membuat akun jualan. Cara membuatnya sangat mudah kok, apabila anda bingung anda bisa googling banyak sekali tutorial yang bisa anda ikuti.

Tujuan membuat akun jualan adalah untuk memberikan kesan lebih profesional karena tidak bercampur aduk dengan postingan pribadi,

anda bisa membuat akun dengan nama bisnis atau brand anda. Dengan begitu apabila orang ingin mencari toko anda amaka akan lebih ketemu dan muncul dalam kolom [pencarian

2. Membuat menjadi akun bisnis

Akun bisnis ini bukan berarti anda buat akun baru lagi ya. Akun jualan yang sebelumnya sudah anda buat sekarang anda ubah menjadi akun bisnis atau akun profesional.

Bagaimana caranya?

Mengapa kita ubah menjadi akun bisnis?

Tujuan pertama ya karena memang anda kan ingin serius berbisnis kan? 🙂

Dan yang kedua adalah banyak fitur pada akun bisnis yang bisa anda gunakan untuk menunjang anda jualan online.

Cara jualan di Instagram

pertama, masuk ke beranda profile anda, klik garis tiga di pojok kanan atas. Setelah itu pilih menu setting yang ada di bagian paling bawah.

Pada menu setting, pilih tombol account, lalu klik Switch to Business Account/ professional account. Habis klik tombol itu, akan ada setting lanjutan, tinggal ikuti aja itu sampai akun anda berganti jadi business account.

3. Pasang link website atau online shop anda

Cara jualan di Instagram

Pada tahap ini anda bisa skip ya apabila tidak punya website jualan pribadi, namun apabila anda sudah punya toko online pada marketplace tidak ada salahnya anda mencantumkan pada bio instagram anda.

4. Upload foto yang bagus

Pada dasarnya manusia merupakan makhluk visual, jadi sangat vital sekali pemilihan foto anda untuk diupload pada akun instagram anda.

Apalagi instragam ini memang pada dasarnya adalah sosial media yang kuat sekali visualnya jadi tidak boleh asal asalan yang dalam pemilihan konten.

Cara jualan di Instagram

Pada contoh diatas anda bisa lihat bahwa pemilik akun kurang serius dalam merancang kontenya sehingga yang ada engagement sangat kecil, dan cenderung mengambil foto dari google.

Pemilik mengambil gambar lalu mengedit dengan croping. Bisa dipastikan bahwa pada akun lainya orang bisa menggunakan foto produk dan model yang sama.

Cara jualan di Instagram

Penggunaan konten foto pada gambar diatas sangat enak kan di mata. anda pasti akan klik profil instagramnya dan mata anda akan dimanjakan oleh visual yang enak sekali. Penting juga untuk mengusahakan menggunakan foto pribadi dibandingkan dengan mencomot dari google atau sosial media lainya.

Selain itu coba deh bayangkan pada kedua contoh gambar diatas , misalnya anda orang yang mau beli barang di instagram, bakalah lebih pilih yang mana?

Kalo jawabnya yang kedua berarti memang dengan menggarap konten yang serius meningkatkan kepercayaan seseorang pada suatu produk atau brand tersebut.

5. Gunakan hashtag

Penggunaan caption atau keterangan merupakan satu kesatuan dalam pemenuhan konten dalam suatu akun bisnis anda.

Jadi selain foto, keterangan atau deskripsi produk  dan jangan lupa untuk hastag.

Apa sih hastag itu?

Hashtag adalah kata yang diawali dengan simbol pager #, tujuanya adalah untuk mengidentifikasi kata atau kata kunci agar muncul dalam suatu kolom pencarian.

Cara jualan di Instagram

Misal anda ingin mencari barang di instagram yaitu tempat makanan yaudah buat aja hastag  dengan menulis di kolom pencarian #tempatmakanan

Muncul berbagai post dan akun terkait tempat makanan.

Itulah fungsi utama hastag yang anda bisa gunakan, anda juga bisa menggunakan hastag lebih dari satu lho.

6. Endorse selebgram atau paid promote

Untuk mendatangkan trafik calon pembeli anda bisa gunakan cara endorse artis atau paid promote.

Bedanya apa sih kedua tersebut? Yuk kita bahas satu satu

Endorse selebgram

Untuk mengendorse tentunya anda akan mengeluarkan dana yang cukup lumayan. Mahal atau tidaknya selebgram tergantung dari tingkat popularitas, engagement dan follower yang mereka punya.

Semakin populer semakin mahal tarif biaya endorsenya.

Lalu bagaimana cara endorsenya?

anda bisa kontak agensi agensi yang menaungi selebgram tersebut, namun ada cara yang cukup mudah untuk anda bisa memulai endorse.

Yaitu dengan menggunakan marketplace endorse di sociabuzz

Setelah anda daftar anda akan melihat tarif yang bisa anda alokasikan apabila bekerja asama dengan selebgram tersebut.

Cara jualan di Instagram

Contoh endorse selebgram oleh zascia adya mecca

Paid promote

Serupa tapi tak sama dengan endorse paid promote juga dapat anda coba dalam hal promosi produk atau brand anda.

Berbedanya apa? Kalo sebelumnya selebgram di post secara personal oleh seseorang pada paid promote produk anda akan di post oleh sebuah akun komunitas atau sejenisnya

Cara jualan di Instagram

Ini merupakan contoh akun instagram yang menerima paid promote.

Untuk menggunakan paid promote tentunya anda harus pikirkan ya mencari sebuah akun yang cocok dengan produk yang akan anda jual.

Jangan sampai anda jual aksesoris motor namun anda promote pada akun tutorial hijab. Ya gak ada yang ngelarang sih namun tidak efektif dan pemborosan budget anda saja karena kemungkinan closingnya akan sangat rendah.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.