Ketahuilah Adab Makan Dan Minum Dalam Islam

Ketahuilah Adab Makan Dan Minum Dalam Islam

Dalam agama islam telah diatur akan adab makan dan minum.

Seperti kita ketahui jika bagi sebagian besar orang kegiatan makan dan minum merupakan hal yang menyenangkan.

Terlebih jika makanan dan minuman yang dihidangkan adalah menu-menu yang disukai. Hal ini terjadi pada saat anda diundang pada acara baik acara pernikahan, khitanan atau undangan makan lainnya.

Pada instansi dan perusahaan juga sering diadakan makan-makan bersama. Nah kalau sudah begini terkadang kita mengabaikan adab-adab dalam makan dan minum serta kaidah yang harus dilakukan dan tidak dilakukan selama makan dan minum.

Melakukan kegiatan makan dan minum yang sesuai syariat islam, selain sangat bermanfaat bagi kesehatan karena semua aturan makan dan minum dalam islam merujuk pada kesehatan manusia, juga termasuk sudah menjalankan ajaran islam yang akan mendapatkan pahala tersendiri tentunya.

Yuk kita simak beberapa adab makan dan minum yang diatur dalam islam :

1. Mengucap nama Allah 

Sebelum memulai makan dan minum maka hendaknya mengucapkan bismillah.

Namun jika anda terlupa melakukannya maka anda dapat mengucapkan ‘Bismillaahi awwalahu wa aakhirahu’ yang artinya dengan menyebut nama allah pada awal (makan) dan pada akhirnya (makan).

Hal ini perlu kita lakukan agar setan tidak menghalalkan makanan dan minuman yang kita makan baginya. Karena sesuatu yang masuk kemulut tanpa menyebut tasmiyah maka setan akan menghalalkan makanan dan minuman tersebut baginya. 

Selain itu yang perlu dipahami akan makna tasmiyah adalah ucapan bismillah. Sementara jika disebutkan basmallah itu berarti ucapan dengan lafadz bismillaahir rahmaanir rahiim.

Namun yang diucapkan saat akan memulai makan atau minum adalah bismillah saja. Tanpa tambahan lain seperti bacaan basmallah tadi.

Jika anda sudah terlanjur melafadzkan bacaan basmallah dengan lengkap maka hal itu tidak akan menjadi dosa.

Namun ada baiknya tetap mengutamakan dengan cukup membaca tasmiyah atau bismillah saja,

bukan dengan lafadz yang lengkap seperti bacaan basmallah karena aturan dalam islam yang sudah diatur sudah sangat sempurna, maka tidak menambahkan dengan bacaan lain adalah yang utama untuk dikerjakan.

Selipkan niat bahwa tujuan anda makan adalah supaya anda memiliki tenaga dalam beribadah kepada Allah azzawajalla serta mencari nafkah bagi keluarga.

Selain rasa kenyang, maka anda akan mendapatkan hal bonus lainnya berupa pahala dengan niat tersebut dan anda sudah menyempurnakan adab makan dan minum pada bagian ini. 

2. Makan dan minum dengan tangan kanan dan tidak berdiri

Hal ini penting untuk dilakukan karena hanya setan sajalah yang makan dan minum dengan menggunakan tangan kirinya.

Maka akan sangat baik jika kita tidak menyamainya agar keberkahan dalam makanan dan minuman akan kita dapatkan.

Namun jika tangan kanan anda kotor dan anda harus minum dengan tangan kiri, maka tangan kanan harus menopang tangan kiri tersebut. Juga dalam hal ini hendaknya makan dan minum dilakukan sambil duduk dan tidak bersandar.

Kecuali anda sedang berada pada lingkungan yang kotor maka anda boleh melakukan kegiatan makan dan minum tersebut sambil berdiri.

Posisi makan yang disyariatkan dalam islam adalah dengan kaki kanan ditegakkan dan kaki kiri dijadikan tompangan atau sejajar dengan lantai.

Dari segi kesehatan, makan dengan posisi seperti ini dimaksudkan agar makanan yang diasup dapat dikontrol jumlahnya sesuai kapasitas lambung.

Posisi organ pencernaan juga tidak akan meliuk-liuk jika anda duduk dengan tidak bersandar. Karena anda akan merasakan jika makan dengan posisi seperti ini maka lambung akan terasa cepat kenyang dan itu pertanda kapasitas lambung sudah memadai. 

Saat makan, lambung juga harus dibagi menjadi masing-masing sepertiga untuk makanan, sepertiga lagi untuk air dan sisanya untuk udara. 

3. Makan dengan tiga jari dan dahulukan yang terdekat

Tiga jari yaitu telunjuk, jempol dan jari tengah. Dimaksudkan agar dalam mengasup makanan tidak akan terlalu banyak yang akan menyulitkan dalam mengunyah dan dapat menimbulkan tersedak.

Dan jika anda makan secara bersama-sama dengan orang lain dalam sebuah hidangan besar, maka dahulukan mengambil makanan yang terdekat dengan anda.

Hal ini untuk menghindari merepotkan orang lain yang juga sedang makan untuk mengambilkan jenis makanan yang jauh tersebut untuk anda.

Selain itu hindari berbicara atau mengobrol saat makan. Terlebih pembicaraan tersebut yang mengundang orang lain yang sedang makan akan merasa jijik.

Biarkan mulut fokus dalam menggiling makanan. Jika mengunyah dilakukan sambil berbicara biasanya lidah harus menjalankan fungsi ganda yang memicu peluang besar untuk tersedak.

Dalam hal minum disela-sela makan, maka teguk maksimal tiga tegukan air, dan dapat dilanjutkan dengan tiga tegukan selanjutnya. Hal ini dimaksud agar aliran air minum yang masuk dapat diatur hingga tidak membuat lambung menjadi penuh dan engap seketika.

4. Tidak menghujat makanan dan minuman

Jika anda memesan makanan pada restoran, tentu anda hanya memilih makanan yang anda sukai saja.

Meski terkadang masih saja rasanya tidak sesuai lidah anda. seperti anda makan gudeg di Jogja tempat asalnya dengan daerah lain tentu akan berbeda.

Maka dalam hal ini adab makan dan minum lainnya adalah jika makanan dan minuman yang terhidang tersebut tidak sesuai selera anda maka dilarang menghujatnya.

Abaikan makanan atau minuman tersebut dan hanya makan makanan yang anda sukai saja.

5. Tidak menghembus makanan dan minuman

Jika anda mendapati makanan dan minuman yang akan disantap dalam keadaan panas, maka biarkan hingga dingin hingga suhunya aman bagi lidah. Atau anda dapat mengipas makanan atau minuman tersebut sesaat.

Diketahui bahwa kuman dalam mulut yang terdapat pada sela-sela gigi dan gusi dapat berpindah pada makanan atau minuman jika kita menghembusnya.

Terlebih jika kita melakukannya dalam memberi makan anak. dapat dipastikan kuman yang ada dalam mulut akan berpindah pada makanan tersebut.

Mengeluarkan napas atau bernafas saat minum juga dilarang karena H2O atau sisa pembuangan dari pernapasan manusia, dapat membawa kuman dan kotoran kedalam makanan.

Maka bernafas saat sedang minum agar dihindari. Anda dapat menahan nafas anda selama tiga tegukan minum..

Makan dan minum adalah aktifitas yang menyenangkan terlebih dilakukan bersama rekan dan keluarga. Dan makanan yang terhidang juga beraneka ragam dan semuanya menggugah selera.

Seperti acara makan bersama yang dilakukan di tempat yang menyenangkan maka nafsu makan akan semakin menjadi.

Hal ini membuat kita terkadang makan dan minum dengan tergesa-gesa dan melupakan adab yang berlaku saat makan dan minum.

Kita sangat perlu memperhatikan adab makan dan minum agar selain kita mendapatkan tenaga dari makanan tersebut, juga keberkahan dari makan dan minum juga akan kita dapatkan. Dan yang terlebih penting lagi adalah pahala dari makan jika diniatkan untuk ibadah.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.