3 Pilihan Obat Pilek yang Aman untuk Bayi

3 Pilihan Obat Pilek yang Aman untuk Bayi

Img : http://www.hudsonhospital.org

Obat Pilek Bayi Mengobati pilek pada bayi tidak bisa dilakukan sembarangan. Bila bayi sakit pilek atau sakit lainnya, tentu orang tua akan panik kebingungan. Apalagi karena si bayi biasanya akan rewel saat sakit. Meski pilek termasuk masalah kesehatan umum, tetapi tidak boleh dianggap sepele. Dalam 2 tahun pertama, bayi Anda bisa mengalami pilek 8 hingga 10 kali. Jika Anda ingin memberikan obat pilek kepada bayi, harap tunggu dulu. Bayi berusia 2 bulan ke bawah tidak membutuhkan obat pilek karena jenis obat ini mempunyai efek samping. Adapun obat pilek dengan resep hanya boleh diberikan kepada bayi usia di atas 4 tahun. Itupun dengan persetujuan dokter. Singkatnya tidak semua jenis obat pilek boleh diberikan. Karena kesehatan buah hati Anda menjadi taruhannya. Agar tidak salah pilih, berikut 3 pilihan obat pilek yang aman Anda berikan untuk bayi:
  1. Paracetamol
Untuk mengobati pilek pada bayi diperbolehkan memberi paracetamol. Jenis obat ini aman untuk bayi usia 3 bulan ke atas. Paracetamol memiliki kinerja yang efektif mengurangi gejala pilek dan demam anak. Akan tetapi, lebih bijak jika Anda mengonsultasikan kepada dokter anak lebih dulu sebelum memberikan obat.

Baca Lainya: 

–> 15+ Menu Mpasi Bayi 6 Bulan yang Tepat Nan Bergizi

  1. Ibuprofen
Ibuprofen bisa juga dipilih sebagai obat pilek. Obat ini bisa diberikan kepada bayi usia di atas 6 bulan. Khasiatnya adalah untuk meredakan gejala pilek, demam, dan juga nyeri di tubuh bayi. Namun, tetap direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter lebih dulu. Terutama terkait berapa besar dosis yang aman untuk bayi Anda.
  1. Larutan Saline
Larutan saline atau larutan air garam efektif melembabkan saluran pernapasan. Larutan ini juga membantu melunakkan ingus yang menghambat. Dimana setelah ingus menjadi lunak, Anda bisa menyedot cairan dari hidung bayi menggunakan sedotan atau alat sedot ingus khusus. Cara ini pun biasa dilakukan para orang tua pada bayi mereka yang sedang sakit pilek. Obat-obat di atas bisa diberikan kepada bayi sesuai saran dan petunjuk dokter. Jika ternyata demam dan pilek bayi tidak kunjung sembuh segera kunjungi dokter anak terdekat. Adapun selain obat, Anda jga bisa menggunakan bahan alami untuk mengobati pilek pada bayi. Diantaranya menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:
  • Air Susu Ibu (ASI)
ASI adalah asupan gizi terbaik untuk bayi Anda. Hal ini karena di dalam bayi terkandung gizi lengkap dan juga antibody. Sehingga selain membuat bayi kenyang, ASI juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Demikian pula untuk memerangi serangan flu dan virus pilek.
  • Makanan Hangat
Obat alami lainnya bisa berupa makanan hangat yang aman untuk bayi usia 6 bulan ke atas. Makanan hangat yang dimaksud bisa berupa bubur sereal. Makanan hangat membantu menghangatkan dan melegakan tenggorokan yang sakit. Iritasi dan batu juga bisa diredakan secara perlahan.
  • Madu
Bahan alami berikutnya ini juga efektif meredakan pilek dan batuk bayi. Madu alami memiliki kandungan gizi bagus yang akan membantu melawan virus pilek. Anda bisa memberikan setengah sendoh the madu saat bayi mengalami pilek atau batu agar bisa cepat sembuh. Bila si kecil sakit, Anda boleh khawatir tetapi jangan berlebihan. Karena bisa jadi demam yang dialami adalah bentuk perlawanan akan adanya peradangan di dalam tubuhnya. Adapun dengan obat yang tepat tentu bisa membantu mengobati pilek pada bayi secara aman tanpa efek samping berbahaya.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.