7 Superfood Untuk Tumbuh dan Kembang Anak

Setiap anak sangat membutuhkan asupan gizi yang optimal selama masa pertumbuhannya. Umumnya asupan gizi tersebut bisa didapatkan pada makanan kaya serat, mineral dan juga vitamin. Seiring dengan semakin bertambahnya usia anak, maka asupan gizi yang dibutuhkannya semakin bertambah pula agar tumbuh kembangnya maksimal.

Setiap orang tua tentu akan berupaya untuk memberikan makanan bergizi kepada anaknya. Jenis makanan super untuk anak dipercaya dapat membantu anak-anak untuk mendapatkan asupan gizi yang baik.

Bagi Anda yang tidak mengetahui makan apa saja yang kaya gizi dan cocok diberikan kepada anak, Bundamimi akan sharing pada artikel ini:

1.Beras Merah

Kandungan gizi pada beras merah jauh lebih tinggi daripada kandungan gizi pada beras putih. Anda bisa mengolah beras merah menjadi roti, kerupuk dan juga pas. Anda yang sedang dietpun juga bisa mengkonsumsinya.

2. Telur

Telur termasuk salah satu jenis makanan yang kaya akan protein. Selain itu, kandungan vitamin D dalam telur sangat baik bagi tumbuh kembang anak karena dapat membantu tubuh menyerap kalsium. Berikan anak sarapan pagi berupa telur untuk membantu anak merasa kenyang lebih lama dan tentu saja anak akan berenergi  seharian.

Baca Lainya: 

3. Cocoa (Bubuk Cokelat)

Bubuk cokelat mengandung flavonoid yang lebih tinggi dibandingkan dengan cokelat yang sudah diproses. Flavonoid dapat membantu menjaga kesehatan jantung, melindungi kulit dari radiasi, menjaga tekanan darah dan kesehatan mulut. Pilihkan bubuk cokelat dengan komposisi 70% cokelat asli. Anda bisa menyajikannya dalam bentuk minuman hangat, menaburkan diatas pancake, waffle dan juga roti panggang agar anak menyukainya.

4. Susu

Kandungan kalsium dan protein yang merupakan bahan bakar utama bagi otak dan tubuh anak bisa didapatkan dalam segelas susu yang dikonsumsi anak setiap harinya. Kalsium dalam susu dapat menjaga gigi dan tulang anak Anda tetap kuat. Sedangkan protein dalam susu berfungsi untuk pembentukan jaringan otak anak.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan protein berkualitas tinggi yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak anak. Protein dalam salmon adalah lemak sehat omega 3 yang juga dapat mencegah depresi dan memiliki kemampuan sebagai anti radang. Sajikan ikan salmon dalam makan siang anak. Anda bisa menyajikan resep Ikan Salmon Panggang Bumbu atau Tim Salmon Saus Kecap dirumah.

6. Madu

Madu mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Untuk anak, madu bisa dicampurkan dengan air atau teh hangat saat pagi hari. Madu juga merupakan pemanis alami cocok untuk disajikan dengan sereal, oatmeal atau roti panggang.

7. Buah-Buahan

Vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh anak-anak bisa didapatkan pada berbagai jenis buah-buahan seperti apel, alpukat, pisang, pirr, serta yang lainnya. Buah juga kaya akan serat yang cocok untuk tubuh anak dan dapat memperlancar pencernaan. Berikan buah kepada anak setiap hari, dengan menyajikannya dalam bentuk buah secara utuh atau minuman seperti jus dan lainnya.

Demikianlah informasi seputar superfood yang cocok bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan mereka. Selain ketujuh superfood di atas, tentu saja masih banyak lagi yang lainnya, seperti brokoli, jagung, tomat, kacang-kacangan, wortel, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.