Apa Manfaat Omega 3 pada Ikan bagi Tubuh? Yuk Cari Tahu!!

Manfaat Omega 3 Untuk Jantung Bisa Dirasakan Bagi Yang Rajin Mengonsumsi Ikan

Inilah kabar gembira bagi Anda yang sangat suka dan rajin konsumsi ikan seminggu dua kali. Karena ikan memiliki kandungan omega 3 yang banyak memberikan manfaat dan jasanya bagi kesehatan tubuh. Selain omega 3, beberapa kandungan lainnya di dalam ikan seperti, protein, vitamin, dan mineral dipercaya sangat baik dalam menjaga kesehatan bagi tubuh. Jadi, tidak salah jika ikan merupakan salah satu makanan yang dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.

Kandungan omega 3 telah dibuktikan oleh para dokter memberikan manfaat bagi jantung. Mengapa bisa seperti itu? Inilah penjelasan lebih dalam terkait omega 3 pada ikan.

Img: Vix.com

Apa Itu Kandungan Omega 3

Omega 3 merupakan asam lemak tak jenuh yang terbentuk dari tiga macam, yaitu, EPA dan DHA yang bisa Anda temukan pada makanan laut, serta ALA yang bisa ditemukan pada makanan tanaman. Tubuh manusia sangat membutuhkan omega 3. Selain karena kandungannya yang sangat baik, omega 3 tidak bisa begitu saja diproduksi oleh tubuh manusia. Itu sebabnya, tubuh sangat membutuhkan makanan yang mengandung omega 3.

Baca Lainya:

 –> 5+ Resep Ikan Bakar Paling Nikmat dan Gurih, Yakin gak mau coba?

Manfaat Dari Kandungan Omega 3

Banyak para dokter yang sudah membuktikan manfaat omega 3 untuk jantung. Penelitian telah membuktikan bahwa negara yang rajin mengonsumsi makanan laut atau ikan memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah dibandingkan negara yang jarang mengonsumsi makanan laut. Asam lemak tak jenuh pada omega 3 memiliki anti peradangan yang dapat menghalangi berbagai sumber radang di dalam sel tubuh.

Tidak hanya itu saja, ada banyak lagi manfaat yang diberikan oleh omega 3, diantaranya:

  • Mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah. Omega selain memiliki anti peradangan, ternyata memiliki sifat koagulan yang dapat membantu melancarkan kerja trombosit. Sehingga, terhindari dari terjadinya pembekuan darah.

  • Menurunkan kolesterol jahat. Banyak mengonsumsi omega 3 yang terdapat pada ikan dapat meningkatkan kadar lemak atau kolesterol yang baik. Sehingga, kadar kolesterol jahat pada tubuh berkurang dan mudah dikeluarkan melalui ekskresi.

  • Mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Omega 3 paling terkenal dalam mengatasi penyakit jantung. Karena hal tersebut telah dibuktikan berbagai penelitian dan juga ilmu dokter. Omega 3 pada makanan laut paling banyak diminati oleh orang adalah ikan salmon. Ikan salmon memiliki tekstur yang padat, lembut, dengan cita rasa yang khas setelah diolah.

Manfaat salmon omega 3 yang dikandung juga sangat baik dikonsumsi pada ibu hamil maupun anak-anak. Salmon dapat meningkatkan daya ingat yang tinggi bagi anak-anak. Tidak heran jika banyak orang tua yang menginginkan anaknya menjadi pandai dengan mengonsumsi ikan, terutama ikan salmon. Dan kabar gembiranya bagi para wanita, omega 3 dari ikan salmon menjadi salah satu sumber kecantikan dan kesehatan kulit yang sangat baik.

Tidak hanya kecantikan kulit, Anda juga bisa mendapatkan keindahan tubuh dari mengonsumsi ikan salmon. Begitu banyak manfaat yang terkandung dari omega 3 pada ikan dan makanan laut lainnya. Untuk pengolahannya, ada baiknya kurangi makanan laut yang digoreng menggunakan minyak berlebih. Anda bisa memanggang atau merebus ikan salmon menjadi makanan yang tidak terlalu banyak minyak goreng.

Jadikan kandungan omega 3 pada ikan salmon sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Anda juga bisa menambahkan berbagai macam makanan tambahan, seperti sayur-sayuran pelengkap pada ikan salmon Anda. Jadi, sudah mulaikah Anda mengonsumsi ikan sekarang?

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.