Khasiat Buah Zuriat untuk Kesehatan dan Program Kehamilan

Buah zuriat

Apa itu buah zuriat? Buah zuriat berasal dari tanaman sejenis pohon palem.

Tanaman ini banyak ditemukan di negara-negara Arab dan bagian utara Afrika. Buah zuriat kaya akan vitamin dan mineral seperti kalium, natrium, kalsium, mangan, fosfor dan vitamin B kompleks.

Selain itu juga mempunyai serat yang baik serta bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat.

Mempunyai kandungan flavonoid tinggi dan senyawa fenol, yakni senyawa yang mempunyai aktivitas antioksidan dan antibakteri yang sangat signifikan.

Khasiat Buah Zuriat dan Cara Mengkonsumsinya

Kegunaan buah zuriat yang paling populer di masyarakat adalah untuk meningkatkan kesuburan.

Namun, sebenarnya bukan itu saja manfaatnya. Buah zuriat yang mempunyai banyak kandungan di dalamnya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Kulit buah ini sangat keras, anda membutuhkan alat yang kuat untuk membukanya atau menghancurkannya menjadi ukuran yang kecil-kecil. Di dalam buah ini terdapat biji yang memiliki kesamaan dengan buah kelapa. Jenis buah zuriat Madinah berbeda dengan buah zuriat jenis lainnya. Aromanya lebih sangat menarik seperti aroma kopi.

Bagi anda yang sedang ikhtiar untuk mendapatkan momongan, tidak ada salahnya mengkonsumsi buah ini. Buah ini dipercaya manjur dalam program kehamilan dikarenakan ditanam di tanah suci mekah dan tanah di sana penuh berkah. Biasanya para jamaah haji membeli buah zuriat madinah atau buah zuriat mekah sebagai oleh-oleh.

Untuk buah zuriat Mesir dan negara sekitarnya biasanya memiliki warna buah yang lebih muda atau coklat muda. Buah zuriat jenis ini juga dapat anda manfaatkan untuk program hamil. Harganya lebih murah apabila dibandingkan dengan buah zuriat Madinah.

Klik Gambar di atas

Segudang Manfaat Buah zuriat

Buah zuriat bisa disebut buah yang ajaib. Dikatakan demikian karena mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut bundamimi sharing tentang khasiatnya:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi sangat berguna untuk melindungi tubuh dan membunuh kuman yang membahayakan.

Bagi anda yang sangat mudah terserang penyakit, anda bisa mencoba mengkonsumsi buah ini untuk mengembalikan kesehatan anda.

2. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau biasa disebut tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sudah umum kita jumpai di negara kita.

Tahap awal hipertensi tidak menimbulkan gejala yang berarti, namun sangat berbahaya dan dapat memicu komplikasi masalah kesehatan yang lain jika tidak segera dapat penanganan.

Misalnya saja dapat memicu penyakit jantung maupun stroke. Hal ini dikarenakan kerja jantung yang lebih keras dalam memompa darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh, disebabkan tekanan darah pada arteri meningkat.

Anda dapat mencoba dengan obat herbal terlebih dahulu, misalnya saja dengan mengkonsumsi buah ini. Karena, berdasarkan penelitian buah ini mempunyai aktivitas antihipertensi.

3. Menurunkan Kolesterol

Apa sebenarnya kolesterol itu? Orang-orang banyak yang mempunyai anggapan bahwa kolesterol itu jahat.

Kolesterol merupakan zat berlilin pada seluruh sel dalam tubuh kita. Kolesterol merupakan zat yang juga dibutuhkan oleh tubuh kita.

Tujuannya agar menghasilkan vitamin D, hormon dan yang lainnya. Dengan cara yang alami akan terbentuk dengan sendirinya dalam tubuh.

Namun, apabila kolesterol dalam tubuh kita berlebihan maka akan menimbulkan masalah. Masalahnya adalah penyumbatan yang terjadi dalam pembuluh darah.

Aliran darah akan terganggu dan asupan darah yang menuju ke jantung akan tebatas.

Biasanya kolesterol dipicu oleh konsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Bisa juga karena berat badan yang berlebihan dan kurang gerak atau gaya hidup yang tidak aktif.

Ekstrak buah zuriat dapat menurunkan kadar lemak total dalam darah, kadar trigliserida dan juga kadar kolesterol jahat. Jika kolesterol dapat ditangani sejak dini, maka berbagai resiko berbahaya dari kadar kolesteror darah dapat dicegah.

4. Mengatasi Diabetes

Selain dapat menurunkan kolesterol dan mengatasi darah tinggi, buah zuriat juga mempunyai aktivitas antidiabetes. Dapat menurunkan kadar gula darah tanpa adanya efek samping yang dapat membahayakan tubuh.

5. Mencegah Infeksi dan Peradangan

Peradangan dan infeksi dalam tubuh dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah ini. Apabila anda mengalami luka pada tubuh anda, maka buah ini dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Sehingga tidak akan terjadi infeksi. Bisa juga untuk membantu mengurangi jerawat yang timbul di wajah.

6. Mengobati Sembelit

Sembelit biasanya sering tejadi anak-anak, lansia, dan wanita hamil, hal ini bisa disebabkan karena makanan. Tanda-tanda sembelit biasanya adalah sulit saat BAB, feses keras, sakit perut dan perut terasa penuh.

Bahkan saat BAB bisa disertai dengan keluarnya darah dan merasa ada yang tersumbat. Bagi anda yang mengalami permasalah dalam BAB atau sembelit, anda dapat memanfaatkan buah zuriat.

Kandungan yang kaya serat dan mineral, mempunyai kadar tinggi yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan tubuh kita agar lancar atau tidak mengalami sembelit.

6. Mencegah dan Mengobati Alergi

Reaksi yang berlebihan dari tubuh kita yang berakibat adanya kegagalan sistem imunitas dari tubuh, biasanya merupakan penyebab dari alergi.

Biasanya alergi berpengaruh dari kondisi lingkungan ataupun berbagai benda yang dianggap asing dan berbahaya bagi tubuh. Alergi pada kulit seseorang biasanya timbul rasa gatal dan timbul ruam-ruam merah pada permukaan kulit.

Buah zuriat dipercaya mengobati alergi dikarenakan buah ini mengandung hidroxycinnamates dan flavonoid yang mempunyai peran anti alergi yang sangat mujarab.

7. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini ditandai oleh adanya kerutan atau noda bercak pada kulit. Akibat dari polusi, paparan sinar matahari dan jaringan bawah kulit yang menghilang.

Namun juga ada faktor lain yang menyebabkan penuaan dini, diantaranya adalah obesitas, stres dan pergerakan pada wajah. penuaan dini dapat dicegah dengan cara melindungi diri atau kulit kita setiap hari dari paparan sinar matahari.

Hindari ekspresi wajah yang berulang dan berolah raga yang rutin. Dan yang tak kalah penting adalah memperhatikan pola makan dengan gizi yang seimbang.

Bagi anda yang ingin selalu tampil awet muda, atau bagi anda yang terlihat sudah tua namun sebenarnya masih mempunyai usia yang muda, cobalah untuk mngkonsumsi buah ini secara berkala dan teratur.

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi mampu menjadikan buah ini untuk mengatasi penuaan dini dan membuat tubuh anda selalu bugar.

8. Mencegah Kanker dan Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan meningkatnya resiko berbagai macam penyakit. Tubuh kita memiliki beribu sel yang mempunyai banyak molekul untuk membangunnya.

Tiap molekul mempunyai tugas dalam fungsi sebuah sel. Hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Saat molekul tubuh rusak oleh sesuatu hal, maka seluruh bagian tubuh kita tentunya juga akan mengalami kerusakan.

Untuk mengankal radikal bebas maka perlu upaya untuk membatasi pembentukan radikal bebas tersebut. Anda dapat meningkatkan antioksidan untuk menangkal efeknya.

Serta konsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin C, Vitamin E, dan berbagai macam buah dan sayuran.

Contoh buah yang mempunyai banyak kandungan nitrogen reaktif dan antioksidan adalah buah zuriat. Buah ini  mampu dijadikan sebagai penangkal radikal bebas atau penangkal kanker.

9. Mencegah Osteoporosis

Jika anda sedang mengalami permasalahan mengenai kesehatan tulang, anda dapat mengkonsumsi buah ini secara rutin, misalnya saja osteoporosis.

Osteoporosis merupakan kondisi kualitas kepadatan tulang yang mengalami penurunan. Hal ini dapat menyebabkan tulang rentan retak atau bahkan mudah keropos.

Gejala yang timbul biasanya pada masa awal akan mengalami penuruan kepadatan tulang. Selanjutnya akan terjadi gejala osteoporosis seperti sakit punggung, tinggi badan menurun, sering mengalami cedera ataupun keretakan tulang seta postur tubuh lebih membungkuk.

Untuk mencegah osteoporosis, anda dapat memanfaatkan buah ini karena mempunyai kandungan kalsium yang tinggi.

10. Memperlancar Haid

Mengkonsumsi rebusan dari buah zuriat dapat membantu anda yang mengalami haid kurang lancar. Buah ini dapat membantu memperlancar peredaran darah, sehingga dapat membantu mangatasi permasalaah datan bulan anda yang mengalami keterlambatan ataupun kurang lancaar.

11. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Kesuburan pada seorang wanita sangat berperan penting dalam menentukan peluang kehamilan. Apabila telah ditemukan faktor resiko tidak subur, maka segera cari sumber permasalahannya.

Apakah karena faktor usia? Karena wanita yang memiliki usia di atas 35 kemungkinan beresiko tidak subur. Kemudian gaya hidup yang tidak baik seperti merokok dan mengonsumsi alkohol juga memberi pengaruh yang buruk.

Obesitas atau kegemukan juga menjadi faktor resiko tidak subur karena dapat memicu komplikasi seperti hipertensi dan diabetes. Tidak cuma obesitas, berat badan yang rendah pun juga berpengaruh karena identik dengan gizi buruk.

Bila tubuh kurang asupan gizi, maka sistem kerja hormon dan sistem kerja reproduksi akan terpengaruh. Maka dari itu, lakukan aktifitas yang bermanfaat seperti olahraga yang cukup dan Kelola stres dengan baik.

Segera periksa ke tenaga medis apabila ingin memulai program hamil namun sebelumnya anda telah mempunyai riwayat gangguan pada reproduksi anda. Misalnya saja, anda sering mengalami nyeri haid yang luar biasa, miom, tuba terblokade atau masalah lainnya.

Anda dapat juga mencoba cara yang alami dengan mengkonsumsi buah zuriat. Buah ini sudah banyak terbukti dapat meningkatkan kesuburan pada wanita denan peningkatan hormon seksual.

12. Memperkuat Rahim

Khasiat lain dari buah ini untuk progam hamil adalah dapat memperkuat rahim. Untuk mempersiapkan kehamilan, rahim yang kuat biasanya sangat dibutuhkan.

Namun, banyak hal lain juga yang harus diperhatikan untuk mempersiapkan rahim yang kuat.

Misalnya saja meningkatkan imunitas rahim, melatih otot panggul, tidak menahan buang air kecil dan juga perhatikan kesehatan dari pasangan anda.

13. Meningkatkan Kualitas Sperma

Permasalahan yang dialami pada kesuburan pria biasanya adalah saat kualitas dan kuantitas sperma kurang bagus. Misalnya saja jumlah yang sedikit, bentuk kurang bagus dan gerak sperma kurang lincah untuk membuahi sel telur.

Kuantitas dan kualitas dari sperma selain dipengaruhi oleh faktor usia juga dipengaruhi oleh gaya hidup sehat.

Setiap orang pasti mendambakan mempunyai momongan, maka dari itu jalani pola hidup sehat. Anda dapat memulainya dengan makan makanan dengan gizi seimbang.

Anda bisa menambahkan dengan mengkonsumsi buah zuriat yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma. Dengan mengkonsumsi secara rutin, maka hormon seksual pada pria akan meningkat dan produksi serta kualitas sperma pun akan lebih bagus.

Hal di atas tentu juga harus diimbangi dengan olahraga yang rutin, tidak merokok serta sebaiknya tidak menggunakan celana dalam yang ketat. Penggunaan celana dalam yang ketat dapat menurunkan kualitas sperma.

Cara Konsumsi Buah Zuriat

Buah zuriat yang mempunyai segudang manfaat, namun kadang tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara yang benar saat merebusnya.

Buah yang sering juga disebut dengan nama buah doum ini memiliki bentuk yang agak lonjong. Warnanya biasanya kuning, ada juga yang merah agak orange dan mempunyai ukuran sebesar buah apel atau manggis.

Buah yang banyak dijumpai di Mekah dan Madinah ini juga banyak terdapat di kota Mesir, Kenya, Sudan dan Tanzania. Memiliki serat yang tinggi, daging buah yang tebal dan kenyal.

Berikut kami sampaikan beberapa cara untuk menkonsumsi buah zuriat. Agar anda mendapatkan hasil atau manfaat yang maksimal dari buah ini.

1. Dimakan Secara Langsung

Jika anda ingin mengkonsumsi buah ini secara langsung, maka anda harus memakannya dalam keadaan masih muda atau mentah. Berbeda dengan mengkonsumsi buah pada umumnya, yang dimakan apabila buah sudah matang.

Apabila telah matang, justru buah ini akan sangat sulit untuk dikonsumsi secara langsung.

Untuk pasangan suami istri yang sedang ikhtiar untuk mendapatkan momongan, biasanya dapat menambahkan buah kurma muda saat mengkonsumsi buah ini. Dikarenakan, perpaduan kedua buah ini sudah terbukti memberikan hasil hasil yang sangat efektif.

2. Direbus Beserta Biji dan Kulit

Pertama-tama, belah buah menjadi dua bagian. Lalu, ambil kulit dan bijinya kemudian rebus secara bersama. Tunggu sampai mendidih dan rebusan berwarna kecoklatan seperti seduhan teh

Hasil air rebusan tadi dapat anda minum secara teratur dan rutin bersama pasangan anda. Sebaiknya anda melakukan ikhtiar ini selama 44 hari atau sampai anda berhasil hamil.

Rebusan tadi dapat anda gunakan berkali-kali. Apabila warna air rebusan telah berubah warna, maka anda harus mengganti dengan buah yang baru.

3. Dengan Cara Diblender

Siapkan dua buah zuriat, kemudian kupas. Untuk kulit dan bijinya direbus dengan menggunakan lima gelas air. Tunggulah sampai air mendidih kurang lebih lima belas menit. Air rebusan tadi sebaiknya didiamkan selama lima jam.

Kemudiah yang diblender hanya kulitnya saja. Blender kulit buah dengan menggunakan air hasil rebusan tadi.

Jika sudah hancur dan tercampur dengan rata, saring lalu minumlah airnya. Anda dapat melakukan hal ini setiap hari disaat yang sama.

4. Merebus Daging Buah

Rendamlah buah ini menggunakan air agar kulitnya agak melunak. Sehingga memudahkan saat memotong, potong dengan menggunakan pisau menjadi dua bagian.

Karena biji buah ini sangat keras, anda harus menggunakan pisau yang besar dan harus berhati-hati.

Potong menjadi dua bagain pada danging buah yang berwarna putih. Kemudaian rebuslah dengan menggunakan tiga gelas air, dan rebus sampai menyisakan satu setengan gelas saja.

Minumlah hasil rebusan tadi secara rutin tiap hari dua kali, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menjadikan Bubuk

Untuk menjadikan bubuk dilakukan dengan cara digeprek dengan menggunakan palu atau alat sejenisnya. Kemudian haluskan daging buahnya sampai menjadi bubuk.

Bubuk tersebut dapat langsung dimakan, bisa dengan menambahkan susu, madu atau gula batu agar rasa menjadi lebih manis.

Jika ingin memanfaatkan buah zuriat untuk pengobatan, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli herbal.

Demikian tadi khasiat dari buah zuriat beserta cara untuk mengkonsumsinya. Namun, tingkat keberhasilan penggunaan buah ini pada setiap orang mempunyai efektivitas yang berbeda-beda.

Anda juga perlu menerapkan pola hidup yang sehat agar pengobatan herbal menggunakan buah ini lebih efektif.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.