4 Makanan Tepat untuk Meratakan Perut Buncit Anda

4 Makanan Tepat untuk Meratakan Perut Buncit Anda

Selain tidak enak dipandang, perut buncit juga bisa jadi pemicu beragam peyakit berat. Sebut saja darah tinggi, diabetes melitus, kolesterol tinggi, hingga penyakit jantung. Meski Anda merasa sehat, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan sebelum penyakit-penyakit tadi muncul. Kemudian, atur kembali pola makan Anda. Sebab salah satu penyebab munculnya perut buncit adalah asupan makanan yang kurang seimbang. Empat jenis makanan di bawah ini dapat Anda masukan ke dalam menu untuk menurunkan berat badan.

1. Sayuran Hijau

img: hellosehat.com

Ingin punya perut rata atau bahkan sixpack? Untuk mendapatkan bentuk perut seperti itu, kadar lemak di tubuh Anda setidaknya harus di bawah sepuluh persen. Jadi jelas mengusir lemak dari perut buncit jadi syarat utama untuk mendapatkan perut sixpack. Sekilas memang terkesan sulit diwujudkan, tetapi Anda dapat melakukannya dengan rutin mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan kale. Seperti yang kita tahu, beberapa jenis sayuran hijau punya serat yang tinggi dan bagus untuk tubuh.

Kemudian serat tersebut dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Nafsu makan yang tertahan tadi secara tidak langsung dapat mencegah penumpukan lemak baru di dalam tubuh. Anda juga tidak perlu cemas karena sayuran hijau memiliki kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Agar hasilnya lebih maksimal, jangan olah bayam maupun kale dengan cara digoreng. Anda bisa memanggangnya menjadi keripik atau dengan cara ditumis dengan minyak zaitun.

2. Protein Nabati

Pada dasarnya, otot akan menyerap karbohidrat terlebih dahulu saat Anda melakukan aktivitas fisik yang tinggi. Selanjutnya, setelah karbohidrat habis, protein dan lemak yang akan dijadikan sumber energi bagi tubuh. Jika sumber tadi tidak mencukupi, Anda tentunya akan cepat lelah. Maka dari itu, masukkan menu protein ke dalam menu diet Anda. Dianjurkan memakai sumber protein nabati, yakni protein yang diambil dari tumbuh-tumbuhan.

Seperti halnya lemak, protein berfungsi untuk memperbaiki serta membangun massa otot setelah Anda melakukan aktivitas tadi. Agar protein bisa diserap secara cepat oleh tubuh setelah latihan, Anda dapat mengonsumsi protein shake untuk memulihkan tenaga. Selain itu, Anda juga bisa menyantap hidangan berbasis protein nabati di rumah. Beberapa sumber protein nabati yang bisa Anda dapatkan di pasaran adalah kacang kedelai (termasuk olahannya seperti tahu dan tempe), jagung, dan brokoli.

3. Teh Hijau

img :Phys.org

Popularitas teh hijau atau green tea sedang naik beberapa tahun terakhir. Anda bisa melihatnya dari menu makanan dan minuman yang tersedia di berbagai tempat makan. Di balik aromanya yang cukup menenangkan, teh hijau mempunyai banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan. Hal ini diakarenakan teh hijau bersifat thermogenic atau sanggup mendorong proses metabolisme di tubuh Anda. Sehingga, jenis teh ini cocok dikonsumsi untuk meluruhkan lemak.

Kafein di dalam teh hijau pun bisa menahan nafsu makan lebih lama sekaligus menunjang peningkatan energi. Bahkan beberapa studi menyatakan kalau mengimbangi latihan fisik dengan teh hijau dapat membantu Anda dalam meraih tujuan aktivitas tersebut. Untuk hasil optimal, Anda dianjurkan untuk meminum empat cangkir green tea setiap hari. Jika bisa jangan campurkan gula pasir, karena gula hanya akan membuat berat badan Anda naik.

4. Kayu Manis

img : healthline.com

Selama ini, kita hanya mengenal kayu manis sebagai garnis atau bahan baku dessert. Padahal kayu manis atau cinnamon mempunyai manfaat bagi kesehatan, termasuk mengecilkan perut bunci. Perlu diketahui bahwa kadar gula darah yang seimbang dapat mempengaruhi ukuran perut Anda. Jika kadar gula darah tadi naik dan turun secara mendadak, maka insulin (hormon yang mengontrol gula darah) akan jadi kacau. Sehingga kesehatan Anda pun terganggu.

Masalah ini ternyata dapat ditangani oleh kayu manis. Disebut juga dengan keningar, tumbuhan tersebut bisa menyeimbangkan kadar gula darah saat Anda mengonsumsi lemak, serat, dan protein. Sebuah studi yang terbit dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa kadar insulin dapat turun berkat tiga gram keningar. Anda bisa mengonsumsi kayu manis dengan menaburkan bubuknya di atas oat meal untuk sarapan.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.