Bingung Cara simpan Bumbu Giling? Simak 3 Tips Mudah Ini

Bingung Cara simpan Bumbu Giling? Simak 3 Tips Mudah Ini

Menghaluskan bumbu menjadi salah satu ritual wajib sebelum memasak. Meski terlihat sepele hal ini dirasa cukup melelahkan. Apalagi jika Anda harus menggiling bumbu secara manual menggunakan ulekan. Tak jarak banyak orang memilih solusi praktis menggunakan blender. Sayangnya tidak sedikit yang berpendapat rasa bumbu yang diblender tidak jauh lebih enak dibanding bumbu ulekan.

Memasak tentunya menjadi rutinitas harian karena setiap hari manusia butuh makan. Mengingat hal tersebut rasanya akan melelahkan jika harus menggiling bumbu setiap hari. Sebaliknya bisa jadi lebih praktis jika Anda menyiapkan bumbu giling baik basah atau kering sekaligus. Dengan demikian, di lain kesempatan Anda dapat langsung menggunakannya untuk memasak.

Akan tetapi, salah satu kendala bumbu giling relatif lebih cepat membusuk terlebih jika tidak disimpan secara benar. Lantas, bagaimana cara menyimpan bumbu giling supaya lebih awet? Berikut tips-tipsnya yang perlu Anda tahu:

  1. Menyimpan Bumbu Basah Giling Matang

Agar bumbu basah giling matang awet, perhatikan panas yang digunakan untuk menumis. Panas yang digunakan haruslah cukup membunuh mikroba dalam bumbu. Sehingga membuat bumbu lebih awet. Pemanasan tepat bisa menjaga bumbu tetap bagus dan bisa disimpan selama 2 hingga 4 minggu di suhu ruangan atau 2 hingga 3 bulan di dalam kulkas.

Bumbu yang selesai ditumis tidak boleh langsung disimpan. Anda bisa memasukkannya ke dalam wadah lebih dulu lalu menunggunya sampai dingin. Setelah dingin baru tutup wadah bumbu rapat-rapat. Anda bisa menggunakan glass jar yang sudah direbus sebelumnya sebagai wadah.

  1. Menyimpan Bumbu Basah Giling Mentah

Selain menyimpan bumbu basah giling matang, Anda juga bisa menyimpan bumbu basah giling yang masih mentah. Hanya saja dianjurkan untuk mengemasnya dengan takaran masak per hari. Anda bisa menggunakan plastik transparan yang ditutup rapat untuk mengemasnya lalu menyimpannya di dalam kulkas bagian paling bawah.

Pengemasan terpisah ini bertujuan agar Anda tidak perlu membuka-tutup kemasan yang mana berisiko pada masuknya mikroba pada bumbu. Dengan tips penyimpanan ini bumbu basah giling mentah bisa bertahan 2 hingga 3 hari. Cara lainnya Anda juga boleh menyimpan bumbu di bagian freezer yang bisa lebih awet 1 hingga 2 minggu. Dimana bumbu sebelumnya dimasukkan ke dalam cube cetakan batu es sehingga lebih gampang diambil.

Baca Lainya: 

–> 31+ Resep Aneka Olahan Ayam Super Lengkap, Yuk Lihat!!

  1. Menyimpan Bumbu Kering Giling Dijadikan Bubuk

Untuk bumbu kering, Anda bisa menggilingnya menjadi bubuk agar lebih awet. Namun, sebelumnya Anda perlu menyangrai bumbu kering lebih dulu. Sangrai adalah cara menggoreng tanpa minyak. Sangrai bumbu sampai wangi dan bumbu terlihat berubah warna menjadi kecokelatan. Setelah itu, dinginkan dengan cara diangin-anginkan.

Bumbu kering yang sudah dingin bisa Anda giling halus. Tentu cukup merepotkan jika Anda menggiling menggunakan ulekan. Apalagi bubuk bumbu malah bisa bertebaran. Karenanya disarankan memakai blender khusus penggiling biji-bijian seperti dry mill. Anda mungkin bisa menggunakan jenis blender biasa, tetapi hal ini tidak disarankan. Karena lambat-laun penggilingan biji-bijian akan membuat mata pisau blender Anda jadi tumpul dan rusak.

Untuk penyimpanan gunakan toples bening dan higienis. Sebagai penanda tempelkan label nama bertuliskan nama bumbu seperti merica bubuk atau lainnya. Simpan bumbu kering giling tersebut di tempat kering dan terhindar dari paparan panas matahari langsung. Cara penyimpanan yang benar membantu bumbu jadi lebih awet sampai waktu Anda akan menggunakannya untuk memasak.

img: abeautifulmess.com

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.