7 Food Combining yang Bikin Dietmu Sukses Cepat, Yuk Coba!

Food combining Indonesia merupakan suatu aturan pola makan yang bagus Anda coba untuk mendapat tubuh ideal. Apakah Anda sudah menjalankan berbagai program diet, namun belum berhasil? Diet bukan sekedar mengurangi asupan makanan, tetapi ada aturan lain yang perlu diperhatikan.

Untuk mendapat tubuh langsing, asupan gizi yang dikonsumsi tidak boleh asal. Hal ini mengingat sistem pencernaan Anda tidak mampu mencerna berbagai makanan sekali waktu. Sebagai solusi diet sukses, berikut ada 7 aturan food combining yang harus Anda coba yaitu:

Segelas Air Perasan Lemon Sesaat Setelah Bangun Tidur

Aturan pertama bisa Anda mulai segera sesaat setelah bangun tidur. Yakni dengan meminum segelas air perasan lemon. Rasanya mungkin cukup masam, tetapi cara ini diketahui ampuh membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, Anda pun akan mendapat manfaat lainnya seperti tubuh yang terasa lebih segar. Sehingga aturan ini memang bagus dilakukan rutin di setiap pagi hari Anda.

AIR perasan lemon saat bangun tidur
img: foodnetwork.com

Konsumsi Buah Dulu, Baru Makan Besar

Mengonsumsi buah sebelum makan ternyata bagus untuk sistem pencernaan Anda. Buah memiliki tekstur yang mudah dicerna. Asupan gizi di dalam buah pun bisa terserap sempurna karena belum tercampur makanan apapun di dalam perut. Sebaliknya mengonsumsi buah setelah makan besar malah membuat kandungan gula dalam buah menjadi sulit dicerna.

makan buah saat die food combining
img: foodnetwork.com

Baca Lainya: 

Buah Melon dan Semangka Saat Lapar

Saat Anda merasa lapar, maka lebih baik jika Anda makan buah melon dan semangka. Kedua buah berair ini bagus dikonsumsi sebelum makan saat perut masih kosong. Sebaliknya, makan melon dan semangka selesai makan malah berisiko pada gangguan kesehatan. Mulai dari perut kembung atau turunnya kadar gula di dalam darah.

Buah Melon dan Semangka Saat menjalani diet food combining
img: ecomercioagrario.com

Menghindari Karbohidrat dan Protein dalam Satu Menu

Karbohidrat dan protein bukan kombinasi yang bagus. Karenanya hindari keduanya dalam satu menu. Akan lebih menyehatkan jika Anda memadukan karbohidrat dengan sayur atau protein dengan sayur pada setiap menu makanan Anda. Aturan food combining Indonesia ini sudah terbukti efektif membantu diet agar cepat sukses.

Menghindari Karbohidrat dan Protein dalam Satu Menu
img: marthastewart.com

Sayuran Hijau Dalam Setiap Menu

Sayuran hijau diketahui memiliki kandungan serat tinggi. Sehingga sangat bagus untuk sistem pencernaan Anda. Oleh karenanya selalu ingat untuk memasukkan sayuran hijau dalam setiap menu harian Anda. Untuk program diet, sayuran ini adalah rekomendasi terbaik.

sayuran hijau dalam setiap menu diet anda
img: hellosehat.com

Pangkas Jatah Konsumsi Makanan Berlemak

Menjalankan program diet bukan berarti melarang Anda untuk memakan makanan berlemak. Lemak masih dibutuhkan oleh tubuh. Karenanya Anda masih boleh mengonsumsi makanan berlemak hanya saja dalam jumlah terbatas.

Dalam aturan food combining Indonesia pun disebutkan, pembatasan konsumsi lemak ini penting sebagai keseimbangan. Adapun bila Anda ingin melanjutkan mengonsumsi menu lain setelah makan makanan berlemak, dianjurkan untuk memberi jeda waktu. Minimal 4 sampai 5 jam seusai Anda mengonsumsi makanan berlemak.

makanan berlemak
img: optidiet.pl

Aturan Jeda Mengonsumsi Makanan

Saat melakukan program diet, Anda harus lebih ketat dengan jam makan Anda. Jika ingin diet berhasil jangan sembarang menyantap makanan di waktu Anda mau. Perhatikan jarak mengonsumsi makanan. Dalam food combining terdapat 3 aturan dasar.

Yakni mengonsumsi makanan berat setelah 2 jam mengonsumsi buah, mengonsumsi protein setelah 3 jam mengonsumsi karbohidrat, dan mengonsumsi karbohidrat setelah 4 jam mengonsumsi protein.

aturan jeda mengonsumsi makanan
img: 52sl.net

Itulah 7 aturan dalam food combining. Meski beberapa aturan terdengar merepotkan, namun terbukti sukses mendukung program diet. Jadi, mengapa tidak mencobanya? Yuk sukseskan diet Anda dengan mencoba food combining Indonesia sekarang juga!

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.