Inilah Makanan Wajib Untuk Penderita Maag Jika Mulai Kambuh

Inilah Beberapa Makanan Untuk Penderita Maag Jika Mulai Kambuh

Apakah Anda suka menunda waktu makan? Apakah Anda sering menahan lapar tapi, tidak segera makan? Maka, berhati-hatilah karena Anda bisa terserang penyakit maag. Maag merupakan penyakit perut yang disebabkan adanya refluks asam lambung. Itu artinya, terjadi kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan sehingga, jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan rasa perih di area lambung.

Selain karena susah makan atau menahan lapar, penyakit maag juga bisa timbul diakibatkan oleh banyak memakan makanan pedas, berminyak, minuman berkafein, dan alkohol. Jika kebiasaan tersebut tidak dihentikan dengan segera, padahal Anda sudah merasakan sakit dan perih pada bagian lambung maka, penyakit maag akan menjadi lebih ganas. Dan memungkinkan terjadinya penyakit yang lebih berbahaya dari sebelumnya.

Itu sebabnya, bagi Anda yang sudah mengetahui bahwa memiliki penyakit maag, disarankan agar memakan makanan untuk penderita maag.  Dengan makanan tersebut, lambung Anda akan terasa nyaman serta dapat menetralkan asam yang ada di dalamnya. Berikut ini makanan yang sangat disarankan bagi para penderita maag.

  • Buah Pisang

Buah pisang merupakan buah yang memiliki tingkat keasaman rendah. Kandungan yang ada pada buah pisang mampu memberikan perlindungan pada dinding lapisan esofagus yang mengalami gangguan di bagian lambung. Selain itu, buah pisang memiliki tekstur yang lembut dan lembek sehingga, memudahkan lambung dalam bekerja dan menghancurkan buah pisang. Buat Anda yang sering mengalami penyakit maag tiba-tiba, buah pisang yang mudah dibawa ini menjadi penolong Anda.

Susu Almond

Susu almond bisa Anda konsumsi sebelum beraktivitas di luar pada pagi hari. Kandungan susu ini mampu menetralisir makanan yang asam. Anda juga bisa membuat makanan sehat dengan campuran susu almond jika merasa bosan meminum susu. Buat kombinasi yang sehat, mengenyangkan, dan enak untuk sarapan pagi Anda dengan susu almond. Aktivitas Anda akan aman dari refluks asam lambung.

img: medicalnewstoday.com

  • Semangkuk Oatmeal

Makan semangkuk oatmeal dengan campuran susu almond saat sarapan menjadi pilihan yang sangat tepat bagi penderita maag. Oatmeal dapat menyangga dan melindungi lapisan perut serta memenuhi tubuh Anda dengan serat yang sehat. Hindari semangkuk oatmeal Anda dengan campuran krim kental. Karena kandungan akan menjadi tidak sehat dan membuat isi lambung menjadi naik. Gunakan campuran oatmeal dengan makanan yang bisa dikonsumsi baik oleh penderita maag.

  • Seledri

Banyak orang yang tidak terlalu menyukai seledri. Selain baunya yang khas dan cukup menyengat, ada sensai getir saat dimakan. Namun ternyata, seledri ini merupakan salah satu makanan yang sangat dianjurkan bagi penderita maag. Tumbuhan ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Oleh karenanya, merupakan pilihan yang sangat tepat bagi penderita maag. Sumber serat baik dari seledri ini akan membuat Anda yang susah dan telat makan, menjadi makan dengan tepat waktu.

hariangadis.com

  • Minuman Teh Jahe

Minuman satu ini memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Mampu menghangatkan tubuh disaat udara mendingin. Selain itu, teh jahe juga bisa dijadikan sebagai obat yang dapat mengatasi masalah pencernaan. Anti inflamasi yang terkandung di dalam jahe memberikan efek pereda bagi penderita asam lambung. Untuk membuat teh jahe sangatlah mudah. Minuman ini bisa Anda jadikan sebagai teman minum sebagai pengganti kopi.

img: kaylaitsines.com

Itulah beberapa makanan untuk penderita maag yang aman dan menyehatkan bagi tubuh. Sayangi tubuh Anda sebelum penyakit menggerogoti lebih parah.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.